30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi Part 1

30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi

Indonesia merupakan salah satu negara besar di kawasan asia tenggara. Negara indonesia sendiri masuk dalam jajaran negara terluas di dunia dan negara dengan pulau terbanyak ke 6 di dunia. Luas negara indonesia sendiri yakni 7,81 juta km². Selain itu indonesia juga terkenal akan negara yang memiliki banyak pulau, tercatat ada sekitar 17.504 pulau, pulau-pulau tersebut ada yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Selain itu indonesia juga masuk dalam jajaran negara dengan jumlah penduduk terbanyak. Jumlah penduduk di indonesia sendiri mencapai angka 270.203.917 jiwa pada tahun 2020.

Indonesia juga terkenal sebagai negara yang memiliki kekayaan yang melimpah. Kekayaan di negara ini di hasilkan dari beberapa sektor, salah satunya perikanan, perkebunan, perhutanan, pertembangan, dan pertanian. Semua sektor tersebut cukup menjanjikan dan menghasilkan hasil yang memuaskan. maka dari itu tidak heran jika para investor asing berbondong-bondong untuk datang ke indonesia.

Selain terkenal akan negaranya yang luas serta potensi alamnya yang melimpah, indonesia juga terkenal dalam bidang pariwisatanya. banyak wisatawan asing yang berkunjung ke negara ini untuk sekedar berlibur dan menghabiskan waktu saja. Tentunya para wisatawan asing tersebut penasaran akan keindahan alam indonesia. Hal ini sudah menjadi bukti bahwa wisata di indonesia sudah mendunia. Bisa sobat simak di bawah ini merupakan deretan tempat wisata terbaik dan terkenal di indonesia tahun 2022 yang wajib dikunjungi.

30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi Part 1


1. Kawah Putih

Kawah putih merupakan objek wisata yang cukup terkenal di kalangan masyarakat pulau jawa, khususnya jawa barat. Kawah putih yang berada di bandung ini terletak di alam endah, kecamatan rancabali, kabupaten bandung, provinsi jawa barat. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Yang menjadi daya tarik kawah putih ini adalah karena warna airnya yang memiliki warna putih kebiruan yang tentunya cantik apabila di lihat secara langsung.

kawah putih sendiri menjadi salah satu tempat favorit untuk mengabadikan momen. ketika sobat mengunjungi kawah putih alangkah baiknya sobat memakai pakaian yang tebal karena udaranya yang benar-benar dingin, selain itu juga sobat harus hati-hati dengan bau belerangnya, karena baunya yang sangat kuat bisa menganggu sistem pernafasan. Maka dari itu diharapkan agar sobat memakai masket ketika berkunjung ke tempat ini agar terhindar dari bau belerang yang sangat kuat.

2. Pantai Anyer
30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi

Seperti yang diketahui, banten terkenal akan potensi dan wisata alam lautnya, salah satu pantai yang terkenal di provinsi banten adalah pantai anyer. Pantai ini berlokasi di Jalan Raya Anyer, Sindanglaya, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Pantai anyer merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di banten. Untuk memasuki pantai ini tidak memerlukan uang yang besar, sobat hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 saja, dengan begitu sobat sudah bisa menikmati pantai ini.

Pantai anyer juga banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik lokal maupun asing, apalagi jika di hari libur, pantai ini selalu dipadati oleh banyak orang. Tempat ini cocok digunakan untuk liburan bersama keluarga. Alasan banyak orang berkunjung ke pantai ini adalah karena pantai anyer memiliki pasir yang bersih putih serta halus. Banyak aktifitas yang bisa sobat lakukan di pantai ini seperti berenang, berselancar, menyelam, bermain pasir, dan berolahraga air. Gimana ? apakah sobat tertarik untuk mengunjungi pantai yang satu ini.

3. Candi Borobudur
30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi

Borobudur masih menjadi tempat terbaik dan cukup terkenal di kalangan banyak orang, baik dalam negeri maupun mancanegara. Candi borobudur di susun dengan batuan yang padat dan tidak goyah. Candi ini sering kali di datangi oleh banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tempat ini sering kali menjadi objek wisata utama bagi para pelajar ketika sedang melakukan kunjungan wisata, terutama dari luar jawa tengah. 

