9 Tempat Wisata di Serang Banten yang Wajib Dikunjungi

9 Tempat Wisata di Serang Banten yang Wajib Dikunjungi

Kota merupakan salah satu kota besar sekaligus menjadi ibukota dari provinsi banten. Letak kota ini berada di bagian barat laut provinsi banten. Kota serang memiliki luas wilayah sekitar 266,7 km² serta jumlah penduduk di kota serang pun terbilang cukup tinggi. Mengamati sensus yang dilakukan pada tahun 2017 dan 2021, jumlah penduduk kota serang mengalami kenaikan, dari yang asalnya 666.600 jiwa menjadi 687.881 jiwa. Selain itu kota ini juga menjadi saksi sejarah di masa lalu dengan ditandai terdapat sisa-sisa bangunan bersejarah pada masa kejayaan kesultanan banten.

Selain menjadi tempat bukti sejarah, kota serang juga memiliki beberapa fakta menarik di dalamnya, yaitu terdapatnya hutan lindung di kota ini, seperti yang kita ketahui, ketika mendengar hutan lindung maka kita mungkin akan merujuk ke pulau kalimantan karena, kalimantan sendiri merupakan salah satu pulau yang memiliki hutan lindung terluas di indonesia. Akan tetapi ternyata di kota serang sendiri terdapat hutan lindung yang lumayan cukup luas. Akan tetapi menurut informasi yang beredar, hutan lindung tersebut mengalami penyusutan luas hutan lindung sebanyak puluhan ribu hektar.

Serang juga dikenal sebagai kawasan zona industri. Perkembangan industri di kota ini terjadi sangat pesat dan cepat, maka jangan heran jika sobat banyak melihat banyak kawasan industri saat berkunjung ke kota yang satu ini. Selain itu serang juga memiliki potensi yang cukup besar di bidang pariwisata. Hal ini dikarenakan banyaknya pantai di kota ini. Namun tidak hanya pantai saja destinasi wisata yang bisa sobat temuka di kota ini, terdapat juga destinasi wisata menarik lainnya yang dapat sobat temui. Jika sobat penasaran akan tempat-tempat wisata yang cukup terkenal di kota serang, bisa sobat simak dibawah ini tempat wisata di serang banten yang wajib dikunjungi.

9 Tempat Wisata di Serang Banten yang Wajib Dikunjungi


1. Wisata Alam Gunung Pinang

Tempat wisata pertama yang wajib sobat kunjungi ketika berada di kota serang adalah wisata alam gunung kidul. Tempat ini berlokasi di Jalan Petajen, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang. Tempat ini menjadi tempat wisata favorit dan cukup digemari oleh masyarakat kota serang. Siapapun yang berkunjung ke tempat ini akan menjadi betah, karena disuguhkan dengan panorama alamnya yang indah serta udara sejuk dan bersih yang menyelimuti area sekitar tempat ini. Lokasi tempat ini pun cukup dekat dengan kota serang, sehingga sangat mudah untuk dituju.

2. Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara merupakan tempat wisata budaya dan religi. Vihara ini berlokasi di Jalan Tubagus Raya, Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Saat menginjakan kaki di tempat ini sobat akan disuguhkan dengan bangunan indah khas tionghoa yang dilengkapi dengan ornamen-ornamen tertentu. Menurut kabar yang beredar, vihara ini dibangun sejak abad 16 lalu. Tempat wisata yang satu ini cukup banyak dikunjungi oleh orang-orang, selain berdatangan untuk menikmati keindahan tempat ini, ada juga beberapa pengunjung yang datang ke tempat ini untuk beribadah.

3. Pulau Sangiang

Keindahan dan pesona dari pulau sangiang sendiri sudah cukup dikenal oleh masyarakat kota serang. Pulau yang berlokasi Jalan Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kota Serang ini menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit yang wajib sobat kunjungi. Suasana tenang dan nyaman pun akan sobat dapatkan saat berkunjung ke tempat ini sehingga cocok untuk melepas penat. Akan tetapi sangat disayangkan keindahan pulau yang satu ini masih belum dikethaui oleh banyak orang, dan hanya sebagian orang saja yang sudah mengetahuinya.

4. Benteng Speelwijk

Benteng yang terletak di Jalan Kampung Pamarican, Kecamatan Kasemen, Kota Serang ini menjadi bangunan peninggalan sejarah pada masa sultan ageng tirtayasa. Akan tetapi bangunan ini kini sudah tidak semegah dahulu dan sudah menjadi reruntuhan belaka. Meskipun begitu tempat ini cukup banyak dikunjungi oleh pengunjung. Mereka menjadikan tempat ini sebagai tempat tongkrongan dan juga tempat berfoto-foto.

5. Istana Surosowan

Selain benteng speelwijk, terdapat juga wisata sejarah lainnya yang wajib sobat kunjungi, nama tempat tersebut adalah istana surosowan. Tempat ini menjadi bukti sejarah akan kejayaan kesultanan banten. Istana yang dibangun pada tahun 1526 ini menjadi tempat yang cukup digemari di kalangan wisatawan yang menyukai unsur sejarah. Pemandangan di tempat ini juga cukup indah karena dipadukan dengan hijaunya pepohonan di area sekitar tempat wisata. Isatana surosowan sendiri terletak di Jalan Masjid Agung Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

6. Pantai Sambolo

Berlibur dan menghabiskan waktu di pantai bersama keluarga merupakan sebuah momen yang tidak akan pernah terlupakan selama hidup. Pantai sambolo sendiri merupakan pantai yang cukup terkenal dan menjadi lokasi terfavorit bagi wisatawan. Lokasi pantai ini berada di Jalan Raya Anyer, Bandulu, Kabupaten Serang. Kebersihan pantai sambolo pun masih terjaga sehingga dapat membuat nyaman pengunjungnya. beberapa hal yang bisa sobat lakukan saat berada di pantai sambolo diantaranya yaitu, bermain jet sky, ATV, parasailing, dan speed boat.

7. Danau Rawa

Danau rawa terletak di Jalan Batukuwung, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Danau ini merupakan salah satu danau tercantik yang ada di kota serang. Salah satu keuinikan danau ini adalah diisi oleh air tawar. Ilalang-ilalang yang menjulang cukup tinggi memberikan suasana yang berbeda akan danau yang satu ini.

8. Goa Cilayang

Bagi sobat yang menyukai berpetualang dan hobi melakukan penjelajahan, mungkin tempat wisata yang satu ini sangat rekomendasi untuk sobat kunjungi. Seperti yang kita ketahui goa merupakan tempat yang sangat gelap, maka dari itu sobat harus menyiapkan dan sebisa mungkin membawa senter dari rumah saat akan berkunjung ke tempat lokasi yang berupa goa. Goa cilayang sendiri terletak di Jl. Cilayang, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang.

9. Pantai Pasir Putih Florida

Liburan sobat tidak akan lengkap jika melewatkan tempat yang satu ini. Pantai pasir putih florida sendiri berlokasi di Jalan Sindanglaya, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. Wisata bahari yang satu ini menyuguhkan keindahan alam dan panorama sekitar yang memukau dan membuat pengunjungnya terpana. Selain itu sobat juga bisa melihat keindahan matahari tenggelam saat berada di pantai ini.

Komentar