Rekomendasi Tempat Wisata di Surakarta Terbaru dan Terhits

Rekomendasi Tempat Wisata di Surakarta Terbaru dan Terhits

surakarta atau biasa juga disebut kota solo merupakan salah satu kota yang terletak di jwa tengah. Luas kota surakarta sendiri kurang lebih sekitar 44,02 km². Diketahui jumlah penduduk surakarta pada tahun 2020 lalu sebanyak 522.364 jiwa serta angka kepadatanya sekitar 11.861,00/km2. Kota surakarta terbagi menjadi 5 kecamatan yang kemudian di pecah lagi menjadi 54 kelurahan. Karena letak kota surakarta yang berada di tengah-tengah, maka kota ini tidak mempunyai perbatasan laut, kota ini berbatasan dengan beberapa kabupaten, diantaranya kabupaten karanganyar dan kabupaten boyolali di sebelah utara, kabupaten karanganyar dan kabupaten sukoharjo di sebelah timur dan barat, dan kabupaten sukoharjo di sebelah selatan.

Perlu sobat ketahui, banyak mahasiswa dari luar jawa tengah yang menempa ilmu di kota ini karena surakarta sendiri merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termurah berbeda dengan kota-kota metropolitan di indonesia yang memiliki biaya hidup yang cenderung relatif tinggi. Sama halnya pekalongan, kota solo juga dikenal sebagai kota batik, hal tersebut dikarenakan mudahnya batik ditemukan di kota ini. Kota ini juga menjadi tempat kelahiran dari sang pelopor batik indonesia yang bernama Go Tik Swan.

Berbicara mengenai wisata, kota surakarta sendiri memiliki segundang destinasi wisata yang bisa sobat kunjungi. Meskipun kota ini tidak memiliki pantai akan tetapi wisata alam di kota ini juga tidak kalah indah dan cukup populer di kalangan wisatawan. banyak pengunjung yang akan melintas ke jawa timur mampir ke kota ini untuk istirahat sembari menikmati keindahan dari kota surakarta dan solo. Khusunya sobat yang sedang melakukan perjalanan jauh ke jawa timur, cobalah untuk berhenti dan mampir ke kota ini karena memiliki segudang keindahan di dalamnya.

Bagi sobat yang berencana untuk mampir ke kota ini alangkah baiknya untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di surakarta dan solo. Dibawah ini merupakan rekomendasi tempat wisata di surakarta terbaru dan terhits yang wajib untuk dikunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Surakarta Terbaru dan Terhits


1. The Haritage Palace

The haritage palace merupakan tempat terkenal sekaligus menjadi wisata andalan di kota ini karena menghadirkan pemandangan dan suasana layaknya di luar negeri. Tempat ini menjadi sasaran bagi wisatawan asing maupun lokal untuk bersantai dan mengisi hari libur. Selain menghadirkan bangunan yang khas eropa, tempat ini juga menyediakan berbagai macam museum, seperti museum tranfortasi, museum 3D, dan omah walik. bagi sobat yang tertarik berkunjung ke tempat ini, sobat bisa langsung datang ke alamatnya di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo rt.002/rw.008, Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

2. Museum Batik Danar Hadi

Bagi sobat yang ingin belajar dan mengetahui seputar batik dari dahulu sampai sekarang sobat bisa berkunjung ke museum ini yang beralamatkan di Jalan Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Surakarta. Banyak orang tua yang berkunjung ke tempat ini membawa anak-anaknya. Hal tersebut guna agar sianak belajar seputar batik mulai dari proses pembatikanya hingga selesai. Batik yang dimuseumkan disini memiliki berbagai macam corak dan motif  dari zaman dahulu hingga sekarang.

3. Pandawa Water World Solo Baru

Tempat wisata yang satu ini menjadi destinasi wisata keluarga yang sayang untuk dilewatkan. Rasanya ada yang kurang jika sobat melewatkan tempat yang satu ini. Tempat wisata keluarga yang satu ini terletak di Jalan Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Untuk mencapai tempat wisata ini pun cukup mudah sobat bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Terdapat setidaknya 20 lebih wahan seru dan menarik yang disediakan tempat ini yang wajib sobat dan keluarga coba.

4. Alun-Alun Kidul Surakarta

Alun-alun kidul surakarta menjadi tempat nongkrong favorit bagi anak-anak remaja kota surakarta dan solo di malam hari. Letak alun-alun ini sendiri berada di jalan Gading, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Alun-alun ini juga cocok untuk dijadikan tempat piknik keluarga. Sobat hanya perlu membawa tikar dan makanan saja. Jika sobat tidak membawa makanan, sobat bisa jajan di pedagang-pedagang yang berada di kawasan alun-alun yang menjual berbagai macam makanan yang mempunyai citarasa khas akan surakarta.

5. Taman Balekambang

Taman balekambang merupakan tempat wisata yang bersejarah yang di bangun langsung oleh Mangkunegoro VII pada tahun 1921. Taman ini terletak di Jalan Balekambang No. 1, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta dan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau yang menjadikan tempat ini terlihat asri dan sejuk. Di taman ini juga sobat dapat menjumpai beberapa hewan jinak seperti rusa, ayam hias, angsa dan beberapa hewan lainnya. Selain dapat melihat hewan-hewan, sobat juga bisa melakukan aktifitas lainnya di tempat ini seperti memancing dan naik beca air.

6. Bendungan Karet Tirtonadi

bendungan tirtonadi menjadi tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi. Sama halnya dengan alun-alun kidul surakarta, tempat ini juga sering kali menjadi tongkrongan anak-anak muda surakarta dan solo. Mereka sering kali datang ke tempat ini pada sore hari sembari melihat keindahan senja dan matahari terbenam yang indah. Bendungan tirtonadi sendiri terletak di Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

7. Istana Mangkunegaran

Istana Mangkunegaran terletak di Jalan Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, dan menjadi salah satu tempat wisata yang sering di datangi oleh wisatawan. Kemegahan dan keindahan istana mangkunegara, gaya arsitektur bangunanya yang neo klasik serta harga tiket masuknya yang murah menjadi salah satu daya tarik dan alasan wisatawan berkunjung ke tempat ini. Sobat juga bisa menjumpai beberapa benda bersejarah yang disimpan di tempat ini.

Komentar