9 Rekomendasi Tempat Wisata di Pontianak Kalimantan Barat 2022

9 Rekomendasi Tempat Wisata di Pontianak Kalimantan Barat 2022

Pontianak merupakan sebuah kota yang terletak di pulau kalimantan tepatnya di provinsi kalimantan barat dan menjadi ibukota dari provinsi itu sendiri. Kota pontianak memiliki luas wilayah sekitar 118,3 km² dan jumlah populasi di tahun 2021 sebanyak 672.440 jiwa dengan angka kepadatan penduduk sekitar 5.997,60/km2. Bagi pecinta sejarah dan geografi mungkin nama kota ini sudah tidak asing lagi, karena pontianaka sendiri merupakan kota yang terkenal dengan julukan kota khatulistiwa karena kota ini dilalui oleh garis khatulistiwa tepatnya di utara kota pontianak, siantan. Selain dijuluki sebagai kota khatulistiwa pontianak juga memiliki banyak julukan lainnya seperti pontianak kota bersinar, kota seribu parit, dan kota kuntilanak.

Pontianak juga dikenal sebagai kota yang kaya akan pariwisatanya. Banyak hal yang bisa sobat temui dan dapatkan saat berada di kota ini, mulai dari tempat-tempat yang indah, kuliner yang enak, wisata budaya, dan wisata sejarah. Semua hal tersebut tentunya dapat memberikan sobat pengalaman dan kesan yang menyenangkan selama berlibur di pulau kalimantan. Banyak tempat-tempat seru dan menarik yang wajib sobat kunjungi entah itu sendiri, bersama keluarga, bersama teman, atau bersama pasangan. Bisa sobat simak dibawah ini merupakan rekomendasi tempat wisata di pontianak tahun 2022.

9 Rekomendasi Tempat Wisata di Pontianak Kalimantan Barat 2022


1. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa merupaka tempat wisata yang wajib sobat datangi saat berada di pontianak. Tak hanya menjadi ikon dari kota pontianak saja, tugu ikonik ini juga menjadi ikon dari provinsi kalimantan barat. Tugu Khatulistiwa terletak di Jalan Khatulistiwa, Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak. Salah satu daya tarik akan tugu ini adalah arsitektur tugunya yang terlihat indah, selain menikmati keindahan akan arsitekturnya sobat juga bisa belajar akan informasi garis khatulistiwa. 

2. Masjid Raya Mujahidin

Masjid Raya Mujahidin menjadi salah satu tempat wisata religi yang wajib sobat kunjungi saat berada di kota ini. letak dari Masjid Raya Mujahidin ini berada di Akcaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak. Banyak orang yang berhenti dan menepi sejenak di masjid ini untuk menikmati arsitekturnya yang khas akan gaya kalimantan barat. Masjid Raya Mujahidin juga merupakan salah satu masjid terbesar yang ada di provinsi kalimantan barat, bahkan masjid ini diresmikan oleh presiden indonesia, yakni joko widodo pada tahun 2015 silam.

3. Keraton Kadriah

Bagi sobat pecinta sejarah, Keraton Kadriah merupakan salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Keraton Kadriah berlokasi di Jalan Tanjung Raya 1, Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak dan merupakan peninggalan dari sultan pontianak. Selain menikmati gayabangunan keratonya yang unik dan indah, sobat juga akan mendapatkan sedikit informasi yang cukup bersejarah serta menjumpai beberapa benda bersejarah.

4. Kolam Renang JC Oevang Oeray

Tempat wisata selanjutnya yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi adalah Kolam Renang JC Oevang Oeray yang terletak di Jalan Letkol Soegiono, Akcaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak. Tempat ini selalu ramai dikunjungi tak hanya oleh warga sekitar saja, akan tetapi wisatawan pun sering kali berkunjung ke tempat ini untuk menikmati sensasi bermain air dan beragam wahana yang ada di tempat ini.

5. Bukit Rel

Bagi sobat yang mencari tempat untuk menghilangkan penat akan suasana perkotaan, sobat bisa coba berkunjung ke Bukit Rel yang terletak di Jalan Panca Bhakti, Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak. Tak hanya dimanjakan dengan keindahan alamnya yang sangat sejuk dan menawan, sobat juga akan dimanjakan dengan keindahan kota dari atas ketinggian. Suasana yang dihadirkan tempat ini dapat membuat siapapun menjadi betah dan ingin berlama-lama saat berada di tempat ini.

6. Aloe Vera Center

Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini, aloe vera atau lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah untuk rambut. Aloe Vera Center merupakan Salah satu tempat budidaya tanaman lidah buaya yang ada di pontianak tepatnya di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak. Di tempat ini sobat bisa melihat beberapa olahan yang dihasilkan dengan menggunakan tanaman lidah buaya, salah satunya adalah permen, dodol, dan kosmetik.

7. Wisata Nusantara Mempawah

Wisata Nusantara Mempawah merupakan tempat yang tepat untuk bersantai dan piknik keluarga. Sobat cukup membawa tikar dan beberapa makanan serta cemilan saat akan melakukan piknik di tempat ini. Tempat wisata ini berlokasi di Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kota Pontianak. Banyak wahana permainan yang dapat sobat temui dan nikmati keseruanya saat berkunjung ke tempat ini, selain itu tempat ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang membuat siapapun menjadi puas saat berkunjung dan menikmati wisata ini.

8. Bukit Kelam

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi adalah Bukit Kelam, sama seperti bukit rel, tempat ini juga menyajikan pemandangan indah yang asri dan segar yang tentunya sangat menyejukan mata. Berkunjung ke bukit kelam merupakan hal tepat bagi sobat yang jenuh akan suasana perkotaan. Bukit kelam sendiri berlokasi di Merpak, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang. 

9. Taman Nasional Gunung Palung

Salah satu tempat wisata terkenal lainnya yang ada di pontianak adalah Taman Nasional Gunung Palung yang terletak di Padu Banjar, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Ketapang. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 90.000 hektar dan merupakan tempat yang cocon dikunjungi bagi sobat yang senang akan petualangan. Banyak hal yang bisa sobat jumpai dan temukan saat berada di taman nasional ini, seperti area hutan propus, hutan bakau, rawa, tumbuhan langka, dan beberapa macam hewan.

Komentar