Rekomendasi Tempat Wisata di Kupang NTT yang Bagus dan Terkenal

Rekomendasi Tempat Wisata di Kupang NTT yang Bagus dan Terkenal

Kupang merupakan sebuah kota yang terletak di pesisir Teluk Kupang, bagian barat laut pulau Timor. Kota ini menjadi kota terbesar yang ada di pulau timor sekaligus menjadi ibukota dari provinsi nusa tenggara timur. Diketahui bahwa luas wilayah kota kupang yakni sekitar 180,3 km² dan memiliki jumlah populasi sebanyak 455.847 jiwa pada tahun 2021 lalu. Selain dikenal sebagai kota toleransi, kota kupang juga dikenal sebagai kota multietnik. Hal ini karena penduduk kota kupang berasal dari kalangan suku yang berbeda, diantaranya Suku Timor, Rote, Sabu, Flores, Alor, Lembata, Tionghoa, Jawa, bugis, dan bali. Meskipun berasal dari kalangan suku yang berbeda, akan tetapi angka toleran di kota ini merupakan salah satu yang tertinggi maka dari itulah kota ini disebut sebagai kota toleransi.

Kota kupang juga dikenal sebagai kota yang kaya akan wisata alamnya, hal ini karena sebagian wilayah kota kupang yang terdiri dari daerah pantai, dataran tinggi, dan perbukitan. Banyak tempat-tempat menarik yang wajib sobat kunjungi saat berada di kota ini. Banyak wisatawan luar kota maupun pulau yang berkunjung ke kota ini untuk menikmati langsung keindahanya sekaligus mencari hal-hal baru selama berada di kota ini. Bagi sobat yang sedang mencari tempat-tempat wisata terbaik di kota kupang, maka di bawah ini terdapat beberapa tempat wisata bagus dan terkenal di kota kupang yang mungkin cocok dengan selera sobat.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kupang NTT yang Bagus dan Terkenal


1. Pantai Lasiana

Pantai lasiana merupakan salah satu tempat wisata terkenal yang ada di kota kupang. Tempat wisata ini bahkan tidak pernah sepi akan pengunjung. Banyak wisatawan luar kota yang rela datang ke kota ini untuk menikmati keindahan pantai yang satu ini. Bahkan beberapa diantaranya mengatakan bahwa suasana di pantai ini terasa seperti di pantai-pantai luar negeri terutama di amerika.

Pantai ini memiliki lokasi yang strategis sehingga mudah untuk di akses, lokasi pantai ini berada di Lasiana, Kecamatan Kupang Tengah, Kota Kupang. Bagi sobat yang ingin merasakan keindahan alam kupang, maka berkunjung ke pantai ini merupakan soluasi yang tepat. Sobat akan dimanjakan dengan pemandangan alam berupa ahamparan pasir putih yang bersih dipadukan dengan air lautnya yang jernih serta jejeran pohon kelapa dan pohon lontar yang mengelilingi pantai.

2. Pantai Pasir Panjang

Selain berkunjung ke pantai lasiana, tak lupa juga untuk berkunjung ke Pantai Pasir Panjang yang memiliki keindahan tak jauh berbeda dengan pantai lasiana. Pantai Pasir Panjang terletak di jalan timor raya, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang. Salah satu daya tarik dari pantai ini yang menjadikanya terkenal adalah karena memiliki garis pantai yang panjang, sehingga cocok untuk kegiatan menyusuri pantai. Selain itu sobat juga bisa melakukan aktifitas lainnya seperti bermain pasir, bermain air, dan bermain volly pantai. Bagi sobat yang jenuh dan penat akan suasana perkotaan cobalah untuk berkunjung ke pantai ini karena menghadirkan suasana tenang dan damai.

3. Kupang Waterpark

Tempat wisata berikutnya yang terkenal di kota kupang adalah Kupang Waterpark yang berlokasi di Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Bagi sobat yang ingin merasakan keseruan wisata air tanpa harus pergi ke pantai maka berkunjung ke kupang waterpark menjadi soluasi yang tepat. Tempat wisata yang satu ini cocok untuk dinikmati bersama teman maupun keluarga. Sobat bisa mencoba beberaoa wahana permainan air seru yang mamacu adrenaline yang disediakan oleh tempat ini. Baik wahana untuk anak-anak maupun dewasa. 

4. Taman Nostalgia

Taman Nostalgia terletak di Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang dan menjadi tempat favorit untuk para pejalan kaki sekaligus menjadi ikon dari kota kupang karena letaknya yang berada di pusat kota. Baik dari pagi hari sampai sore hari taman ini selalu memiliki pengunjung. Meskipun begitu sore hari lah waktu terbaik untuk berjalan-jalan dan menjelajahi taman ini. Para pengunjung menjadikan taman ini sebagai tempat tongkrongan sekaligus arena olahraga. Taman ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti jogging track dan monumen Gong Perdamaian Nusantara.

5. Bukit Cinta

Bukit Cinta menjadi destinasi wisata dataran tinggi pertama yang wajib sobat kunjungi saat berada di kota kupang. Sobat akan dimanjakan dengan hamparan rumput-rumput hijau yang memanjakan mata dengan udara sejuk dan segar yang menyelimuti tubuh. Selain dimanjakan dengan pesona alamnya yang memukau, bukit ini juga memiliki keunikan lainnya yang jarang diketahui oleh banyak orang yaitu letaknya yang berada di atas gua-gua bekas penjajahan. Bagi sobat yang tertarik berkunjung ke bukit ini cobalah datang pada waktu sore hari, karena sobat bisa menikmati senja sekaligus momen matahari terbenam. Bukit cinta sendiri berlokasi di Jalan Prof. Dr. Herman Johanes, Penfui, Kecamatan Kupang Tengah, Kota Kupang.

6. Air Terjun Oenesu

Di kota kupang juga terdapat wisata air terjun yang indah dan sayang apabila sobat lewatkan, salah satu wisata air terjun yang indah dan cukup terkenal di kota kupang adalah Air Terjun Oenesu. Air terjun ini berlokasi Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kota Kupang. Salah satu keunikan dari air terjun ini adalah tidak pernah kering meskipun di musim kemarau. Hanya saja yang mebedakanya terdapat pada volume air. Selain itu keunikan air terjun ini adalah memiliki empat tingkat air terjun yang masing masingnya terdiri atas sebuah kolam alami.

7. Gua Kristal

Tempat wisata terakhir yang wajib untuk sobat kunjungi adalah Gua Kristal. Tempat wisata yang satu ini terletak di Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kota Kupang. Banyak pengunjung yang berasal dari luar kota berdatangan ke gua ini untuk melihat dan menikmati akan keindahan tempat wisata yang satu ini. Salah satu alasan mengapa gua ini disebut sebagai gua kristal adalah karena terdapat kolam air yang berwarna sangat jernih bak kristal di dasar guanya.

Komentar