Inilah Rekomendasi Tempat Wisata di Balikpapan 2022 yang Hits dan Wajib dikunjungi

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata di Balikpapan 2022 yang Hits dan Wajib dikunjungi

Balikpapan merupakan salah satu kota yang terletak di kalimantan timur. Kota ini juga masuk dalam jajaran kota terbesar yang ada di pulau kalimantan dengan luas wilayah sekitar 503,3 km². Tentunya sebagai salah satu kota besar di kalimantan timur, maka pusat industri dan bisnis di kota ini pun cukup besar dan terus mengalami perkembangan, bahkan dikenal sebagai kota yang memiliki perekonomian terbesar yang ada di pulau kalimantan. Menurut data penduduk pada tahun 2021 lalu, jumlah penduduk di kota balikpapan sendiri mencapai angka 655.178 jiwa dengan angka kepadatan penduduk sekitaran 130,17/km2.

Kota balikpapan memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah dan dikagumi oleh banyak orang, terutama wisatawan yang berasala dari luar pulau kalimantan. Mereka sering kali terlihat di beberapa tempat wisata yang ada di kota ini, alasan mereka berdatangan ke pulau kalimantan adalah karena ingin mengetahui keindahan pulau kalimantan sekaligus mengetahui dan mempelajari banyak hal di kota ini, mulai dari kesenianya, sejarahnya, kulinernya, serta alasan-alasan lainnya. Bagi sobat yang memiliki rencana berlibur di pulau kalimantan khususnya di kota balikpapan, maka sobat harus mengunjungi beberapa tempat saat berada di sana. Sobat jangan khawatir kebingungan dalam memilih tempat wisata, berikut ini merupakan rekomendasi tempat wisata di balikpapan yang hits di tahun 2022 dan wajib untuk dikunjungi.

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata di Balikpapan 2022 yang Hits dan Wajib dikunjungi


1. Pantai Serumpun

nama pantai yang satu ini sudah terdengar tidak asing lagi di telinga para wisatawan dan sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di kota balikpapan. Pantai Serumpun sendiri berlokasi di Jalan Mulawarman, Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan. Para pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan dan keasrian dari pantai ini karena disekitar pantai ini ditumbuhi dengan pohon-pohon pinus yang tentunya membuat suasana teduh dan sejuk. waktu yang tepat untuk menikmati dan menangkap panorama indah di pantai ini adalah pada sore hari dan dimalam hari, di sore hari sobat bisa melihat senja dan matahari terbenam, sedangkan di malam hari sobat bisa melihat kilauan bintang.

2. Hutan Wanawisata

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya adalah Hutan Wanawisata yang terletak di Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan. Bagi sobat yang penat dengan suasana perkotaan, berkunjung ke tempat ini merupakan hal yang tepat. Sobat akan dimanjakan dengan pemandangan hijau hutan beserta sejuk dan bersihnya udara sekitarnya. Meskipun tempat ini merupakan sebuah hutan, akan tetapi fasilitas tempat ini cukup lengkap dan dapat membuat pengunjunya menjadi nyaman dan betah saat berada di sini.

3. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru juga menjadi tempat wisata lainnya yang harus sobat kunjungi saat berada di kota ini. Lokasi pantai ini berada di Jalan Mulawarman, Lamaru, Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan. Sobat bisa menghabiskan waktu di tempat ini untuk berjalan-jalan menyusuri garis pantai sembari menikmati keindahan lautnya. Suasana romantis yang dihadirkan pantai ini menjadi kesempatan mengajak pasangan berlibur di pantai ini. Banyak wisatawan dan masyarakat setempat berkunjung ke tempat ini untuk berfoto dan mengabdikan momen di pantai yang indah ini, apalagi jika pada sore hari tempat ini ramai akan pengunjung.

4. Penangkaran Buaya Teritip

Bagi sobat pecinta hewan, berkunjung ke Penangkaran Buaya Teritip merupakan hal yang wajib sobat lakukan dan sangat disayangkan sekali apabila sobat melewatkanya begitu saja. Di tempat ini sobat akan bisa melihat berbagai jenis buaya yang dipelihara dan dijaga sesuai habitatnya, seperti buaya muara, buaya air tawar, dan buaya supit. Pastikan untuk mengajak keluarga terutama anak-anak saat berkunjung ke tempat ini, sobat bisa mengenalkan berbagai macam jenis buaya di tempat ini kepada sikecil. Lokasi tempat wisata yang satu ini berada di Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

5. Danau Cermin Lamaru

Meskipun Danau Cermin Lamaru merupakan danau buatan, akan tetapi pesona dan keindahan danau ini tak mencerminkan bahwa tempat ini merupakan danau buatan. Danau ini menjadi destinasi wisata favorit masyarakat setempat saat hari libur, banyak pengunjung yang berdatangan ke tempat ini membawa keluarganya. Meskipun lokasi danau ini lumayan jauh dari kota, akan tetapi hal tersebut tidak menjadikan tempat ini sepi pengunjung. Danau Cermin Lamaru Terletak di Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

6. Pantai Monpera

Selain pantai serumpun dan pantai lamaru, terdapat juga pantai indah lainnya yang tidak kalah populer yakni pantai Pantai Monpera. Pantai ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No.1, RW.RT.11, Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan. Salah satu daya tarik dari pantai ini yang membuat tertarik berwisata di tempat ini adalah air lautnya yang jernih dengan perpaduan pasir pantainya yang berwarna coklat. Sobat bisa bermain air sembari bermain pasir pantai bersama keluarga di tepi laut ini. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen saat berada di pantai ini.

7. Pasar Klandasan

Saat sobat akan meninggalkan kota balikpapan, maka tentunya sobat harus membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga dirumah, teman maupun pasangan. Sobat bisa mencari oleh-oleh kota balikpapan tersebut di Pasar Klandasan. Banyak wisatawan yang mampir dan membeli oleh-oleh di tempat ini sembari menikmati gaya bangunan dari tempat yang satu ini. Bagi sobat yang tertarik berbelanja dan ingin membeli oleh-oleh di tempat ini sobat bisa berkunjung langsung ke alamtanya yaitu di Jalan Jenderal Sudirman No.9, Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

8. Bukit Alpha

wisata terakhir yang menjadi rekomendasi adalah bukit alpha yang berlokasi di Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan. bukit ini juga terkenal dengan sebutan bukit teletubies. Awal mula tempat wisata ini hits dan ramai dikunjungi adalah pada tahun 2015, yang dimana saat itu seorang fotografer menangkap beberapa foto indah di tempat ini, yang kemudian banyak orang bertanya-tanya dimana lokasi bukit ini, dan akhirnya tempat ini ramai dikunjungi tak hanya oleh masyarakat dalam kota saja, akan tetapi wisatawan luar pulau pun berdatangan ke tempat ini untuk melihat secara langsung keindahanya.

Komentar