9 Tempat Wisata Terbaik di Maluku Utara yang Wajib di Kunjungi

9 Tempat Wisata Terbaik di Maluku Utara yang Wajib di Kunjungi

Maluku utara merupakan sebuah provinsi di indonesia yang terletak di bagian timur indonesia. Pada awalnya maluku utara merupakan sebuah kabupaten di provinsi maluku sama halnya dengan  kabupaten maluku tengah. Provinsi ini mulai terbentuk pada tahun 1999 berdasarkan UU RI Nomor 46 Tahun 1999 dan UU RI Nomor Tahun 2003. Luas provinsi maluku utara sendiri yakni sekitar 31.982 km² dengan jumlah populasi penduduk mencapai angka 1 juta jiwa lebih. Provinsi maluku utara terbagi menjadi 8 kabupaten dan 2 kota. Pada awalnya ibukota sekaligus pusat pemerintahan provinsi ini adalah kota ternate akan tetapi kini sudah berganti menjadi di sofifi.

provinsi maluku utara di sebut juga sebagai provinsi paling bahagia, hal tersebut dikarenakan tingginya angka indeks kebahagian di provinsi ini. Maluku utara merupakan provinsi dengan angka kepadatan penduduk yang rendah, tingkat kepadatan penduduk di provinsi ini yakni hanya 24,74 jiwa/km2. Selain itu provinsi ini juga memiliki banyak pulau, tercatat ada sekitar 805 pulau di provinsi ini dan hanya 82 pulau saja yang sudah dihuni. Maluku utara juga merupakan provinsi penghasil sumber daya alam yang melimpah, masyarakat di provinsi ini memfokuskan keseharianya pada bidang perikanan, perkebunan, dan pertambangan. Beberapa kekayaan alam yang dihasilkan di provinsi ini diantaranya buah pala, cengkih, nikel, emas, dan kopra.

Tidak hanya provinsi maluku saja yang mendapat julukan sebagai maldivesnya indonesia, maluku utara pun mendapat julukan seperti itu karena.di maluku utara sendiri terdapat tempat wisata yang indah sekaligus menjadi wisata unggulan di indonesia bagian timur, bahkan dapat dikategorikan sebagai tempat wisata terbaik di maluku utara. Banyak sekali wisata alam maupun bahari yang terdapat di provinsi ini, sobat dapat memilihnya tergantung kesukaan dan minat sobat. Di bawah ini bisa sobat simak beberapa tempat wisata terbaik di maluku utara yang wajib dikunjungi.

9 Tempat Wisata Terbaik di Maluku Utara yang Wajib di Kunjungi


1. Pulau Sulamadaha

Pulau sulamadaha merupakan salah satu objek wisata terbaik yang ada di maluku utara. Tempat ini selalu menjadi tujuan para wisatawan untuk berlibur karena mempunyai keindahan yang dapat memukau mata, sangat disayangkan sekali apabila sobat melewatkan keindahan pulau yang satu ini. Letak pulau sulamadala berada di Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate. Di tempat ini sobat bisa melakukan berbagai macam hal, seperti bermain air ataupun menjelajahi laut dengan menggunakan perahu. Selain itu sobat juga dapat melihat keindahan bawah laut di pulau sulamadaha dengan jelas karena memiliki air laut yang jernih.

2. Kebun Cengkeh
9 Tempat Wisata Terbaik di Maluku Utara yang Wajib di Kunjungi

Maluku utara terkenal akan hasil alamnya salah satunya adalah cengkeh. DI provinsi ini sendiri terdapat banyak perkebunan cengkeh di setiap daerahnya, bahkan beberapa perkebunan tersebut menjadi area rekreasi bagi para pengunjung. Sobat dapat bertamasya atau piknik bersama keluarga maupun teman di sekitar perkebunan cengkeh yang menyajikan pemandangan alami dengan udara yang sejuk dibawah pohon rindang. Salah satu perkebunan cengkeh yang bisa sobat kunjungi di kota ternate yakni di Gambesi, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate.

3. Gunung Gamalama

Nama Gunung Gamalama sendiri sudah sangat tidak asing lagi di kalangan para pendaki di indonesai. gunung ini berada di kota tidore tepatnya di Hutan Lindung, Kecamatan Hutan Lindung. Bagi sobat yang sudah memiliki pengalaman yang cukup dalam hal pendakian, cobalah untuk menjadi gunung yang satu ini. untuk mendaki gunung sobat tentunya membutuhkan beberapa teman agar memudahkan dalam hal pendakian, sobat bisa mengajak sahabat, keluarga, maupun komunitas pendaki alam lainnya. Selama di perjalanan menuju puncak sobat akan dihadirkan dengan suasana alam berupa hutan yang masih sangat rimbun, sehingga perlu sobat perhatikan agar tidak tersesat saat berada di hutan ini.

