Rekomendasi Tempat Wisata di Batu Malang yang Murah dan paling Hits

Rekomendasi Tempat Wisata di Batu Malang yang Murah dan paling Hits

Nama kota ini terbilang cukup unik dan menarik, akan tetapi kota ini benar adanya. Batu merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi jawa timur. Letak kota ini berada di tengah-tengah, yang artinya kota ini berada di jalur yang menghubungkan antara 3 kota, yaitu jombang, malang, dan kediri. Kota batu sendiri memiliki wilayah yang cukup luas yakni sekitar 199,1 km². Jika ditinjau melalui peta geografi, sebagian wilayah kota batu sendiri berada di ketinggian sekitar 700 sampai 2000 meter. Hal tersebut menjadikan udara dan suhu di kota ini terasa dingin. Menurut beberapa orang suhu di kota batu berkisar antara 11 sampai 19 derajat celcius.

Pada awalnya kota batu merupakan bagian dari kabupaten malang, sebelum akhirnya ditetapkan sebagai kota administratif pada 6 maret 1993. Kemudian pada 17 oktober 2001, kota batu ditetapkan sebagai kota otonom yang kemudian terpisah dari kabupaten malang. Diketahui jumlah penduduk kota batu pada tahun 2020 diperkirakan mencapai 213.046 jiwa dengan angka kepadatan sekitar 1.070/km2. Kota batu terbagi menjadi 3 kecamatan, 5 kelurahan, dan 19 desa.

Kota batu dikenal sebagai salah satu kota dengan wisata terkemuka di indonesia, karena memiliki potensi keindahan alam yang luar biasa. Bangsa belanda pun dibuat kagum dengan keindahan dan keelokan dari kota ini, bahkan mereka menyebut dan menjuluki kota ini dengan sebutan De Kleine Zwitserland yang artinya swiss kecil dari pulau jawa. Sering kali pengunjung yang berpergian ke kota malang, kediri, dan jombang mampir ke kota ini untuk berlabuh sejenak dan menikmati keindahan kota ini.

Bagi sobat yang sedang melakukan mudik dan melewati kota ini maka tak ada salahnya untuk berlabuh sejenak dan menikmati keindahanya. Tentunya beberapa tempat wisata di kota batu ini harga tiket masuknya macam-macam. Ada yang murah ada yang mahal, bahkan ada pula yang gratis. Di bawah ini merupakan rekomendasi tempat wisata di batu malang yang murah dan paling hits.

Rekomendasi Tempat Wisata di Batu Malang yang Murah dan paling Hits


1. Alun-Alun Kota Batu
Rekomendasi Tempat Wisata di Batu Malang yang Murah dan paling Hits

Alun-alun yang berlokasi di Jalan Diponegoro, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu menjadi salah satu tempat tongkrongan terbaik yang ada di kota ini terutama di malam hari dan sore hari. Untuk memasuki alun-alun ini sobat tidak akan dikenakan tarif biaya, akan tetapi sobat hanya perlu membayar biaya parkir saja. Banyak pedagang kaki lima yang bisa sobat jumpai saat berada di tempat ini, mereka menjual berbagai macam makanan dengan rasa yang enak. Cobalah untuk menikmati keindahan alun-alun kota batu ini sembari mencicipi kuliner dan jajanan yang tersedia di kawasan alun-alun ini.

2. Masjid Agung An-Nur Batu

Pastikan juga saat sobat berwisata di kota batu untuk mampir ke tempat yang satu ini karena lokasinya sendiri berdekatan dengan alun-alun kota batu, sobat hanya tinggal perlu menyebrang saja, atau lebih tepatnya masjid ini berlokasi di Jalan Gajah Mada No.2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Banyak wisatawan yang mampir ke tempat ini tak hanya untuk beribadah, akan tetapi ingin menikmati kebesaran dan kemegahan dari masjid ini. sering kali juga masjid ini mengadakan acara-acara keagamaan seperti tausiyah. Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa Masjid Agung An-Nur Batu sudah berdiri sejak tahun 1920.

3. Coban Talun
Rekomendasi Tempat Wisata di Batu Malang yang Murah dan paling Hits

Meninggalkan kota batu tanpa berkunjung ke coban talun merupakan hal yang harus disayangkan. Coban talun sendiri merupakan wisata air terjun yang menghadirkan pemandangan keren dan indah dengan spot foto kece. Lokasi coban talun sendiri berada di Dusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Saat pertama kali sobat menginjakan kaki di tempat ini sobat akan disambut dengan udara dingin dan sejuk yang menyelimuti tempat ini karena dihiasi dengan berbagai pepohonan. Suasana tenang damai dengan diiringi suara gemercik air terjun akan membuat sobat nyaman dan cocok untuk menghilangkan kepenatan.

4. Taman Langit

Taman langit menjadi destinasi wisata yang cukup ramai diperbincangkan di berbagai media, pasanya tempat ini mempunyai berbagai macam spot foto menarik dan kekinian yang berlatar belakang pegunungan yang hijau dengan udara segara dan sejuk yang menyelimuti tempat ini. Taman langit sendiri terletak di Jalan Gn. Banyak, Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Pemandangan dan suasana yang dihadirkan tempat ini dapat membuat sobat betah sekaligus cocok untuk tempat menenangkan diri.

5. Paralayang Batu
Rekomendasi Tempat Wisata di Batu Malang yang Murah dan paling Hits

Wisata berikutnya yang cukup hits dan banyak dibicarakan di kota batu adalah paralayang batu. Tempat ini juga merupakan salah satu wisata cantik di kota batu, baik pada malam hari maupun siang hari tempat ini selalu memiliki pengunjung. Sobat bisa menikmati keindahan yang di hadirkan di tempat ini dalam waktu yang berbeda, baik pagi, siang sore, maupun malam. Akan tetapi waktu yang paling direkomendasikan untuk menikmati keindahan tempat ini adalah di malam hari, karena di waktu itu sobat bisa menyaksikan kelap kelip lampu kota dari atas ketinggian. Di tempat ini sobat juga dapat melakukan aktifitas yang cukup menguras adrenalin, yakni bermain paralayang. Bagi sobat yang ingin menikmati wisata ini sobat bisa datang langsung ke Jalan Gn. Banyak, Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu

6. Taman Wisata Selecta

Tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Selecta No.1, Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini membawa keluarganya karena suasana yang dihadirkan tempat ini cukup romantis sekaligus cocok menjadi tempat piknik bersama keluarga. Taman wisata selecta sendiri bukan merupakan wisata baru, tempat wisata ini sudah ada sejak zaman belanda. Salah satu yang cukup menarik dari tempat ini adalah dipenuhi dengan bunga-bunga indah dengan variasi warna yang berbeda. Wisatawan menjadikan taman bunga ini sebagai spot foto, selain itu taman wisata ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas dan wahan-wahan seru yang bisa dimaninkan.

7. Pemandian Air Panas Cangar

Saat akan melanjutkan perjalanan ke kota selanjutnya tak lupa sobat untuk mengunjungi pemandian ini dan berendam beberapa saat agar kondisi tubuh menjadi segar kembali. Seperti yang kita ketahui, berendam di air panas mempunyai banyak sekali manfaat, baik untuk dalam tubuh maupun luar tubuh. Salah satu pemandian air panas di kota batu yang cukup ternama adalah Pemandian Air Panas Cangar. Letak pemandian ini berada di Tulungrejo, Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Pemandian ini juga dikelilingi oleh beberapa pohon sehingga udara di tempat ini akan terasa dingin.

Komentar