Candi borobudur sendiri berlokasi di magelang, tepatnya 40 KM arah barat laut kota yogjakarta. Selain itu candi borobudur juga termasuk dalam 7 keajaiban dunia. Gimana sobat ? apakah tertarik untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

4. Masjid Raya Baiturrahman

Salah satu tempat wisata yang paling mencolok dan menjadi tempat ikonik dari provinsi aceh adalah masjid baiturrahman. Masjid baiturrahman terletak di pusat kota banda aceh, tepatnya di Jalan. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kecamatan Baiturrahman. Masjid ini dibangun pada tahun 1612 oleh sultan iskandar muda. Masjid baiturrahman menjadi simbol agama, perjuangan budaya, dan nasionalisme rakyat aceh. Tjuan utama masjid ini dibangun adalah sebagai pusat pengajaran ilmu agama. Pada awal di bangun masjid ini hanya mampu sekitar 1900 jemaaah saja, akan tetapi karena sudah dilakukan renovasi berulang kali, kini masjid ini dapat menampung sekitar 13.000 jemaah.

Pada tahun 2004 terjadi tsunami besar di aceh yang meratakan banyak bangunan. Akan tetapi ada satu bangunan yang tetap berdiri dengan kokoh, bangunan tersebut adalah masjid baiturrahman ini. Hal tersebut tentunya membuat banyak orang sadar akan kekuasaan tuhan yang maha esa, tentunya masjid ini menjadi saksi sejarah bagi masyarakat aceh dan indonesia. Kemudian masjid ini dijadikan tempat pengungsian dikala itu. Masjid ini kini memiliki banyak kemegahan dan dikata-kata hampir mirip dengan taj mahal yang ada di negara india. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini untuk melihat kemegahan dan keindahan masjid yang satu ini.

5. Kaliadem

Kaliadem merupakan salah satu tempat berfoto terbaik di yogjakarta. Tempat ini seringkali di datango oleh anak-anak muda maupun pelajar, adapun orang dewasa dan remaja. Tempat wisata ini merupakan sebuah kawasan hutan pinus dengan luas 35 hektare dan berada pada ketinggian 1100 meter diatas permukaan laut. Wisata kaliadem terletak di desa kapuharjo, cangkringan, sleman. Tempat ini berjarak kurang lebih sekitar 25 sampai 30 km dari kota yogjakarta.

Kawasan kaliadem dikenal dengan keindahan alamnya yang indah serta keeksotisan alamnya yang masih terjaga dengan baik. Selain itu udara di kawasan ini sangat sejuk dan juga bersih. Salah satu alasan kenapa tempat ini cukup terkenal adalah pemandangan gunung merapi yang terlihat cukup jelas. Sobat bisa berfoto dengan latar belakang gunung merapi di tempat ini. Selain itu juga sobat bisa belajar banyak tentang sejarah letusan gunung merapi.

6. Gunung Bromo
30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi

Sebagian dari sobat mungkin ada yang sudah mengetahui gunung yang satu ini, ada pula yang masih asing mendengar gunung yang satu ini. Gunung bromo sendiri sudah tidak asing lagi di kalangan para pendaki. Secara tidak langsung gunung ini terletak di empat perbatasan kabupaten yang berbeda yakni probolingo, malang, lumajang, dan pasuruan, serta gunung ini memiliki ketinggian 2329 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini memiliki pesona yang ciamik dan keindahan alam yang cantik. Bisa dibilang tempat ini cocok untuk melihat spot matahari terbit dan tenggelam. Ada dua cara yang bisa sobat lakukan utnuk mencapai puncak bromo yakni melakukan pendakian, akan tetapi jika sobat tidak ingin menghabiskan tenaga dan waktu, maka sobat bisa menaiki jeep. Ada 3 alasan utama kenapa banyak orang ke gunung bromo yakni untuk melihat laautan pasir, menikmati pemandangan, dan menunggangi kuda di hamparan pasir yang luas. Tiga alasan tersebut menjadi daya tarik orang-orang untuk berkunjung ke tempat ini.

7. Taman Impian Jaya Ancol

Objek wisata yang cukup terkenal dan populer di jakarta adalah taman impian jaya ancol, objek wisata ini berlokasi di jakarta utara., tepatnay di Lodan Timur No.7,  Ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara. Tempat wisata ini berdiri pada tahun 1966. banyak sekali fasilitas yang di sedikan di tempat ini. Objek wisata ini sangat cocok dinikmati dengan anggota keluarga, teman-teman, dan tentunya orang tercinta kita. Harga untuk memasuki tempat yang satu ini pun cukup murah, sobat hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp. 25.000 saja untuk setiap orangnya. Di Tempat ini sobat bisa menikmati berbagai wahana yang ada bersama-sama.

8. Pantai Kuta
30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi

Pantai kuta menjadi salah satu tempat yang cukup terkenal di bali bahkan di indonesia. Pantai kuta terletak di kecamatan kuta, sebelah selatan kota denpasar. Keindahan pantai ini memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Salah satu alasan wisatawan asing berkunjung ke bali adalah untuk menikmati pantai yang satu ini. Tentunya para wisatawan asing suka berjemur di bawah sinar matahari ketika sedang berada di tempat ini, akan tetapi tak sedikit dari mereka yang bermain air dan berenang. Pantai sudah menjadi objek wisata andalan pulau bali sejak tahun 1970.