4. Danau Laguna
9 Tempat Wisata Terbaik di Maluku Utara yang Wajib di Kunjungi

Danau lagunan merupakan salah satu danau terindah yang ada di provinsi maluku utara. Danau ini terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan. Danau laguna sering juga di sebut danau ngade, karena letaknya yang cukup dekat dengan desa ngade. Saat berada di danau ini sobat akan terpesona oleh keindahan dan keelokan danau yang satu ini.

Keindahan alam sekitar danau ini juga masih alami sehingga udara di sekitar area danau ini akan terasa dingin dan juga segara. Sobat juga akan dimanjakan dengan bentangan danau yang luas yang disekitarnay diisi dengan gunung-gunung yang hijau dan laut yang biru. Sangat disayangkan sekali apabila sobat melewatkan tempat wisata yang satu ini.

5. Desa Fitu

Tempat wisata ini mungkin sering sobat lihat setiap harinya, sebgaian dari sobat mungkin mengelak tentang pernyataan tersebut akan tetapi hal tersebut memang benar. Desa fitu sendiri tergambar jelas dalam uang pecahan seribu. Jika sobat tidak percaya akan hal itu dan hanya mengangap imajinasi saja maka sobat bisa datang sendiri ke ternate tepatnya di Fitu, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate. Dengan begitu sobat dapat merasakan langsung keindahan desa yang satu ini dengan panorama cantik yang memanjakan mata. Untuk mencapai desa ini dibutuhkan waktu sekitar setengah jam dari pusat kota.

6. Teluk Jailolo

Teluk jailolo disebut juga sebagai mutiaranya maluku utara, letak teluk ini berada di antara pulau ternate dan pulau halmahera tepatnya di halmahera barat. Tempat ini terkenal akan biota lautnya yang sangat indah. Sobat dapat melihat berbagai jenis biota lautnya dengan melakukan diving. Sobat akan menemukan berbagai macam jenis hewan laut seperti hiu, gurita ikan mas, kerapi, kura-kura, dan masih banyak lagi hawan lainnya yang dapat sobat temukan. Selain itu sobat juga akan menemukan beragam jenis terumbu karang dan kerang-kerangan yang menghiasi keindahan bawah laut tempat ini.

7. Danau Toilore

Sama halnya seperti danau laguna danau toilore juga menyajikan pemandangan alam yang cukup menjanjikan. Letak danau toilore sendiri berada di kaki gunung gamalama, sehingga bisa sobat kunjungi ketika selesai melakukan pendakian. Danau toilore sendiri memiliki dua buah danau yakni danau toilore besar dan danau toilore kecil, jarak antara kedua danau tersebut hanya 200 meter saja. Bentuk danau toilore sendiri tidak seperti danau biasanya, danau ini berbentuk seperti loyang raksasa yang ditinggali oleh berbagai macam jenis ikan.

8. Pantai Kastela

Pantai kastela merupakan salah satu pantai yang wajib sobat kunjungi saat berada di maluku utara. Letak pantai ini berada di kawasan benteng kastela yang merupakan peninggalan bangsa portugis. Jadi saat pergi ke pantai ini sobat tidak hanya merasakan keindahan alamnya saja, akan tetapi juga melakukan wisata sejarah. Banyaknya pepohonan di sekitar pantai menambah keindahan pantai yang satu ini sekaligus membuat suasana di pantai ini menjadi sejuk dan adem. Salah satu momen yang sangat sayang dilewatkan adalah melihat matahari terbenam sembari duduk di bawah pohon. Pantai kastela berlokasi di Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate.

9. Benteng Oranje

Bentuk oranje merupakan salah satu tempat bersejarah di maluku utara, benteng ini dibangun pada tahun 1607 pada saat zaman kependudukan bangsa belanda di indonesia. Berbicara soal warnanya, dari namanya pun sudah di sebutkan bahwa benteng ini memiliki warna oranye. Pada walnya benteng ini merupakan salah satu markas besar VOC di maluku utara. Benteng oranje akan terlihat indah jika dilihat dari atas ketinggian, maka dari itu kini tempat ini merupakan tempat favorit bagi para wisatawan.

Komentar