30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi Part 2

30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi

Seperti yang kita ketahui, indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia dan menjadi negara terbesar di asia tenggara. Indonesia juga merupakan negara yang kaya akan potensi alamnya. Potensi alam yang dihasilkan cukup melimpah dan juga berkualitas. Beberapa sektor yang cukup menjanjikan dan juga menghasilkan dinegara ini adalah sektor pertanian, sektor perkebunan, sektor perikanan, sektor kethutanan, dan sektor pertambanga. Maka jangan heran jika para investor asing berdatangan ke indonesia untuk menguasai kekayaan alamnya. Tentunya kita sebagai rakyat indonesia harus terus mempertahankanya agar tidak jatuh ke tangan orang asing.

Selain kaya akan potensi alamnya, indonesia juga kaya akan destinasi pariwisatanya. tercatat ada puluhan ribu tempat wisata di indonesia yang memiliki pemandangan indah. Pada bagian sebelumnya kita sudah membahas sedikit tentang tempat wisata terbaik di indonesia tahun 2022 yang wajib di kunjungi part 1, maka sekarang ini kita akan melanjutkan pembasan yang kemarin. Jika pada postingan sebelumnya merupakan bagian yang pertama, maka kali ini merupakan bagian yang keduanya. Berikut ini tempat wisata terbaik dan terkenal yang ada di indonesia tahun 2022 yang wajib dikunjungi.

30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi Part 2


18. Gunung Rinjani
30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi Part 2

Gunung rinjani merupakan gunung yang tidak asing lagi bagi para pendaki gunung. Gunung ini terletak di pulau lombok dan berada di 3 kabupaten yang berbeda , yakni kabupaten lombok timur, lombok tengah, dan lombok utara. Gunung rinjani menjadi gunung berapi tertinggi kedua di indonesia dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki indonesia karena mempunyai pesona alam yang indah. Gunung ini juga termasuk bagian dari taman nasional gunung rinjani.

Terdapat lima rute pendakian yang berbeda untuk mencapai puncak rinjani, masing-masing rute memiliki medan sulitnya sendiri. Akan tetapi ada 2 rute yang selalu menjadi pilihan utama para pendaki, rute tersebut yaitu rute senaru dan rute sembalun lawang. Sobat bisa memilih rute yang menurut sobat mudah dan juga cepat. Tentunya untuk melakukan pemdakian harus mempersiapkan segalanya baik perbekalan, mental, maupun tenaga.

19. Danau Sentarum

Danau Sentarum Berlokasi di nanga leboyan, kecamatan sentarum, kabupaten kapuas hulu. Danau ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk singgah dan mencari ketenangan dikala rasa penat sedang muncul. Danau sentarum memiliki panorama yang indah yang memanjakan mata, akan tetapi untuk menikmati keindahan danau ini sobat harus sedikit melakukan perjuangan yang lumayan cukup berat, karena sobat harus menempuh perjalanan yang cukup panjang untuk mencapai danau ini.

Danau ini juga masih dijaga kelestarianya oleh pemerintah setempat, karena danau ini berfungsi sebagai penandah hujan. Waktu yang tepat bagi sobat untuk berkunjung ke danau ini adalah pada musim hujan, karena jika sobat berkunjung ke danau ini pada musim kemarau maka danau ini sedang mengalami surut dan sobat tidak bisa menikmati keindahan danau ini.

20. Labuan Bajo
30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi Part 2

Labuan bajo merupakan salah satu tempat wisata dan populer di kalangan para wisatawan. Tempat ini berlokasi di kabupaten manggarai barat atau di ujung barat flore. Labuan bajo juga disebut sebagai kota nelayan, karena sebagian penduduknya beraktifitas sebagai nelayan. Bukan hanya sebagai pusat pariwisata saja, labuan bajo juga di gunakan sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, dan pendidikan. Seiring dengan berjalanya waktu, kini labuan bajo sudah semakin maju.

