Inilah 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pasuruan Jawa Timur Terbaru 2022

Inilah 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pasuruan Jawa Timur Terbaru 2022

Pasuruan merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi jawa timur, tepatnya 60 KM sebelah tenggara kota surabaya. Kota pasuruan memiliki luas wilayah sekitar 35,29 km² dan seluruh kota ini berbatasan dengan kabupaten pasuruan. Pada tahun 2021, diketahui jumlah penduduk di kota ini sebanyak 210.341 jiwa dengan angka kepadatan penduduk sekitar 5.753/km2. Pasuruan dikenal sebagai salah satu kota di indonesia yang memiliki suhu panas. Kota ini terbagi menjadi 4 kecamatan yang kemudian di bagi lagi menjadi 34 kelurahan.

Berbicara mengenai bidang pariwisata memang tidak akan ada habisnya, di pasuruan sendiri terdapat banyak sekali yang bisa sobat jumpai dan nikmati, baik itu wisata alam, wisata bahari, wisata budaya, wisata edukasi, dan wisata kuliner semuanya bisa sobat jumpai dan rasakan saat berkunjung ke kota ini. Beberapa nama tempat wisata di kota ini cukup dikenal oleh para wisatawan bahkan menjadi destinasi favorit di kota ini. Bagi sobat yang memiliki rencana untuk pergi ke pasuruan, maka tidak ada salahnya sobat untuk menikmati keindahan akan kota yang satu ini dengan mengunjungi beberapa tempat saat berada di sana. berikut ini rekomendasi tempat wisata di pasuruan terbaru tahun 2022 yang wajib sobat kunjungi.

Inilah 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pasuruan Jawa Timur Terbaru 2022


1. Pantai Karang Hitam

Pantai Karang Hitam menjadi lokasi pertama yang wajib sobat kunjungi saat menginjakan kaki di pasuruan. Alasan mengapa pantai ini disebut sebagai pantai karang hitam, adalah karena karang-karang disini berwarna hitam. Selain itu keunikan lainnya dari pantai ini adalah pasir pantainya yang berwarna coklat bersih. Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan di tempat ini adalah di sore hari, karena di waktu tersebut akan menghadirkan panorama momen matahari tenggelam dengan kapal-kapal yang berlayar di lautan. Bagi sobat yang tertarik berkunjung ke pantai ini, sobat bisa datang ke alamatnya di Jalan Pasuruam, Kebun, Wates, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan.

2. Kebun Raya Purwodadi

Pada awalnya Kebun Raya Purwodadi merupakan sebuah tempat penelitian tanaman. Akan tetapi pada tahun 1954 tempat ini dijadikan sebagai kebun raya tempat observasi berbagai tumbuhan. Lokasi kebun raya purwodadi sendiri berada di Jalan Sembung Lor, Parerejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Saat ini tempat ini menjadi tempat wisata seru dan asik untuk dikunjungi terutama bagi sobat yang pecinta alam dan tumbuhan, tempat ini menjadi tempat yang sangat direkomendasikan, karena banyak sekali jenis tumbuhan yang bisa sobat lihat dan amati sekaligus menambah pengetahuan sobat akan tumbuhan.

3. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul menjadi pantai kedua yang menyajikan keindahan alam yang memukau serta menjadi salah satu wisata andalan di pasuruan. Di pantai ini sobat akan menjumpai banyak sekali tanaman bakau, karena lokasi pantai ini juga termasuk kawasan konservasi tanaman bakau jenis Rhyzapora Mucronata, Rhyzapora Apiculata, Alasina Marina, dan Abisina Alba. Seperti yang diketahui tanaman bakau mempunyai manfaat untuk mencegah abrasi, akan tetapi disis lain tanaman ini akan terlihat indah dan menarik. Suara deburan ombak, tiupan angin laut, serta sajian keindahan laut yang membentang menjadikan tempat ini sangat cocok untuk bersantai. 

4. Gunung Arjuno
Inilah 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pasuruan Jawa Timur Terbaru 2022

Nama gunung yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga para pendaki dan wisatawan yang mempunyai hobi mendaki. bagi sobat yang pertama kali mendengar nama gunung ini dan berniat untuk mendakinya, maka disarankan untuk mengurungkan niatnya terlebih dahulu. Sobat setidaknya harus mempunyai sedikit pengalaman mengenai pendakian, karena untuk mendaki gunung yang satu ini membutuhkan tenaga dan persiapan yang lebih karena ketinggianya yang cukup tinggi yakni sekitar 3339 meter diatas permukaan laut. Pastikan terlebih dahulu memiliki pengalaman mendaki saat akan mendaki gunung ini. Gunung arjuno sendiri terletak di Jalan Pecalukan Barat, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

5. Candi Gunung Gangsir

Tempat wisata berikutnya yang sangat direkomendasikan adalah Candi Gunung Gangsir yang berlokasi di Jalan Dusun Kebon Candi, Gununggangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Menurut cerita yang beredar candi ini dibandun sejak abad ke 11 masehi pada masa pemerintahan raja airlangga. Candi yang berukuran sekitar 15 x 15 m2 ini mempunyai keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh candi lain. Jika pada umunya candi dibuat dengan batuan padat berupa andestit, akan tetapi candi ini dibuat dengan batu bata. Untuk bisa menikmati keindahan dan keunikan dari candi ini sobat hanya perlu membawa uang sekitar Rp. 10.000 saja.

6. Finna Golf And Club Resort

Berlokasi di Jalan Gambiran, Grogol, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Finna Golf And Club Resort merupakan tempat terbaik untuk bersantai dan fiknik bersama keluarga. Baik wisatawan luar kota maupun dalam kota menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata favorit. Menghadirkan pemandangan alam berupa hamparan hijau lapangan golf yang luas serta pepohonan yang rindang. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, antara lain penginapan, parkiran, toilet, dan warung-warung jajanan.

7. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati merupakan salah satu danau terkenal yang ada di pasuruan, tepatnya di Jalan Sumberdawesari, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Meskipun banyak cerita mistis dan mitos yang beredar mengenai danau ini, hal itu tak membuat danau ini sepi akan pengunjung. Banyak hal yang bisa sobat lakukan saat berada di danau ini, diantaranya memancing, naik perahu, dan bermain sepeda air. Tak hanya disuguhkan dengan keindahan danaunya saja, sobat juga akan disuguhkan dengan keindahan alam berupa pegunungan tenger. Menikmati senja dan sunset di tempat ini juga menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh para pengunjung.

Komentar