7 Rekomendasi Tempat Wisata di Kediri yang Murah Meriah dan Lagi Hits

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Kediri yang Murah Meriah dan Lagi Hits

Kediri merupakan sebuah kota di provinsi jawa timur juga kota terbesar ketiga yang ada di provinsi ini setelah kota surabaya dan malang dengan luas wilayah sekitar 63,4 km². Kota kediri terletak sekitar 130 KM sebelah barat daya kota surabaya. Selain di kenal sebagai salah satu kota terbesar, kediri juga dikenal sebagai kota tertua yang ada di jawa timur. Pada tahun 2021 lalu, diketahui jumlah populasi di kota kediri mencapai 287.962 jiwa dengan angka kepadatan sekitar 4.611/km2. Tentunya jika dibandingkan dengan tahun ini, jumlah penduduk kota kediri mengalami kenaikan. Terdapat 3 kecamatan serta 46 kelurahan yang ada di kota kediri.

Sebagai salah satu kota tertua di indonesia dan kota tertua di jawa timur, tentunya kota ini menyimpan sejarah yang cukup panjang. Menurut Prasasti Wanua pada 830 saka, nama kediri diambil dari 2 kata yang berbeda yakni "Kedi" yang mempunyai arti mandul serta "diri" yang berarti adeg. Akan tetapi menurut sisi lain, kota kediri berasal dari 2 kata yakni "diri" yang berarti adeg atau berdiri sendiri dan "ka" yang berarti menjadi raja jika diartikan dalam bahasa jawa kuno. Kediri juga dikenal sebagai pusat perdaganggan untuk gula serta merupakan industri rokok terbesar yang ada di indonesia. Saat sobat berkunjung ke kota ini, sobat bisa menjumpai salah satu pabrik rokok tertua sekaligus terbesar yang ada di indonesia yakni gudang garam.

Banyak hal dan pengalaman yang bisa sobat temukan dan dapatkan saat berada di kota ini. Salah satunya adalah wisatanya. Kediri sendiri dikenal sebagai daerah yang cukup fantastis dalam wisatanya salah satunya adalah kulinernya. Selain dalam kuliner, kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata yang bisa sobat kunjungi dan nikmati karena menyajikan pemandangan yang indah sekaligus ciamik. Bisa sobat simak dibawah ini beberapa rekomendasi tempat wisata di kediri yang murah meriah dan lagi hits yang wajib sobat kunjungi saat berada di kota ini.

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Kediri yang Murah Meriah dan Lagi Hits


1. Bukit Gandrung

Terletak di Medowo, Kecamatan Kandangan, Kota Kediri, bukit gandrung menjadi destinasi wisata yang cukup disegani wisatawan terutama untuk seorang fotografer dimana spot foto yang ditawarkan dari bukit ini sangat indah dan ciamik. Dari sekian banyak spot foto menarik di tempat ini setidaknya ada 5 spot foto menarik yang sering digunakan oleh wisatwan, yakni sepeda gantung, rumah hobbit, gardu pandang, batang pohon raksasa, dan gazebo bambu di tengah hutan. Untuk harga tiket masuk tempat ini sobat hanya perlu membawa uang sekitar Rp. 10.000 saja.

2. Museum Airlangga

Museum airlangga terletak di Jalan Lingkar Maskumambang, Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri. Nama museum ini diambil dari nama seorang raja dari kerajaan kediri. Museum ini menyimpan beberapa benda peninggalan yang berada di kota kediri, terdapat juga benda-benda bersejarah lainnya yang berhubungan dengan kerajaan kediri salah satunya adalah arca. Selain menyimpan beberapa benda peninggalan dari kerajaan kediri, museum ini juga menyimpan benda-benda peninggalan dari kerajaan mataram kuno.

3. Kediri Eco Park

Bukan hanya jakarta saja yang memiliki wisata eco park, kediri pun memiliki wisata serupa yang tak kalah populer. tempat wisata ini berlokasi di Jalan Kelapa, Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. KEP atau Kediri Eco Park merupakan wisata alam dan juga edukasi, dimana sembari berwisata dan menikmati alamnya di tempat ini juga bisa belajar banyak hal, mulai dari cara pembuatan pupuk kompos, cara budidaya jamur yang benar, serta belajar beberapa vegetasi tumbuhan yang ada di tempat ini. Selain harga tiket masuknya yang murah, sobat juga akan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai yang tentunya membuat pengunjung senang dan betah.

4. Museum Fotografi

Bagi sobat yang senang dan hobi dengan dunia fotografi mungkin museum ini menjadi destinasi wisata yang wajib sobat kunjungi. Museum fotografi sendiri terletak di Jalan Kapten Tendean No. 60/160, Ngronggo, Kecamatan Kediri, Kediri. Di tempat ini sobat akan mempelajari tentang bagaimana cara mendapatkan foto yang baik dan benar. Tempat ini dipenuhi dengan berbagai macam foto yang diambil melalui berbagai macam kamera. Sobat juga bisa melihat berbagai macam kamera di tempat ini, mulai dari kamera zaman dahulu hingga kamera zaman sekarang.

5. Taman Tirtoyoso

Bagi sobat yang sedang mencari tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, mungkin taman tirtoyoso bisa menjadi destinasi yang tepat. Taman ini berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 123, Banjaran, Kecamatan Kediri, Kediri. Banyak hal yang bisa sobat lakukan bersama keluarga saat berada di tempat ini salah satunya adalah berenang. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Suasana sejuk dan teduh akan sobat dapatkan di tempat ini karena tempat ini dikelilingi dengan pepohonan.

6. Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang menjadi rekomendasi wisata selanjutnya yang ada di kota kediri. Gunung ini terletak di Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Dataran tinggi yang satu ini cukup populer di kalangan banyak orang, baik pengunjung setempat maupun wisatawan. Mereke berbondong-bondong datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan kota kediri dari atas ketinggian sembari merasakan udara sejuk dan suasana yang tenang. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada sore hari dan pagi hari, karena di 2 waktu tersebut sobat bisa melihat keindahan matahari terbit dan terbenam.

7. Air Terjun Irenggolo

Tempat wisata terakhir yang direkomendasikan untuk dikunjungi di kediri adalah Air Terjun Irenggolo. Air Terjun Irenggolo sendiri terletak di Besuki, Jugo, Kecamatan Mojo, Kota Kediri. Tempat wisata ini juga usdah sanggta tidak asing lagi bagi beberapa wisatawan karena terkenal akan keindahanya. Banyak pepohonan yang sobat jumpai di sekitar tempat ini karena keasrian dari tempat ini sendiri masih terjaga sehingga destinasi ini cocok untuk menghilangkan rasa penat

Komentar