Pantai kuta juga sering disebut sebagai pantai matahri terbenam, karena pemandangan matahri terbenam di pantai ini sangat indah dan merupakan momen yang langka bagi wisatawan. Akses untuk mencapai pantai kuta juga terbilang sangat mudah, sobat bisa pergi dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor, menggunakan taxi, atau rental mobil. Sobat bisa mengunjungi pantai ini mulai dari waktu pagi hingga sore hari, akan tetapi jika sobat ingin melihat momen langka sekaligus indah maka datanglah ke pantai ini pada sore hari sebelum matahari terbenam.

9. Pantai Pasir Panjang

Pantai pasir panjang atau dikenal juga sebagai pantai panjang, merupakan pantai yang populer sekaligus tempat wisata favorit yang selalu ramai didatangi oleh wisatawan maupun orang sekitar. Pantai panjang terletak di l. pariwisata, pantai panjang, lempuing, kecamatan ratu agung, kota bengkulu. Pantai panjang merupakan salah satu pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di indonesia yakni sekitar 7 km.

Salah satu yang unik dan menarik dari pantai ini adalah jika pantai biasa selalu terdapat poho kelapa di setiap sisinya, maka di tempat ini sobat tidak akan menemukan satu buah pohon kelapa pun di tempat ini karena digantikan dengan deretan pohon cemara dan juga pohon pinus. Tentunya pantai merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbit maupun terbenam. Fasilitas di pantai ini juga sudah terbilang cukup lengkap ada penginapan, tempat bermain, dan restoran.

10. Hutan Mangrove
30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi

Hutan mangrove merupakan salah satu kekayaan negeri yang harus dijaga dan dilestarikan. Kawasan ini merupakan kawasan penghisupan warga, akan tetapi berkat kesadaran pemerintah dan juga masyarakat setempat potensi hutan mangrove ini digunakan dan dikelola dengan baik sehingga sekarang ini sudah dibuka menjadi tempat wisata. 

Bagi sobat yang belum sama sekali menikmati keindahan hutan mangrove sembari menjelajahi dan menyusuri hutan mangrove maka sobat bisa mencobanya langsung sekarang. Hutang mangrove sendiri berlokasi di kurau barat, kecamatan koba, kabupaten bangka tengah. Di tempat ini sobat bisa menikmati pesona hutan mangrove yang masih asri serta suasana yang sejuk dan alami

11. Pulau Penyu
30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi

Salah satu destinasi wisata yang cukup menarik dan juga terkenal di jambi adalah pulau penyu. Pulau ini merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni.Seperti namanya pulau penyu, tempat ini merupakan sebuah habitat dari beberapa jenis penu yang ada di sekitar pulau. Lokasi pulau penyu sendiri terletak di pulau penyu, kecamatan sadu, kabupaten tanjung jabung timur. Selain melihat bebrapa jenis penyu sobat juga menikmati keindahan akan pulau penyu ini. Pulau ini memiliki panorama alam yang mempesona dan juga masih terjaga. Tiket masuk ke pulau ini dibandrol sekitar Rp. 30.000.

12. Puncak Gunung Bintan

Salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan alam karena memiliki panorama yang indah dan juga sempurna untuk diabadikan. Pemandangan yang bisa sobat lihat yakni berupa lautan, pulau-pulau kecil, dan langit yang membentang. Udara sejuk dan segar tentunya menyelimuti sobat ketika berada di tempat tersebut. Tempat ini juga sangat cocok untuk melihat momen matahari terbit maupun terbenam, tentunya ini momen yang sangat di tunggu-tunggu oleh para remaja, terutama orang yang menyukai senja. Agar pemandangan sekitar bisa terlihat dengan jelas, maka sangat disarankan bagi sobat untuk mengunjungi tempat ini dikala awan sedang tidak ada.

13. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Berjarak sekitar 23 Km dari pusat kota pekanbaru, Taman Hutan Raya Sultan Syarif kasim ini merupakan sebuah kawasan hutan konservasi yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga, sahabat, maupun orang spesial bagi kita. Banyak anak muda yang mengunjungi tempat yang satu ini. Di taman hutan ini sobat dapat menemukan berbagai macam flora maupun fauna, serta tempat ini juga dijadikan sebagai pusat pelatihan gajah.

