Inilah Tempat Wisata di Papua yang Terkenal Hingga Mancanegara

Inilah Tempat Wisata di Papua yang Terkenal Hingga Mancanegara

Papua merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terletak di bagian tengah pulau papua atau bagian ujung timur wilayah indonesia. Sperti yang kita ketahui, papua berbatasan langsung dengan negara papua new guinea. Papua sendiri merupakan salah satu pulau terbesar dan terluas di indonesia dengan luas daratan sekitar 312.224 km² serta jumlah penduduk mencapai angka 3 juta jiwa lebih pada tahun 2019. Provinsi papua terbagi menjadi 9 kabupaten dan 1 kota, satu-satunya kota di provinsi tersebut adalah kota jayapura yang merupakan ibukota sekaligus pusat pemerintahan dari provinsi ini.

Provinsi papua terkenal akan kekayaan potensi sumber daya alamnya, maka tak heran jika papua menjadi daerah incaran bangsa-bangsa asing yang ingin menguasai provinsi ini. Selain menjadi pulau terluas di indonesia, papua juga memiliki beberapa fakta unik yang mungkin belum sobat ketahui, salah satunya adalah noken yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, noken sendiri adalah tas tradisional masyarakat papua yang digunakan dengan cara digantunung di kepala.

Selain warisan budayanya yang telah diakui, papua juga memiliki beberapa tempat wisata yang cukup tersorot ke mancanegara. Meskipun jaraknya jauh dari ibukota, akan tetapi banyak sekali wisatawan-wisatawan yang berkunjung ke papua untuk menikmati keindahan alamnya yang mempesona, tak hanya wisatawan lokal saja yang datang, akan tetapi wisatawan mancanegara pun turut datang ke provinsi ini. Papua juga merupakan satu-satunya daerah bersalju di indonesia, sobat dapat menemukan salju di provinsi ini saat melakukan pendakian ke gunung jaya wijaya.

Bagi sobat yang sudah penasaran akan tempat wisata apa saja di papua yang terkenal sampai ke mancanegara, maka bisa sobat simak dibawah ini merupakan tempat wisata di papua yang terkenal hingga ke mancanegara.

Inilah Tempat Wisata di Papua yang Terkenal Hingga Mancanegara


1. Danau Paniai

Danau paniai merupakan salah satu danau terindah di provinsi papua. Danau ini memiliki luas kurang lebih sekitar 14.500 hektar. Danau paniai sendiri terletak di Mogeya, Distrik Paniai Barat, Kabupaten Paniai. Danau ini memiliki keindahan dan keasrian yang dapat membuat orang menjadi betah dan ingin berlama-lama saat berada di tempat ini. Fasilitas di tempat ini juga cukup mempuni, ada warung makan yang bisa sobat kunjungi saat sobat lapar. Di tempat ini sobat juga dapat ikut memancing bersama suku mee dan suku moni. Danau ini dikenal juga sebagai tempat yang paling sempurna untuk melihat senja karena berlatar perahu, gunung dan perbukitan hijau, dan matahari terbit. Sangat diwajibkan bagi sobat untuk memotret momen tersebut.

2. Taman Nasional Lorentz

Bukan hanya terbesar di indonesia, taman nasional lorentz juga merupakan sebuah taman nasional yang terbesar di asia tenggara. Taman nasional ini terletak di Yakapis, Kabupaten Asmat. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 2,4 juta hektar dan dijadikan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Di taman nasional ini juga terdapat gletser yang sangat jarang sekali di temui di tengah trofis. Bukan hanya menyajikan keindahan alam saja, sobat juga dapat menemukan berbagai macam flora dan fauna saat berada di taman nasional yang satu ini. Harga tiket untuk memasuki kawasan ini pun terbilang cukup murah, sobat hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp. 20.000.

