Inilah Tempat Wisata di Cirebon Jawa barat yang Lagi Hits dan Murah 2021

Inilah Tempat Wisata di Cirebon Jawa barat yang Lagi Hits dan Murah 2021

Cirebon menjadi salah satu kota yang cukup terkenal yang ada di jawa provinsi jawa barat layaknya seperti kota bandung. Letak kota cirebon sendiri berada di pesisir utara pulau jawa atau yang dikenal juga sebagai jalur pantura yang menghubungkan 4 kota berbeda yakni jakarta, cirebon, semarang dan surabaya. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 37,36 km² serta jumlah populasi sebanyak 343.497 jiwa pada tahun 2021. Kota cirebon sendiri terbagi menjadi 5 kecamatan yang didalamnya terbagi lagi menjadi 22 kelurahan.

Selain mendapat julukan sebagai kota udang, cirebon juga dikenal sebagai kota wali karena kota ini merupakan tempat penyebaran agama islam yang dibawa oleh salah seorang dari wali songo yang bernama fatahillah atau Syekh Syarif Hidayatullah yang lebih dikenal sebagai Sunan Gunung Jati. Pada masa sultan gunung jati islam di cirebon mengalami kejayaan dan perkembangan yang begitu pesat, salah satu bukti peninggalan bahwa islam pernah mancapai kejaayaan pada masa sultan gunung jati adalah banyaknya masjid-masjid dan terdapatnya sebuah keraton.

Cirebon juga menjadi kota yang paling ramai dikunjungi, alasanya karena ingin berziarah dan melihat peninggalan-peninggalan islam yang ada di cirebon. Selain melakukan ziarah ada juga alasan mengapa orang-orang berkunjung ke kota ini yakni untuk berlibur. Kota cirebon sendiri memiliki banyak tempat wisata yang keren dan juga menarik yang sayang untuk dilewatkan. bagi sobat yang sedang memiliki rencana untuk berlibur ke kota udang tersebut sobat haru menyiapakan catatan tentang tempat apa saja yang sobat akan kunjungi. Bagi sobat yang kebingunggan mencari destinasi wisata di kota cirebon, bisa sobat simak di bawah ini beberapa tempat wisata di cirebon yang lagi hits dan murah di tahun 2021 lalu. Meskipun tahun sudah berganti akan tetapi tempat-tempat tersebut masih populer dan ramai akan pengunjung.

Inilah Tempat Wisata di Cirebon Jawa barat yang Lagi Hits dan Murah 2021


1. Bukit Gronggong

Menikmati pemandangan dari atas ketinggian merupakan momen yang harus sobat lakukan dimanapun berada. Banyak keindahan yang terpampang yang bisa dilihat dari atas ketinggian, seperti pemandangan senja, dan lautan awan. Selain itu sobat juga bisa melihat keindahan suatu kota sembari melihat hijaunya pemandangan dari atas bukit. Bukit gronggong menjadi salah satu tempat wisata yang harus wajib sobat kunjungi saat berada di kota cirebon. Lokasi bukit ini berada di patapan, kecamatan beber, kota cirebon. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada sore hari menjelang malam. Karena di waktu itulah bukit ini ramai akan pengunjung.

2. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata ciwaringin menghadirkan pemandangan indah dari hutan kayu putih berlatar belakang pegununggan. Selain menghadirkan panorama alam yang indah, tempat ini juga cocok untuk melepas rasa penat dan bosan akibat suasana perkotaan. Udara segar dan sejuk akan sobat rasakan saat berada di tempat ini. Untuk menuju tempat wisata ini, jika dituju dari pusat kota cirebon maka berjarak kurang lebih sekitar 27 km atau menghabiskan waktu sekitar 1 sampai 2 jam. Bagi sobat yang ingin menikmati indahnya hutan kayu putih dengan latar belakang pegununggan sobat bisa langsung berkunjung ke Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kota Cirebon.

3. Pantai Baro Gebang

Cirebon juga terkenal akan destinasi wisata baharinya salah satunya adalah pantai baro gebang. Pantai baro gebang sendiri terletak di Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kota Cirebon. Tempat ini menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan. Selain harga tiket masuknya yang murah pantai ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan mempesona. Sobat bisa mengajak teman maupun keluarga untuk bersantai di pinggir pantai ini sembari bersantai dan menikmati deburan ombak laut.

4. Pantai Kejawanan

Selain pantai baro gebang terdapat juga pantai indah lainnya yang ramai dikunjungi oleh wisatawan yakni pantai kejawanan. Pantai ini berlokasi di Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. harga tiket masuk pantai ini cukup murah dan terjangkau sehingga anak-anak pun sering berwisata ke tempat ini. Saat berkunjung ke pantai ini jangan lupa untuk mengajak teman ataupun keluarga agar liburan sobat lebih berkesan. banyak hal yang bisa sobat lakukan saat berada di tempat ini, diantaranya yaitu menyusuri garis pantai dan menyewa perahu untuk berkeliling di area pantai ini.

5. Makam Sunan Gunung Jati

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa sunan gunung jati merupakan tokoh penting yang berjasa dalam menyebarkan agama islam di kota cirebon, beliau juga termasuk dalam anggota walisongo dan beliau juga dimakamkan di kota ini. Wisata religi ini cukup banyak dikunjungi oleh orang-orang,bahkan setiap minggunya tempat ini selalu memiliki pengunjung. Bagi sobat yang ingin melakukan ziarah ke makam sunan gunung jati sobat bisa langsung berkunjung ke jalan Alun-Alun Ciledug No.53, Astana, Kecamatan Gunungjati, Kota Cirebon.

6. Kolam Renang Hegar

Wisata air bukan hanya tentang pantai saja, kolam renang pun termasuk di dalamnya karena menghadirkan berbagai macam wahan dan permainan seru yang bisa sobat nikmati dengan keluarga ataupun teman. Lokasi kolam renang hegar berada di Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Kota Cirebon. Tempat ini menyediakan berbagai macam kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda, mulai dari kolam renang anak samapi dengan kolam renang dewasa dapat sobat jumpai di tempat ini. Selain itu fasilitas di tempat ini juga cukup lengkap dan terjaga dalam hal kebersihanya.

Komentar