Inilah Tempat Wisata Baru di Samarinda Kota 2022

Inilah Tempat Wisata Baru di Samarinda Kota 2022

Samarinda merupakan kota yang terletak di provinsi kalimantan timur sekaligus menjadi ibukota dari provinsi itu sendiri. Kota ini juga menjadi kota dengan jumlah penduduk terbesar di pulau kalimantan dengan jumlah populasi sekitar 825.494 jiwa pada tahun 2021. Diketahui, kota samarinda memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 783 km². Kota samarinda sendiri di belah dan dipisahkan menjadi 2 bagian oleh sungai mahakam yang merupakan salah satu sungai terbesar yang ada di kalimantan timur dengan panjang sungai sekitar 920 KM.

Sebagai salah satu kota terkenal di indonesia dan di pulau kalimantan, samarinda merupakan kota yang menyimpan banyak hal menarik di dalamnya, salah satunya adalah dalam aspek pariwisata. Banyka sekali keindahan yang bisa sobat temukan dan jelajahi di dalamnya. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berdatangan ke kota ini karena penasaran akan keindahan yang tersimpan di kota samarinda. Bagi sobat yang ingin mengetahui tempat dan penasaran akan tempat-tempat wisata hits dan populer yang ada di kota samarinda, maka bisa sobat simak di bawah ini merupakan beberapa tempat wisata baru yang ada di kota samarinda di tahun 2022.

Inilah Tempat Wisata Baru di Samarinda Kota 2022


1. Teluk Lerong Garden

Tempat wisata yang satu ini cukup digemari oleh berbagai kalangan usia, baik anak-anak maupun dewasa. Selain menjadi tempat yang cocok untuk bersantai, sobat juga bisa menjadikan tempat ini sebagai area berfoto karena keindahan yang dimiliki tempat ini. Teluk lerong garden sendiri terletak di Jalan RE Martadinata, Teluk Lerong Ilir, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda. Perlu sobat ketahui, bahwa lokasi teluk yang satu ini berdekatan dengan sungai mahakam, yang merupakan sungai terbesar yang ada di kalimantan timur. Udara sejuk serta tiupan angin sepoi-sepoi akan sobat rasakan saat menginjakan kaki di tempat ini.

2. Tepian Mahakam

Bagi sobat yang tertarik dan ingin menyaksikan matahari terbenam di sungai mahakam, maka sobat bisa mengunjungi tepian mahakam yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Bugis, Kecamatan Samarinda Kota, Kota Samarinda. Sembari menyaksikan matahari terbenam, sobat juga bisa menikmati jajanan dan kuliner khas kalimantan timur yang ada di sekitar tempat ini.

3. Kebun Raya Unmul

Unmul sendiri merupakan singkatan dari universitas mulawarman, salah satu alasan mengapa tempat ini dinamai dengan kebun raya unmul adalah karena tempat ini dikelola oleh universitas mulawarman sebagai hutan pendidikan. Meskipun begitu pihak pengelola membuka tempat ini untuk umum sehingga siapapun bisa berwisata ke tempat ini. Banyak hal yang bisa sobat lakukan saat berada di tempat ini, diantaranya ialah mengunjungi kebun binatang mini dan mengelilingi danau dengan menggunakan sepeda air. Untuk lokasi, kebun raya unmul sendiri terletak di Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda.

4. Masjid Islamic Center Samarinda

Selain terkenal akan wisata alamnya samarinda juga memiliki beberapa tempat wisata religi yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Masjid Islamic Center Samarinda. masjid ini terletak di Jalan Slamet Riyadi No.1, Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda. Banyak orang yang sedang dalam perjalanan mampir ke tempat ini untuk menikmati kemegahan dari tempat wisata yang satu ini. Selain terkenal akan kemegahanya, masjid ini juga memiliki daya tarik lain yakni gaya arsitektur bangunannya yang konon terinspirasi oleh Hagia Sophia, Turki.

5. Jungle Water World

Bagi sobat yang sedang mencari wisata air sobat bisa coba berkunjung ke Jungle Water World. Meskipun harga tiket masuknya lumayan cukup mahal, sobat tidak akan dibuat kecewa dengan spot-spot dan fasilitas yang ada di tempat ini. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Bontang-Samarinda, Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Sobat bisa menikmati serangkaian wahana yang seru dan menarik saat berasa di tempat ini, wahan-wahana yang tersedia di tempat ini juga tidak kalah seru dengan wahana-wahana yang ada di dufan jakarta.

6. Waduk Benanga

Tempat wisata selanjutnya yang menjadi rekomendasi dan wajib sobat kunjungi saat berada di kota samarinda adalah Waduk Benanga yang terletak di Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Waduk ini memiliki luas sekitar 387,10 Ha dengan kedalaman sekitar 1-2 meter. Nama waduk benanga sendiri sudah tidak asing lagi bagi penduduk kota samarinda. Mereka tentunya sudah mengenal dan mengetahui tempat, karena terkenal akan keindahannya dengan paduan udara yang sejuk dan segar. Tentunya berkunjung ke danau ini dengan keadaan penat merupakan hal yang cocok, karena rasa penat yang dirasakan akan hilang dengan seketika. 

7. Tjiu Palace

Berlibur bersama keluarga akan kurang rasanya jika sobat melewatkan tempat wisata yang satu ini. Selain disuguhkan dengan pemandangan alamnya yang eksotis, sobat bersama keluarga juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada di tempat ini. Beberapa fasilitas di tempat ini yang bisa sobat dan keluarga diantaranya yaitu kolam khusus anak, kolam pemancingan, sepeda air dengan bentuk yang unik, serta kereta api. Bagi sobat yang tertarik mengunjungi tempat ini, sobat bisa langsung berkunjung ke alamatnya di Jalan Sultan Sulaiman No.6, Sambutan, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda.

8. Kampung Tenun Samarinda

Tempat wisata terakhir yang wajib sobat kunjungi sekaligus menjadi salah satu pusat oleh-oleh terkenal di samarinda ialah Kampung Tenun Samarinda. Di tempat ini sobat bisa menemukan ratusan kain katun jadi dengan berbagai macam warna, hal ini bisa menjadi sebuah oleh-oleh untuk keluarga di rumah dan kenang-kenangan dari kota samarinda. Tempat wisata ini berlokasi di sebelah sungai mahakam atau lebih tepatnya di Jalan Hos Cokro Aminoto, Rapak Dalam, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

Komentar