Inilah Tempat Wisata Terbaru dan Terpopuler di Subulussalam

Inilah Tempat Wisata Terbaru dan Terpopuler di Subulussalam

Kota subulussalam merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi aceh. Pada awalnya kota ini merupakan bagian dari kabupaten aceh singkil. Akan tetapi pada tahun 2007 lalu mengalami pemekaran sehingga terbentuklah kota subulussalam. kota subulussalam memiliki luas yang cukup luas dibandingkan dengan kota-kota lainnya yang berada di provinsi aceh. Luas kota subulussalam yakni sekitar 1.391 km² dengan jumlah penduduk mencapai angka 93.710 jiwa pada tahun 2021. Kota subulussalam juga berbatasan langsung dengan kabupaten pakpak barat dan kabupaten dairi.

Terdapat beberapa fakta menarik mengenai kota yang satu ini, yakni nama Subulussalam sendiri merupakan sebuah nama yang diambil dari bahasa arab yang diartikan sebagai jalan menuju kedamaian dan kesejahteraan, hal tersebut bertujuan agar kota subulussalam sendiri dikenal sebagai kota ibadah. yang memberikan nama kota subulussalam sendiri adalah seorang ulama dan gubernur aceh pada masanya yaitu alm. Prof. Ali Hasyimi. Selain memberikan nama kota subulussalam, beliau juga menamai daerah-daerah perbatasan lainnya.

Sebagai kota terbesar di provinsi aceh, kota subulussalam juga menyimpan banyak keindahan di dalamnya, salah satunya adalah destinasi wisatanya. banyak sekali destinasi wisata di kota ini yang bisa sobat kunjungi, mulai dari wisata alam, wisata abahari, wisata budaya, dan wisata kuliner. tercatat ada ribuan tempat wisata yang ada di kota ini. Bagi sobat yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata di kota subulussalam, maka bisa sobat simak berikut ini merupakan tempat wisata terbaru dan terpopuler di subulussalam.

Inilah Tempat Wisata Terbaru dan Terpopuler di Subulussalam


1. Ekowisata Lae Soraya

Ekowisata Lae soraya menjadi tempat pertama yang direkomendasikan. terdapat banyak sekali berbagai macam flora dan fauna yang tinggal dan hidup di hutan yang dilindungi ini. Di tempat ini juga sobat dapat menyusuri sungai dengan menggunakan perahu. Suasana tenang dan nyaman akan sobat rasakan saat berada di tempat ini, selain itu udara sejuk dingin juga menyelimuti tempat ini sehingga sobat perlu memakai baju yang tahan dingin. Sangat sayang rasanya jika sobat melewatkan pesona dan keindahan tempat wisata yang satu ini. Lokasi Lae soraya sendiri berada di Lae Soraya, Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam.

2. Wisata Alam Panuntungan

Keindahan alam yang dihadrikan tempat ini menjadikan alasan mengapa sobat perlu berkunjung ke tempat yang satu ini. Wisata alam panuntungan terletak di Jalan Raya Subulussalam Penanggalan, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam. Sobat bisa mengajak teman atau keluarga untuk menikmati tempat wisata yang satu ini. Tempat ini dihiasi oleh pepohonan yang rimbun serta sungai yang mengalir dengan aliran air yang jernih dan bersih, hal tersebut menjadi alasan wisatawan berkunjung ke tempat ini. Di tempat ini juga terdapat air terjun yang lumayan tinggi yakni sekitar 20 meteran yang dimana itu bisa menjadi spot foto terbaik sobat.

3. Area Wisata Sikelang

Bagi masyarakat subulussalam sendiri area wisata sikeling sendiri merupakan tempat yang sangat familiar, selain itu tempat ini juga menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan. DI tempat ini sobat akan merasakan sensai berlibur di pantai dengan wujud pemandian alam. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga. Terdapat sungai dan kolam renang yang diisi oleh air yang sangat jernih. Di tempat ini juga sobat dapat mencoba dan merasakan berbagai atraksi yang disediakan tempat ini. Bagi sobat yang penasaran akan tempat ini, sobat bisa mengunjunginya di Sikelang, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam

4. Kampong Namo Buaya

Kampong namo buaya merupakan desa wisata yang terletak di Desa Namo Buaya, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam. Tempat ini juga sangat direkomendasikan oleh warga lokal. Tak sedikit juga wisatawan yang berdatangan dan ingin menikmati keindahan desa yang satu ini. Terdapat 2 objek wisata utama di tempat ini yakni air terjun dan irigasi. Pada awalnya irigasi dibangun oleh pemerintah dengan upaya untuk menampung air, akan tetapi lambat laun irigasi ini menjadi objek wisata yang cukup digemari karena keindahan yang disajikan irigasi ini.

5. Kolam Kasman

Kolam kasman menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan juga sahabat. Harga tiket yang murah dan terjangkau menjadi alasan mengapa tempat ini selalu ramai dikunjungi. Kolam kasman sendiri berlokasi di Kolam Kasman, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam. DI tempat ini sobat tidak hanya berenang saja, sobat juga dapat mencicipi dan menikmati makanan khas subulussalam. Pemandangan alam di sekitar tempat ini juga cukup menjanjikan sehingga sangat sayang jika terlewatkan.

6. Arung Jeram Lae Kombih

Jika sobat menyukai dan gemar melakukan aktifitas arung jeram maka sobat perlu mencoba yang satu ini. Tempat ini berlokasi di desa sikelng, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam. Pemandagan yang dihadirkan tempat ini sangat alami dan dapat membuat wisatawan terpukau akan keindahanya. Untuk mencapai lokasi tempat ini sobat harus berjalan kaki selama 30 menit, selama perjalanan sobat akan menuruni banyak anak tangga. Selama perjalanan menuju tempat ini juga sobat akan diharikan oleh susana alam dan keindahan hutan yang masih asri.

7. Makam Syekh Hamzah Al-Fansyuri

Meskipun di dominasi oleh wisata alam, di kota subulussalam juga terdapat wisata lainnya salah satunya adalah wisata religi. Wisata religi yang dapat sobat tuju di kota subulussalam yakni Makam Syekh Hamzah Al-Fansyuri. Maka ini berlokasi di desa Oboh, Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam. Makan ini merupakan makam seorang sastrawan melayu pertama. Tempat ini cukup ramai dikunjungi baik oleh warga lokal maupun luar daerah.

Komentar