Labuan bajo bukan hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal saja, wisatawan mancanegara pun sering berdatangan ke tempat ini untuk merasakan sensasi dan keindahan alam yang ada di labuan bajo. Terdapat beberapa pulau ataupun tempat eksotis di labuan bajo yang bisa sobat kunjungi, diantaranya ialah pulau bidadari, pulau padar, pulau kukusan kecil, bukit cinta, dan masih banyak lagi tempat indah lainnya yang terdapat di labuan bajo.

21. Pantai Ujung Pandaran

Jika sobat sedang berada di kalimantan tengah maupun akan pergi ke provinsi tersebut maka tidak ada salahnya sobat untuk mampir ke tempat wisata yang satu ini. Pantai ujung pandaran merupakan pantai yang memiliki pesona alam yang luar biasa indah. Tempat ini sering kali menjadi sasaran para wisatawan lokal maupun asing untuk menghabiskan waktu liburanya. Bagi sobat yang tinggal di kota, berlibur ke pantai ini merupakan solusi yang baik.

Deburan ombak yang menguncang daratan disertai dengan hamparan pasir putihnya yang luas menambah akan pesona keindahan pantai yang satu ini. Sobat juga bisa menyaksikan langsung upacara adat yang biasa di gelar di pantai tersebut jika sobat datang di waktu yang tepat. Pantai ujung pandaran terletak di ujung pandaran, kecamatan teluk sampit, kabupaten kotawaringin timur.

22. Pantai Jofoh

Nama pantai yang satu ini memang cukup unik dan menarik sehingga banyak para wisatawan yang berdatangan ke tempat ini, pasalnya menurut cerita yang beredar pantai ini dipercaya dapat memberikan jodoh dan juga sebagai tempat tempat yang cocok bagi pasangan yang sudah menikah. Salah satu daya tarik wisata pantai adalah menikmati momen dimana matahari tenggelam.

Sobat bisa menikmati momen tersebut melalui jembatan panjang yang ada di pantai tersebut. Hembusan angin yang sejuk dan suara deraian ombak menjadikan wisatawan akan merasa nyaman saat berada di pantai ini. Pantai jodoh sendiri berlokasi di jalan jenderal sudirman, siring, antasan besar, kecamatan banjarmasin tengah, kota banjarmasin.

23. Bukit Bingkarai

Bukit Bingkarai merupakan salah satu tempat yang cocok untuk melihat pemandangan dari atas ketinggian. Tempat ini juga merupakan kawasan dari hutan hujan trofis yang memiliki luas 1500 hektar, maka dari itu tentunya udara di tempat wisata yang satu ini akan terasa dingin dan sejuk. Pesona dan keasrian tempat ini pun masih terjaga dengan baik sehingga tak heran kalau tempat ini menjadi sasaran para wisatawan untuk berlibur dan menghabiskan banyak waktunya di tempat yang satu ini.

Tempat yang satu ini cocok untuk menghilangkan rasa penat, pemandangan alam yang hijau tentunya dapat merefseh pikiran. Daya tarik lainnya dari tempat wisata yang satu ini adalah jembatan kanopi yang bernama jembatan Tajuk. Perlu sobat ketahui, jembatan ini berada di atas ketinggian 30 meter dengan panjang 64 meter, jadi sobat bisa melihat pemandangan indah lainnya saat berada di tengah jembatan. Jika sobat tertarik akan tempat wisata yang satu ini, sobat bisa mengunjunginya langsung di Karya Merdeka, Kecamatan Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

24. Bukit Damai

Bukit damai merupakan tempat yang cocok bagi sobat yang sedang mencari ketangan dan kedamaian. Bukit ini berlokasi di Jalan MT Haryono, Gn. Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan. Bukit ini menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan karena menawarkan suasana yang indah dan damai. Seperti ciri khas perbukitan pada umumnya, bukit ini juga merupakan perbukitan berwarna hijau dengan dipenuhi oleh ilalang-ilalang menarik sehingga udara disekitar pun akan terasa cukup dingin dan segar. Jangan lupa juga bagi sobat yang berniat mengunjungi tempat ini untuk membawa peralatan pemotretan terbaik, agar hasil yang diabadikan juga terlihat lebih bagus.

