Deretan Tempat Wisata di Tegal Jawa tengah yang Lagi Hits

Deretan Tempat Wisata di Tegal Jawa tengah yang Lagi Hits

Tegal merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi jawa tengah yang memiliki luas wilayah sekitar 39,68 km². Jika ditinjau melalui peta, kota ini berbatasan langsung dengan laut jawa di sebelah utara, kabupaten tegal di sebelah sebelah selatan dan timur, serta kabupaten berebes di sebelah barat. Kota ini juga menjadi cikal bakal berdirinya korps marinir, hal tersebut tercatat dalam Pangkalan IV ALRI Tegal dengan nama Corps Mariniers. Tegal juga menjadi salah satu kota yang memiliki perkembangan yang begitu pesat, pada mulanya kota ini adalah sebuah desa kecil, akan tetapi seiring dengan berjalanya waktu tegal menjadi salah satu kawasan modern yang patut di acungi jempol.

Pada tahun 2021 lalu, diketahui jumlah penduduk di kota tegal mencapai angka 287.959 jiwa. Jumlah ini sedikit mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan jumlah penduduk kota tegal pada tahun sebelumnya. Kota ini terbagi menjadi 4 kecamatan, yakni kecamatan margadana, kecamatan tegal barat, kecamatan tegal selatan, dan kecamatan tegal timur. Setiap kecamatan tersebut dibagi lagi menjadi kelurahan dan desa. Diketahui bahwa ada setidaknya 27 kecamatan yang ada di kota tegal.

Kota ini juga menjadi salah satu tempat berlabuh bagi wisatawan. Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan berlabuh ke kota ini adalah karena kota ini menyimpan keindahan yang bisa membuat siapaun tertarik. Banyak tempat-tempat wisata, kuliner-kuliner enak, dan kebudayaan khas tegal yang menjadi daya tarik kota ini sekaligus menambah wawasan akan kebudayaan indonesia. bagi sobat yang tertarik untuk berlabuh di kota tegal dan ingin menikmati wisata tegal, berikut ini deretan tempat wisata di tegal yang lagi hits dan viral yang wajib sobat kunjungi.

Deretan Tempat Wisata di Tegal Jawa tengah yang Lagi Hits


1. Pantai Larangan

Tempat wisata pertama yang wajib sobat datangi adalah pantai larangan. pantai ini terletak di Munjung Agung, Kramat, Tegal. Pantai ini memiliki perbedaan dengan pantai yang biasanya sobat kunjungi, yakni di pantai ini sobat tidak akan menemukan pasir putih maupun karang, akan akan tetapi masih bisa untuk melakukan aktifitas berenang karena memiliki ombak yang kecil dan aman. Pantai ini juga memiliki terumbu karang yang indah yang berada di kawasan konservasi. Tak hanya wisatawan daerah saja yang berkunjung dan menikmati keindahan pantai ini, akan tetapi wisatawan luar kota maupun mancanegara pun sering kali datang ke pantai ini.

2. Jembatan Gantung Danawarih

Berlokasi di Danawarih, Balapulang, Tegal, jembatan gantung danawarih menjadi tempat wisata yang kekinian dan populer di kalangan remaja maupun orang dewasa. Banyak pengunjung yang berdatangan ke tempat ini khususnya fotografer karena tempat ini kaya akan spot foto yang indah, unik sekaligus menarik. Jembatan ini digadang-gadang mirip dengan jembatan iconik yang ada di yogjakarta. Datang ke tempat ini tidak akan membuat sobat rugi dan menyesal, selain kaya akan spot foto, harga tiket masuk ke tempat ini juga cukup murah.

3. Bukit Cepu

Menikmati panorama dan pemandangan alam dari atas ketinggian merupakan momen yang sayang untuk dilewatkan. Di kota tegal sendiri terdapat tempat yang cukup populer dan banyak dibicarakan di berbagai media karena suguhan alamnya yang menawan, nama tempat tersebut adalah bukit cepu. Bukit ini berlokasi di Jalan Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Tegal. Keasrian akan tempat ini dapat sobat rasakan langsung saat berada di lokasinya. Pastikan juga kondisi fisik sobat dalam keadaan baik, karena untuk mencapai dan melihat pemandangan indah di atas puncak, sobat terlebih dahulu harus menaiki tangga yang jumlahnya lumayan banyak.

4. Waduk Cacaban

Waduk merupakan objek wisata yang cukup sering dibicarakan dan cukup sering ditemui di kota manapun. Salah satu waduk di tegal yang menjadi lokasi tongkrongan anak-anak remaja sekaligus wisatawan yang wajib sobat kunjungi ialah waduk ceceban yang dibangun pada tahun 1952. Waduk ceceban sendiri terletak di Jalan Sirampog, Cacaban, Kecamatan Kedung Banteng, Tegal. Seperti yang kita ketahui, waduk memiliki fungsi sebagai penampung air dan juga irigasi, akan tetapi kini waduk juga dimanfaatkan sebagai objek wisata khusunya untuk piknik bersama keluarga. Waduk cacaban juga menjadi destinasi yang tepat bagi sobat yang ingin menghilangkan rasa penat.

5. Wisata Loco Antik

Kota tegal juga merupakan salah satu kota yang kaya akan bangunan-bangunan bersejarah peninggalan dari belanda. Saat ini banyak bangunan-bangunan peninggalan tersebut dijadikan sebagai objek wisata karena memiliki nilai yakni kekokohan bangunanya. Bahkan ada pabrik yang merupakan peninggalan dari belanda yang masih berjalan hingga sekarang bahkan alat-alat dan benda-bendanya pun masih terjaga dan berfungsi dengan baik, salah satunya adalah pabrik gula pangkah. Pabrik ini tidak hanya dikelola oleh pabrik saja, akan tetapi juga dijadikan wisata edukasi yang diberi nama loco antik. Tempat ini berlokasi di Jalan Raya Slawi – Pangkah, Kecamatan Bogares Kidul, Kabupaten Tegal.

6. Bukit Bintang

Selain bukit cepu terdapat juga bukit lainnya yang memiliki sajian panorama unik dan menarik yakni bukit bintang. bukit ini terletak di Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Keindahan bukit ini dapat sobat saksikan pada saat sore hari dan malam hari. DI sore hari sobat bisa menyaksikan momen senja dan matahari terbenam, sedangkan pada malam hari sobat bisa menyaksikan keindahan dari kota tegal yang dihiasi dengan lampu-lampu. Pastikan sobat membawa pakaian yang hangat saat berkunjung ke bukit ini pada malam hari karena suasana dan udaranya cukup dingin.

Komentar