7 Tempat Wisata Terbaik dan Paling Hits di Sungai Penuh

7 Tempat Wisata Terbaik dan Paling Hits di Sungai Penuh

Bagi sebagian otang mungkin akan terasa asing mendengar nama kota ini karena namanya yang menyerupai sungai yakni sungai penuh. Akan tetapi bagi masyarakat provinsi jambi, nama kota ini sudah tidak asing lagi karena kota ini merupakan kota terbesar kedua yang ada di provinsi jambi dengan luas wilayah sekitar 366,4 km². Kota sungai penuh sendiri merupakan sebuah kota yang terbilang masih baru yang berdiri pada tahun 2008 dan merupakan pemekaran dari kabupaten kerinci. Meskipun sungai penuh memiliki luas wilayah yang sangat luas dan besar, akan tetapi jumlah penduduk di kota ini masih sedikit. Tercatat pada tahun 2020 lalu jumlah penduduk kota sungai hanya berjumlah 97.190 jiwa.

Kota sungai penuh sendiri terbagi dalam 2 kawasan, yang dimana kawasan terbesarnya merupakan taman nasional kerinci seblat sekitar 59,2%. Sedangkan sisanya merupakan kawasan perkotaan. Di kota ini juga terdapat tempat-tempat menarik yang harus sobat kunjungi, salah satunya adalah perpustakaan yang memiliki pemandangan perbukitan. Kuliner khas kota ini juga sangat enak dan memanjakan lidah.

Kota ini juga memiliki potensi yang sangat besar dalam sektor pariwisatanya. Tempat-tempat wisata di kota ini cukup memukau dan sangat memanjakan mata. Maka tidak heran kota ini juga menjadi destinasi wisatawan untuk berlabuh. Di antara banyaknya tempat wisata yang ada di kota ini, terdapat setidaknya beberapa tempat wisata terbaik dan menjadi tempat wisata favorit, baik bagi masyarakat setempat maupun wisatawan.

Bagi sobat yang berniat untuk berlibur ke sungai penuh, maka sobat harus mengunjungi setidaknya satu tempat wisata terbaik di sana agar saat pulang mendapatkan pengalaman di kota ini. Bisa sobat simak langsung berikut ini merupakan deretan tempat wisata terbaik dan paling hits di kota sungai penuh yang wajib untuk dikunjungi.

7 Tempat Wisata Terbaik dan Paling Hits di Sungai Penuh


1. Bukit Khayangan

Bukit khayangan merupakan sebuah dataran tinggi yang terletak di Renah Kayu Embun, Kabupaten Kumun Debai, Kota Sungai Penuh. Menyajikan pemandangan alam indah berupa barisan perbukitan menjadi alasan mengapa sobat harus datang ke tempat ini. Bukit yang memiliki ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut ini namanya cukup dikenal oleh masyarakat kota jambi maupun kota sungai penuh, bahkan bukit ini menjadi sedtinasi wisata favorit bagi masyarakat kota tersebut. Pastikan juga sobat untuk memakai pakaian yang hangat saat berkunjung ke bukit ini, karena seperti yang diketahui bahwa dataran tinggi memiliki suhu yang dingin. tempat ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti toilet, area parkir, gazebo, saung, dan fasilitas lainnya.

2. Aroma Pecco

Kebun teh merupakan spot foto terbaik yang biasa digunakan fotografer untuk berfoto bersama modelnya. Hampir setiap daerah di indonesia memiliki wisata kebun teh, salah satunya ialah di kota sungai penuh yang bernama aroma pecco. Hamparan kebun teh yang luas dengan background gunung kerinci yang terlihat jelas dapat sobat nikmati langsung saat berada di tempat ini. Aroma pecco sendiri terletak di Desa Bedeng Delapan Kayu Aro, Pondok Tinggi, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh. Selain menikmati indahnya hamparan kebun teh dengan gunung kerinci, sobat juga dapat melihat danau yang diisi dengan berbagai macam ikan.

3. Bukit Sentiong

Selain bukit khayangan, terdapat juga dataran tinggi lainnya yang menyajikan pemandangan alam yang serupa yakni bukit sentiong. Lokasi bukit ini berada di Sungai Akar, Desa Pelayang Raya, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh. Selain dikenal sebagai tempat yang cocok untuk melihat indahnya senja, bukit ini juga menyajikan indahnya kota sungai penuh, hampir semua wilayah kota tersebut dapat terlihat di atas bukit ini. Pada malam hari pun bukit ini masih di datangi oleh banyak pengunjung sehingga tidak akan membuat sobat seram saat berkunjung ke bukit ini.

4. Danau Kaca
7 Tempat Wisata Terbaik dan Paling Hits di Sungai Penuh

Salah satu alasan mengapa danau ini disebut sebagai danau kaca adalah karena danau ini memiliki air kebiru-biruan yang sangat jernih, yang dimana ketika sobat melihat ke permukaan danau, sobat akan melihat cerminan diri sobat di permukaan air danau tersebut. Danau kaca sendiri memiliki luas sekitar 900 meter dan terletak di Dusun Baru Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci. Banyak cerita mitos menganai danau yang satu ini, meskipun begitu danau ini cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan.

5. Kolam Renang Bruna

Tempat wisata yang satu ini menjadi tempat yang cocok untuk rekreasi dan liburan bersama keluaraga. Tentunya liburan keluarga sendiri harus dilakukan oleh setiap keluarga agar kebersamaan dan keharmonisan tetap terjaga dengan baik. Kolam renang bruna sendiri merupakan destinasi wisata yyang tepat untuk hal tersebut. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di desa Talang Lindung, Kecamatan Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh. Kawasan wisata yang satu ini juga diisi dengan beberapa pepohonan yang tentunya membuat udara di tempat ini terasa sejuk.

6. Air Terjun Pendung

Bagi sobat yang suka dengan penjelajahan dan petualangan mungkin tempat ini menjadi destinasi yang cocok, karena untuk melewati air terjun ini sobat akan berjalan selama kurang lebih 1 jam. Selama perjalanan menuju air terjun ini sobat akan dihadiahi dengan pemandangan-pemandangan sekitar yang berupa hutan, sungai-sungai kecil, dan perkebunan warga. memang untuk mencapai air terjun pendung sendiri memerlukan tenaga dan waktu, akan tetapi sobat tidak akan dikecewakan oleh keindahanya. Air terjun pendung sendiri terletak di desa Pendung Mudik, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci.

7. WTC Koto Beringin

tempat wisata yang satu ini menyajikan suasana pedesaan yang tenang dan damai. Hamparan pesawahan hijau dan luas juga dapat sobat temui saat berada di tempat ini dan dapat membuat sobat bernostalgia terutama bagi orang yang tinggal di pedesaan. Tempat ini juga selalu ramai dikunjungi terutama pada hari libur. Bagi sobat yang tertarik akan wisata yang satu ini sobat bisa datang langsung ke desa Koto Beringin, Kecamatan Hamparan Rawang, Kota Sungai Penuh.

Komentar