25. Taman Nasional Wakatobi

Taman nasional wakatobi merupakan salah satu taman nasional terluas yang ada di indonesia yang memiliki pemandangan laut yang cukup menawan. Taman nasional ini terletak di Lagiwae, Ambeua, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten wakatobi. Taman nasional ini menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Aktifitas menyelam di tempat ini merupakan hal yang paling utama, karena sobat akan melihat betapa indahnya pemandangan bawah laut di wakatobi, selain itu sobat juga dapat melihat segala macam terumbu karang dan berbagai macam jenis ikan yang hidup di dalamnya. Harga tiket masuk untuk tempat ini yakni Rp. 160.000 setiap orangnya. Memang harganya terbilang mahal, akan tetapi akan terbayarkan dengan pesona dan suasana alam di wakatobi.

26. Buntu Liarra

Buntu Liarra terletak di Parondobulawan, Kecamatan Tanduk Kalua, Kabupaten Mamasa, menjadi salah satu destinasi terbaik di sulawesi barat. Bagi sobat yang mempunyai hobi mendaki mungkin sobat bisa mencoba tempat wisata yang satu ini karena tempat ini sering kali didatangi oleh para pendaki. Memang Untuk menikmati keindahan tempat yang satu ini memerlukan tenaga dan juga waktu, akan tetapi semua rasa lelah akan terbayarkan oleh panorama dan keindahan yang dihadirkan tempat ini. Beberapa momen yang bisa sobat lihat saat berada di atas ketinggian adalah momen lautan awan yang menjulang, matahari terbit, dan matahari terbenam.

27. Taman Laut Bunaken
30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi Part 2

Taman Laut Bunaken merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi setiap tahunnya, bahkan kepopuleran tempat ini sudah terkenal di benua luar. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk melihat keindahan bawah lautnya. Salah satu aktifitas utama yang sering dilakukan pengunjung di tempat ini adalah menyelam. Sobat akan menemukan pemandangan indah biota laut, yang dihiasi oleh berbagai jenis terumbu karang dan berbagai jenis ikan-ikan yang hidup didalamnya. Taman laut bunaken sendiri terletak di Kecamatan Wori, Kotamadya Manado, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

28. Pulau Samalona

Pulau samalona menjadi destinasi wisata bahari yang sayang jika dilewatkan saat sobat berada di sulawesi selatan. Pulau ini terletak di Lae-Lae, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Tempat ini terkenal akan biota bawah lautnya yang indah dan membuat orang terpesona. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke tempat ini larena tempat wisata yang satu ini juga sudah cukup dikenal oleh para wisatawan.

Di tempat ini sobat bisa melakukan banyak hal, seperti berenang, berjalan-jalan di sekitar pantai, dan menyelam. Saat melakukan penyelaman, sobat akan menemukan berbagai jenis karang laut dan ikan trofis yang hidup di perairan pulau samalona. Untuk mencapai pulau ini sobat bisa menggunakan speed boat.

29. Cagar Alam Marowali

Morowali adalah Salah satu cagar alam yang memiliki pesona luar biasa serta  dapat membuat orang takjub ketika berkunjung ke tempat yang satu ini. Letak cagar alam ini berada di kabupaten morowali. Cagar alam morowali bertipe ekosistem, dimana terdapat hutan pantai dan hutan pegunungan masih sangat dijaga dan dilestarikan. Tempat ini juga merupakan tempat tinggal bagi suku wana. Di tempat ini sobat dapat menemukan berbagai macam fauna endemik, seperti anoa, babi rusa, burung maleo, dan masih banyak lagi fauna lainnya yang bisa sobat temui.

Di Cagar alam ini, sobat juga bisa berpetualang memasuki hutan perawan, sobat akan menemukan desa yang masih asri dan pemandangan hamparan rumput dengan danau-danau kecil disekelilingnya. Udara sejuk dingin dapat sobat rasakan saat memasuki area hutan ini, selain itu kicauan burung-burung dan suara-suara alam lainnya menyambut kita saat memasuki hutan ini.

