5 Tempat Wisata di Yogjakarta yang Bagus dan Terbaru yang Wajib Dikunjungi

5 Tempat Wisata di Yogjakarta yang Bagus dan Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Siapa sih yang tidak kenal dengan kota yogjakarta ? Yogjakrata atau yang biasa dikenal dengan jogja merupakan sebuah kota sekaligus ibukota dan pusat pemerintahan dari provinsi daerah istimewa yogjakarta. Yogjakarta sendiri merupakan salah satu kota di indonesia dan terbesar keempat di pulau jawa yang masih mempertahankan konsep tradisional dan budayanya. Luas kota yogjakarta sendiri yakni sekitar 32,5 km² dengan jumlah populasi penduduk mencapai angka 415.509 jiwa. Kota jogja menjadi salah satu kota yang cukup banyak dikunjungi oleh para pelancong karena daya tariknya, salah satunya kota-kotanya yang terlihat elegan dan modern, struktur jalan di kota ini juga cukup bagus dan tertata dengan rapi.

Perlu sobat ketahui, sebelum jakarta menjadi ibukota indonesia, yogjakrta rupanya pernah menjadi kota indonesia. Akan tetapi hal tersebut hanya berlangsung selama 3 tahun saja, yakni pada masa revolusi tepanya tahun 1946 sampai tahun 1949. Hal ini bisa sobat temukan dalam catatan sejarah jogja. Jogja juga dikenal sebgai kota pelajar, terdapat kurang lebih 137 perguruan tinggi yang terdapat di kota ini, baik perguruan negeri maupun swasta. Banyak pendatang yang beresal dari luar daerah yang berniat ingin belajar di kota yang satu ini.

Selain memiliki sebutan sebagai kota pelajar, kota jogja juga terkenal dengan sebutan lainnya yakni kota wisata. Kota ini menyimpan banyak keindahan dan cukup terkenal di bidang pariwisatanya, bahkan tak sedikit pula wisatawan mancanegara datang ke kota ini untuk berlibur. Terdapat juga tempat wisata yang cukup terkenal dan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia, yakni candi borobudur. Bangunan candi ini cukup di sorot oleh dunia, dan banyak mendatangkan wisatawan mancanegara. Akan tetapi tidak hanya candi borobudur saja yang menjadi tempat wisata terkenal di kota jogja. Terdapat juga beberapa tempat wista yang indah dan menarik di kota yogja yang sayang apabila dilewatkan. Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata di yogjakarta yang bagus dan terbaru yang wajib dikunjungi.

5 Tempat Wisata di Yogjakarta yang Bagus dan Terbaru yang Wajib Dikunjungi


1. Pantai Nglambor

Wisata bahari yang satu ini menjadi tempat wisata alternatif lainnya selain candi borobudur di yogjakarta. Tempat ini juga menjadi tempat yang paling rekomended untuk dikunjungi. Tak sedikit pula pengunjung yang berdatangan ke pantai ini, apalagi jika pada hari libur, pantai ini selalu ramai dikunjungi. Jarak pantai nglambor dari pusat kota jogja sendiri berjarak 75 meter, atau sekitar 2 sampai 3 jaman. Sobat dapat menikmati wisata ini dengan teman ataupun keluarga, agar liburan sobat lebih bermakna. Sobat bisa melakukan banyak hal, salah satunya yaitu snorkeling. Lokasi pantai nglambor berada di Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

2. Candi Prambanan
5 Tempat Wisata di Yogjakarta yang Bagus dan Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Bukan hanya candi borobudur saja yang menjadi tempat wisata terkenal di kota jogja, terdapat juga wisata candi lainnya yang ada di yogjakarta, salah satunya candi prambanan. Candi ini berlokasi di Jalan Jogja – Solo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata yang wajib sobat kunjungi. Tiap jarak antar candi di tempat ini, sangat tersusun dengan rapi dan enak untuk dipandang. Selain itu keindahan kuno yang tersimpan di dalamnya menjadi daya tarik akan tempat ini. Sama halnya seperti candi borobudur, candi prambanan juga banyak dikunjungi oleh para pengunjung.

3. Puncak Sosok

Tempat wisata yang satu ini mulai di buka pada sore hari, jadi akan sia-sia jika sobat datang pada pagi hari atau siang hari. Jadi sobat bisa mengunjunginya pada sore hari setelah tempat ini dibuka. Sobat juga dapat menyaksikan momen matahari terbenam dari puncak ini, tak lupa juga untuk sobat potret keindahanya. Pada malam hari tempat ini akan ramai dikunjungi oleh pengunjung, maka dari itu disarankankan datang ke tempat ini pada sore hari agar sobat bisa mendapatkan tempat duduk. Sembari menyicipi aneka kuliner di sana, tempat ini juga menyediakan live music yang bisa sobat nikmati. Lokasi puncak sosok sendiri berada di Dusun Jambon RT 04, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

4. Gumuk Pasir Parangkusumo

Banyak momen yang bisa sobat dapatkan ketika berkunjung ke gemuk pasir parangkusumo. Bagi sobat yang baru menginjakan kaki pertama kali di yogjakarta maka sobat harus mencoba berkunjung ke tempat yang satu ini. Sama halnya seperti di merapi, di tempat ini juga menyediakan layanan untuk menumpangi mobil jeep. Sobat beserta teman atau keluarga akan di ajak untuk menikmati alam sekitar. Selain berkeliling dengan jeep sobat juga bisa melakukan aktifitas lainnya seperti Sandboarding. Gumuk pasir parangkusumo terletak di Jalan Pantai Parangkusumo RT. 1 Grogol 10, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

5. Bukit Paralayang Watugupit

Bagi sobat yang ingin melihat momen sunset dengan suasana yang berbeda maka sobat bisa berkunjung ke bukit paralayang watugupit yang berlokasi di Dusun Watugupit, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Di tempat ini sobat akan melihat momen matahari terbenam atau yang biasa dikenal dengan sebutan sunset dari atas ketinggian sembari bersantai melihat deburan ombak. Sembari menunggu matahari terbenam, tidak ada salahnya sobat juga mencicipi hidangan-hidangan yang di sediakan di tempat ini dengan harga yang terjangkau. Bukit ini juga menjadi destinasi wisata favorit masyarakat setempat, tak sedikit pula wisatawan berdatangan ke tempat yang satu ini.

Komentar