3. Danau Idenberg

Danau idenberg merupakan salah satu danau terindah lainnya yang ada di papua. Danau ini berada di kawasan gunung jayawijaya tepatnya di atas ketinggian 4313 meter diatas permukaan laut. Danau idenberg dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang berwarna putih sehingga menjadi daya tarik akan tempat yang satu ini. Pesona luar biasa dan penampakan alamnya yang indah dapat membuat sobat betah dan ingin berlama-lama di danau yang satu ini. Perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke danau ini memakan waktu sekitar 2 jam jika berjalan kaki.

4. Danau Habema

Selain danau lugina, terdapat juga danau indah lainnya yang memiliki keindahan dan pemandangan alam yang luar biasa yakni danau Habema. Danau ini terletak di Tipalok, Distrik Pelebaga, Kabupaten Jayawijaya. Danau habema disebut juga sebagai danau yuginopa. Letaknya yang berada di ketinggian 3.225 meter diatas permukaan laut menjadikan danau ini mempunyai julukan lainnya yakni danau di atas awan. Saat menginjakan kaki di tempat ini sobat akan terkesan dan terpesona oleh pemandangan padang rumput hijau di sekitar danau, dengan latar belakang gunung bersalju.

5. Pantai Amai

Siapa yang bilang kalau papua tidak memiliki wisata pantai yang indah, di provinsi papua juga terdapat beberapa pantai yang indah dengan panorama yang memanjakan mata, salah satu pantai indah yang ada di papua yakni pantai amai. Pantai amai sendiri berlokasi di Tablasupa, Kecamatan Depapre, Kota Jayapura. Bagi sobat yang ingin mencari ketengan, maka sobat bisa coba berkunjung ke pantai ini karena suasana yang dihadirkan pantai ini tenang. Untuk menikmati setiap momenya, sobat bisa mengajak teman ataupun keluarga untuk berkunjung ke tempat ini. Banyak hal yang dapat sobat lakukan saat berada di pantai ini, diantaranya yaitu berenang, snorkeling, dan bermain voli pantai.

6. Gunung Crstensz

Gunung Crstensz merupakan titik puncak tertinggi di indonesia sekaligus menjadi gunung tertinggi di indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. Gunung ini mempunyai daya tarik yang berbeda dengan gunung-gunung pada umumnya, salah satu daya tariknya adalah sobat bisa menikmati dan melihat salju abadi saat berada di puncak.

Bagi sobat yang masih awam dalam pendakian sobat harus mengurungkan niat dulu untuk mendaki gunung yang satu ini, karena perlu diketahui untuk mendaki gunung yang satu ini memerlukan persiapan yang matang dan juga pengalaman mendaki, selain itu sobat juga harus menyiapakan beberapa peralatan keamanan saat mendaki gunung ini. Lokasi gunung crstensz sendiri berada di Tembagapura, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika.

7. Pantai Gedo

Selain pantai amai, terdapat juga pantai indah lainnya di provinsi papua, nama pantai tersebut adalah pantai gedo. Pantai gedo terletak di Jalan Christian Waray, Sanoba, Kecamatan Nabire, Kabupaten Nabire. Pantai gedo terkenal akan keindahan lautnya yang menakjubkan dengan hamparan pasir putihnya yang membentang luas. Pantai ini juga memiliki air laut yang jernih berwarna biru. Di pantai ini juga sudah disediakan tempat bermain untuk anak-anak. Harga tiket masuk untuk memasuki pantai ini yakni sekitar Rp.10.000.

8. Pantai Bosnik

Pantai bosnik juga merupakan tempat wisata terkenal lainnya yang wajib sobat kunjungi. Pantai bosnik sendiri terletak di Jalan Raya Bosnik, Yenusi, Kecamatan Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor. Pantai ini juga ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat dan sering didatangi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. DI sekitar pantai ini juga banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa sehingga membuat susana menjadi sejuk. Pantai ini menjadi tempat rekomendasi liburan bersama keluarga. DI pantai ini juga tersedia berbagai macam kuliner yang dapat sobat nikmati bersama keluarga.

Komentar