30. Pantai Biluhu

Pantai biluhu terletak di Desa Biluhu Timur, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, menjadi salah satu pantai yang menyajikan pemandangan alam luar biasa. Memang untuk mencapai pantai yang satu ini memerlukan banyak usaha karena letaknya yang tersembunyi, akan tetapi usaha yang sobat lakukan akan terbayarkan dengan panorama indah pantai yang satu ini. Bagi sobat yang mencari ketenangan mungkin tempat yang satu ini menjadi paling rekomendasi buat sobat. Di pantai ini sobat dapat melakukan banyak hal, seperti snorkeling, diving, ataupun bersantai di pinggir pantai. Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini sobat hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp. 15.000 saja.

31. Pulau Hatta

Pulau Hatta merupakan salah satu destinasi wisata wisata paling populer di provinsi maluku. Pulau hatta sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di kabupaten maluku tengah. Panorama dan keindahan alam tempat ini dapat membuat orang terpesona dan juga terpukau, baik pantainya, air lautnya, pepohonanya, dan pasir putihnya, semua bersatu melengkapi dan menciptakan keindahan alam yang tiada duanya. Banyak pengunjung yang berdatangan untuk menikmati keindahan pulau yang satu ini, baik masyarakat setempat maupun wisatawan asing.

Salah satu aktifitas yang biasa pengunjung lakukan saat berada di pulau ini adalah snorkeling. Selain itu sobat juga bisa bermain air di sekitar pantai ataupun berjalan-jalan menelusuri pantai. Sangat disayangkan apabila sobat melewatkan tempat wisata yang satu ini saat berada di provinsi. Sobat bisa mengajak sahabat maupun keluarga agar liburan sobat di tempat ini lebih berkesan.

32. Pulau Sulamadaha

Pulau sulamadaha merupakan salah satu objek wisata terbaik yang ada di maluku utara. Tempat ini selalu menjadi tujuan para wisatawan untuk berlibur karena mempunyai keindahan yang dapat memukau mata, sangat disayangkan sekali apabila sobat melewatkan keindahan pulau yang satu ini. Letak pulau sulamadala berada di Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate. Di tempat ini sobat bisa melakukan berbagai macam hal, seperti bermain air ataupun menjelajahi laut dengan menggunakan perahu. Selain itu sobat juga dapat melihat keindahan bawah laut di pulau sulamadaha dengan jelas karena memiliki air laut yang jernih.

33. Danau Paniai

Danau paniai merupakan salah satu danau terindah di provinsi papua. Danau ini memiliki luas kurang lebih sekitar 14.500 hektar. Danau paniai sendiri terletak di Mogeya, Distrik Paniai Barat, Kabupaten Paniai. Danau ini memiliki keindahan dan keasrian yang dapat membuat orang menjadi betah dan ingin berlama-lama saat berada di tempat ini. Fasilitas di tempat ini juga cukup mempuni, ada warung makan yang bisa sobat kunjungi saat sobat lapar. Di tempat ini sobat juga dapat ikut memancing bersama suku mee dan suku moni. Danau ini dikenal juga sebagai tempat yang paling sempurna untuk melihat senja karena berlatar perahu, gunung dan perbukitan hijau, dan matahari terbit. Sangat diwajibkan bagi sobat untuk memotret momen tersebut.

34. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk cendrawasih merupakan kawasan konservasi yang di jaga oleh pemerintah. Luas taman nasional ini yakni sekitar 1.453.500 hektar. Sama halnya raja ampat, tempat ini juga terkenal akan kekayaan biota lautnya yang mengagumkan. Untuk melihat keindahan yang mengagumkan tersebut sobat bisa melakukan penyelaman, selama melakukan penyelaman sobat akan melihat berbagai macam jenis ikan, berbagai macam jenis moluska, penyu, kura-kura, hiu, dan lumba-lumba yang menemani sobat selama melakukan penyelaman. Lokasi Taman Nasional Teluk Cendrawasih berada di Sobei Indah, Distrik Duairi, Kabupaten Teluk Wondama.

Komentar