Inilah Tempat Wisata Terbaru di Gorontalo yang Wajib dikunjungi

Inilah Tempat Wisata Terbaru di Kota Gorontalo yang Wajib dikunjungi

Gorontalo merupakan sebuah kota yang berada di provinsi gorontalo, kota ini juga merupakan pusat pemerintahan sekaligus ibukota dari provinsi gorontalo. Meskipun luas kota gorontalo sekitar 79,59 km², akan tetapi kota ini merupakan kota terbesar dan terpadat penduduknya di teluk tomini. Kota ini juga menjadi pusat ekonomi, perdagangan dan jasa, serta pendidikan. Gorontalo juga menjadi kota yang sebagian penduduknya beraga islam, tercatat 90% lebih penduduk di kota ini mayoritasnya beragama islam. Hal tersebut dikarenakan kota ini menjadi pusat penyebaran agama islam di kawasan indonesia timur. Kota gorontalo terbagi menjadi 9 kecamatan dan 50 kecamatan.

Jika aceh dikenal dengan julukan  sermabi mekah, maka gorontalo mendapatkan julukan sebagai serambi madinah. Julukan tersebut berasal dari berbagai sumber, salah satunya versi buya hamka. Alasan kota ini mendapatkan julukan sebagai serambi madinah menurut versi buya hamka ada 2 faktor utama, diantaranya orang-orang gorontalo sangat rajin dalam beribadah khusunya umat muslim yang selalu memenuhi masjid, dan faktor yang kedua adalah karena masyarakat kota sendiri menerima islam dengan sangat terbuka layaknya kaum anshar, penduduk asli madinah.

Sebagai kota terbesar di teluk temini, tentunya banyak pendatang yang berdatangan ke kota ini untuk berhenti sejenak maupun berlibur. Menurut fakta yang beredar, gorontalo memiliki destinasi wisata yang begitu mempesona dan sangat indah yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Bahkan beberapa tempat wisata di gorontalo sudah begitu terkenal namanya di kalangan para wisatawan, baik lokal maupun asing. Bagi sobat yang tertarik berkunjung ke gorontalo, maka bisa sobat simak di bawah ini beberapa Tempat Wisata Terbaru di Gorontalo yang Wajib dikunjungi.

Inilah Tempat Wisata Terbaru di Gorontalo yang Wajib dikunjungi


1. Benteng Otanaha

Benteng otonaha menjadi tempat yang paling bersejarah di kota gorontalo. Rakyar gorontalo sendiri menggunakan benteng ini sebagai tempat berlindung dan menahan serangan dari musuh. Saat ini bangunan ini masih tetap berdidir kokoh dan menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Salah satu daya tarik dari benteng ini adalah struktur bangunanya yang terlihat megah, yang membuat latar belakang foto terlihat keren. Benteng ini juga dibuat dengan cara yang unik dan menarik. Bagi sobat yang ingin mengetahuinya lebih lanjut mengenai bentang otanaha, sobat bisa datang langsung ke alamatnya di Jalan Usman Isa, Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo.

2. Danau Limboto

Danau limboto merupakan salh satu danau terbesar yang ada di gorontalo. Danau ini memiliki luas sekitar 3000 hektar dan kedalaman yang diketahui mencapai 8 meter. Danau limboto sendiri terletak di kecamatan limboto, kabupaten gorontalo. Tempat wisata yang satu ini juga sudah cukup dikenal oleh wisatan, maka jangan heran jika tempat ini selalu memiliki pengunjung yang ramai apalagi jika pada hari libur. Danau ini memiliki permukaan berlumpur sehingga sobat akan menjumpai banyak tanaman yang tumbuh di lumpur, hal tersebut tentunya menambah keindahan dan pesona akan danau yang satu ini. Di tempat ini juga sudah disediakan jembatan kayu, jembatan tersebut selalu digunakan oleh para pengunjung untuk berfoto-foto.

3. Pulau Saronde

Di tempat ini sobat bisa menikmati keindahan laut yang berlatar belakang pegunungan. Pulau saronde sendiri sering di sebut sebagai pulau mini karena wilayahnya yang cukup kecil. Lokasi pulau ini berada di Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara. DI tempat ini juga terdapat beberapa rumah tradisional yang terbuat dari bambu yang bisa sobat tinggali. Sobat juga bisa malakukan banyak hal saat berada di pulau ini, diantaranya menyelam dan menaiki perahu.

4. Bukit Layang

Menikmati keindahan alam dari atas ketinggian merupakan hal yang cukup sering dilakukan oleh wisatawan, khusunya para pendaki. memang untuk melakukan pendakian membutuhkan banyak tenaga dan konsentrasi agar pendakian berlangsung dengan lancar. DI gorontalo sendiri terdapat sebuah bukit yang namanya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kota setempat, nama bukit tersebut adalah bukit layang. banyak momen dan pengalam yang bisa sobat dapatkan ketika melakukan pendakian. Tak hanya itu saja, sobat juga bisa mengamati dan melihat kondisi alam di sekitar selama melakukan perjalanan. Lokasi bukit layang berada di Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara.

5. Desa Suku Bajo

Tempat wisata yang satu ini memang masih belum banyak diketahaui oleh banyak orang karena lokasinya yang cukup jauh. Jarak dari pusat gorontalo sendiri memakan waktu 7 jam lebih untuk sampai ke tempat ini. Tak hanya menikmati keindahan desanya saja, di tempat ini juga sobat dapat berinteraksi dengan penduduknya langsung dan mengamati keseharian hidup dari penduduk desa ini. banyak pengalaman dan momen yang sobat dapatkan saat berkunjung ke tempat ini. Letak desa ini berada di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato.

6. Pantai Dunu

Siapa bilang gorontalo tidak memiliki pantai ? gorontalo juga memiliki destinasi wisata bahari yang memukau dan cukup terkenal, salah satunya pantai dunu. Lokasi pantai ini berada di kabupaten gorontalo utara. Birunya air laut dan pasir pantainya yang putih bersih menandakan pantai ini masih terjaga dengan baik kebersihanya. berbagai hal yang bisa sobat lakukan saat berada di pantai ini diantaranya adalah bermain voli pantai dan berjalan-jalan menelusuri sisi pantai. Selain itu tempat ini juga menjadi destinasi yang cocok untuk melihat matahari terbenam.

Komentar