10 Rekomendasi Tempat Wisata di Palangkaraya Kalimantan Tengah Terbaru dan Terhits

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Palangkaraya Kalimantan Tengah Terbaru dan Terhits

Palangka Raya merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi kalimantan tengah. Kota ini juga menjadi ibukota sekaligus pusat pemerintahan dari provinsi kalimantan tengah sendiri. Perlu sobat ketahui bahwa palangka raya merupakan kota dengan wilayah terluas di indonesia sekitar 3 kali luas jakarta. Meskipun memiliki luas yang cukup besar, jumlah penduduk dan angka kepadatan penduduk di kota ini tidak terlalu tinggi. Luas kota palangkaraya yakni sekitar 2.679 km² serta jumlah penduduknya sebanyak 266.020 jiwa di tahun 2020. Sebelum menjadi wilayah administratif, kota ini hanya memiliki 2 kecamatan saja, akan tetapi setelah menjadi wilayah administratif kota ini memiliki 5 kecamatan.

Bagi sobat yang sedang berwisata di pulau kalimantan, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi kota yang satu ini, karena sobat akan menjumpai banyak hal serta banyak kegiatan yang bisa sobat lakukan bersama keluarga saat berada di kota palangka raya. Salah satunya adalah sobat bisa melihat banyak tempat-tempat indah dan mempesona yang ramai dikunjungi banyak orang. Sobat tidak perlu khawatir mencari tempat wisata saat berada di kota ini, bisa sobat simak sendiri dibawah ini rekomendasi tempat wisata di palangkaraya terbaru dan terhits.

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Palangkaraya Kalimantan Tengah Terbaru dan Terhits


1. Pantai Ujung Pandaran

Bersantai dan menghabiskan waktu untuk berlibur di Pantai Ujung Pandaran merupakan hal yang harus sobat dan keluarga lakukan saat berada di palangkaraya. Pantai ini berlokasi di Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. Selain cukup digemari oleh masyarakat setempat, pantai ini juga cukup terkenal namanya di telinga wisatawan lokal. Banyak hal yang bisa sobat dan keluarga lakukan saat berada di pantai ini, salah satunya adalah menikmati momen matahari terbenam ditemani dengan buah kelapa.

2. Jembatan Kahayan

Saat mendengar kata jembatan, mungkin sobat heran mengapa jembatan yang memiliki fungsi sebagai alat penyebrangan bisa menjadi sebuah destinasi wisata yang cukup hits di kota ini. Jembatan yang memiliki panjang sekitar 640 meter ini memiliki daya tarik tersendiri dalam memikat para pengunjungnya, salah satunya adalah struktur bangunanya yang unik dan megah yang cocok digunakan sebagai spot selfie. Para pengunjung biasanya mengunjungi tempat ini pada sore hari, karena di waktu itu mereka akan melihat keindahan senja di atas jembatan ini. Jembatan Kahayan berlokasi di Jalan Kapten Piere Tendean, Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

3. Taman Wisata Kumkum

Taman Wisata Kumkum merupakan tempat wisata yang wajib sobat kunjungi saat berada di kota palangkaraya dan sangat sayang apabila sobat melupakan tempat yang satu ini. Lokasi taman wisata ini berada di Jalan Wisata No.1, Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya. Saat berkunjung ke tempat ini, sobat akan di sambut dengan udara sejuk serta keasrian tempat ini. Sembari mengajak keluarga jalan-jalan, sobat dapat menjumpai beberapa hewan yang bisa sobat kenalkan pada sikecil. Meskipun hewan-hewan di tempat ini tidak terlalu banyak, akan tetapi hal itu tetap bisa menambah wawasan dan pengetahuan anak-anak tentang hewan-hewan.

4. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling terletak di Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya dan menjadi tempat wisata yang difavoritkan oleh masyarakat setempat. Bukit ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 500 meter. Selain menikmati pemandangan alamnya yang indah dan memukau, pengunjung juga sering kali datang ke tempat ini untuk berziarah, karena di sekitar area perbukitan ini terdapat beberapa tempat untuk melakukan ziarah. Bagi sobat yang merasa penat dan bosan dengan lingkungan kota, berkunjung ke bukit ini merupakan hal yang tepat.

5. Sungai Kahayan

Setelah ada jembatan kahayan, maka ada juga wisata Sungai Kahayan. Perlu sobat ketahui bahwa Sungai Kahayan merupakan salah satu sungai terpanjang yang ada di pulau kalimantan. Sungai ini terletak di Jalan Kahayan, Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. Selain menikmati keindahan sungainya sobat juga bisa mengamati dan mengetahui kehidupan masyrakat suku dayak yang masih bermukim di sekitar sungai ini yang tentunya hal ini bisa menjadi wawasan yang cukup penting dan berguna.

6. Danau Tahai

Cukup dengan membawa uang sekitar Rp. 10.000 saja sobat sudah bisa menikmati keindahan danau yang satu ini. Salah satu daya tarik akan tempat ini adalah warna airnya yang berwarna kemerah-merahan, hal ini disebabkan oleh akar dari pohon gambut yang ada di sekitar danau dan menjalar hingga ke perairan danau. Bukan hanya itu, daya tarik lainnya dari danau ini adalah karena terdapatnya rumah terapung atau yang biasa di kenal sebagai rumah lanting. Rumah terapung ini biasa digunakan oleh para pengunjung untuk berfoto-foto. Danau Tahai sendiri terletak di Tahai, Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

7. Kalawa Waterpark

Bagi sobat yang hobi dan menyukai wisata air dengan berbagai macam wahana permainan di dalamnya maka sobat harus mencoba tempat wisata yang satu ini yang terletak di Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. Berlibur ke tempat ini akan cocok dan lebih berkesan apabila sobat mengajak keluarga, teman, atau pasangan. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung serta beberapa wahana permainan seru diantaranya lazzy river, kiddy pool, kalawa slide, serta masih banyak lagi wahana seru lainnya.

8. Agrowisata Nanas

Tempat wisata selanjutnya yang menjadi rekomendasi adalah Agrowisata Nanas. Bagi sobat yang suka menyantap buah-buahan terutama buah nanas maka sobat wajib banget untuk berkunjung ke tempat wisata ini yang berlokasi di Jalan Trans Kalimantan No.Km 11, Basarang Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas. Sobat bisa memetik dan memilih langsung buah nanasa yang akan sobat cicipi sembari menikmati pemandangan sekitar, hal ini tentunya bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan sekaligus menyenangkan saat berlibur di kota palangkayara.

9. Fantasy Beach

Meskipun nama tempat wisata ini Fantasy Beach, bukan berarti tempat wisata ini merupakan pantai. Fantasy Beach sendiri merupakan wisata danau buatan yang terbentuk dari bekas penambangan pasir. Meskipun merupakan wisata buatan, akan tetapi keindahan tempat ini cukup diakui oleh banyak orang, bahkan wisatawan luar pulau pun sering kali terlihat berkunjung ke tempat ini. Lokasi fantasy beach sendiri berada di Marang, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya. Salah satu aktifitas yang cukup populer dilakukan di tempat ini adalah bermain sepeda air.

10. Bundaran Besar Palangkaraya

Bundaran Besar Palangkaraya merupakan tempat wisata terakhir yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi. Tempat ini berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. Tempat ini ramai dikunjungi pada malam hari, karena di waktu itu tempat ini akan dihiasi dengan kilapan lampu-lampu malam. Tempat ini juga ramai dipadati pada hari minggu, karena di waktu itu merupakan car free day.

Komentar