14. Puncak Mas

Puncak mas adalah salah satu destinasi wisata yang cocok dinikmati bersama keluarga, teman, maupun orang tercinta kita. Tempat ini berlokasi di Jalan. PB. Marga, Sukadana Ham, Kecamatan Tj. Karang Bar., Kota Bandar Lampung. Pemandangan hijau dari bukit ini serta udarasejuk dan besih, menjadikan wisatawan berdatangan ke tempat ini. Tempat ini juga sangat cocok untuk melihat momen matahari terbenam, atau dikala sore hari saat senja tiba.

Salah satu aktifitas yang cukup mamcu adrenaline di tempat ini yang bisa sobat lakukan adalah menjajal wahana sepeda gantung. Jika sobat memiliki keberanian yang lebih maka cobalah untuk menjajal wahana yang satu ini, akan tetapi jika sobat takut akan ketinggian maka diharapkan untuk tidak mencoba wahana ini. Untuk memasuki puncak mas, setiap orangnya harus membayar uang senilai Rp. 20.000 saja. Jika berbicara soal fasilitas, meskipun tempat ini merupakan tempat wisata yang baru akan tetapi fasilitas di tempat ini sudah cukup lengkap.

15. Jembatan Ampera
30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi

Jembatan ampera merupakan sebuah jembatan yang cukup terkenal namanya di indonesia. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962 dengan panjang 1117 meter dan terletak di kota palembang. Jembatan ini menghubungkan kawasan ilir dan ulu palembang dari sungai musi. Jembatan ampera merupakan sebuah ikon bagi kota palembang sekaligus menjadi jembatan terpanjang di asia tenggara.

Mungkin sobat bertanya-tanya tentang bagaimana orang-orang menjadikanya sebagai tempat wisata favorit, karena jembatan merupakan media yang menghubungkan antara 2 daerah. Jika sobat berpikir seperti itu maka sobat salah besar. Memang benar jembatan merupakan media penghubung, akan tetapi jembatan yang satu ini cukup unik. Karena jembatan ampera merupakan jembatan yang besar sobat bisa menikmati keindahan jembatan ini dengan berfoto-foto di tempatnya. Selain itu juga sobat bisa melihat pemandangan sungai musi yang sangat indah dengan kapal-kapal yang melintas. 

Jembatan ampera akan terlihat lebih indah apabila sobat berkunjung di malam hari maupun petang hari. Sebab di waktu itu jembatan ini akan mengeluarkan lampu-lampu yang menerangi setiap jembatan yang tentunya menambah keindahan jembatan ini. Banyak orang-orang yang berkunjung ke jembatan ini untuk melihat dan menikmati keindahan jembatan yang satu ini, maka sangat disayangkan jika sobat melewatkan tempat wisata yang satu ini.

16. Danau Toba
30+ Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Indonesia 2022 yang Wajib Dikunjungi

Danau toba merupakan salah satu tempat wisata di indonesia yang tersohor ke berbagai penjuru dunia. Danau ini merupakan danau terbesar yang ada di indonesia juga merupakan salah satu danau terbesar di dunia. Danau toba memiliki luas 1.130 km² dengan ketinggian permukaan mencapai 905 meter. Danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi yang terjadi sekitar puluhan ribu tahun yang lalu. Saat ini danau toba menjadi destinasi wisata favorit sekaligus ikon sumatera utara.

Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke indonesia untuk melihat keindahan danau yang satu ini. Pesona alam dan keindahan yang ditawarkan danau ini tidak main-main, hampir setiap hari pengunjung selalu datang untuk melihat tempat yang satu ini. Jika sobat ingin menikmati lebih dan ingin menghabiskan waktu lama di tempat ini, sobat bisa menyewa penginapan di sekitar danau toba. Akan tetapi sobat tentunya harus berlomba untuk mencari tempat penginapan, alasanya tentu karena pengunjung juga ingin menikmati keindahan danau ini lebih lama lagi.

17. Museum Adityawarman

Museum adityawarman merupakan salah satu tempat yang wajib banget untuk sobat kunjungi. museum ini di bangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada 1977. museum adityawarman terletak di Jalan. Diponegoro No.10, Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Nama adityawarman sendiri merupakan nama besar sekaligus merupakan seorang raja malayapura pada abad ke 14, yang dimana abad tersebut masih sezaman dengan kerajaan majapahit. Museum adityawarman juga dikenal dengan istilah lainya yakni taman mini ala sumatra barat.

Museum adityawarman menyimpan berbagai macam kebudayaan khas minang, seperti pakaian adat, alat musik tradisional, dan senjata tradisional khas sumatra barat. Selain sebagai tempat penyimpanan, museum ini juga berfungsi sebagai tempat untuk melestarikan benda bersejarah seperti cagar budaya. Jadi selain berwisata, sobat juga bisa mempelajari sesuatu sekaligus menambah pengetahuan.

Komentar