Inilah 8 Tempat Wisata di Banjar Patroman Terhits dan Terpopuler 2022

Inilah 8 Tempat Wisata di Banjar Patroman Terhits dan Terpopuler 2022

Banjar pataruman atau yang biasa di kenal dengan kota banjar merupakan sebuah kota yang terletak di jawa barat tepatnya di perbatasan antara provinsi jawa barat dan jawa tenggah. Sama halnya kota tasikmalaya, kota ini juga termasuk salah satu kota terbesar di priangan timur. kota ini sendiri memiliki luas wilayah sekitar 132 km² dengan jumlah populasi pada tahun 2021 sebanyak 205.579 jiwa. Terdapat 4 kecamatan yang ada di kota banjar diantaranya kecamatan banjar, kecamatan langensari, kecamatan pataruman, dan kecamatan purwaharja.

Sebelum tahun 1991 banjar merupakan sebuah kecamatan di kabupaten ciamis, akan tetapi setelah UU Pemerintahan Kota Banjar disetujui menjadi UU di DPR pada tanggal 12 November 2002 banjar melepaskan diri dari cimias dan menjadi sebuah kota. Terdapat 2 alasan mengapa banjar melepaskan diri dari ciamis, alasan pertama ialah berdasarkan amanat konstitusi berdasarkan undang-undang No.22 tahun 1999 yang memberi kewenangan otonomi kepada Daerah Kabupaten dan Daerah Kota didasarkan pada desentralisasi.

Sementara alasan kedua adalah karena alasan sejarah dan sosialogis, perbedaan kebudayaan dari ciamis dan banjar menjadikan warga banjar merasa bukan orang ciamis, salah satunya adalah bahwa karakter orang cimias lembut sedangkan banjar memiliki karakter yang lebih tegas.

Banjar juga menjadi salah satu kota yang kaya akan berbagai wisata, mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, hingga wisata alam dapat sobat temui saat berkunjung ke kota ini. Bagi sobat yang sedang melakukan perjalanan jauh dari dari jawa barat ke jawa tengah dengan menggunakan mobil, maka sobat tentunya harus mampir dan merasakan keindahan dari kota banjar terlebih dahulu. Bisa sobat simak dibawah ini merupakan tempat wisata di banjar patroman terhits dan terpopuler di tahun 2022.

Inilah 8 Tempat Wisata di Banjar Patroman Terhits dan Terpopuler 2022


1. Rest Area Banjar Atas

bagi sobat yang sedang melakukan perjalanan ke jawa tengah baik menggunakan mobil maupun motor sobat pasti akan melewati tempat yang satu ini. Tempat ini merupakan area istirahat yang dibangun di kota banjar tepatnya di jalan raya ciamis nomor 144, karangpanimbal, purwaharja, kota banjar. Tempat wisata yang satu ini banyak didatangi oleh anak-anak muda kota banjar, akan tetapi tak sedikit pula pengunjung yang sedang melakukan perjalanan jauh mampir ke tempat ini. Selain menikmati jajanan, di tempat ini juga sobat dapat menikmati suasana sejuk dan teduh karena terdapat banyak pepohonan yang tinggi dan besar.

2. Gunung Mandalare

Berlokasi di desa mandalare, kecamatan pataruman, kabupaten banjar, gunung mandalare menjadi tempat wisata favorit dan cukup dibicarakan oleh masyarakat kota banjar. Bukan hanya pengunjung setempat saja yang berdatangan ke tempat ini, akan tetapi ada juga wisatawan yang berasala dari luar kota untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Selain menyajikan pemandangan indah dari hijaunya pepohonan, tempat ini juga menyajikan keindahan dari batu gunung yang terlihat eksotis dan tempat sempurna untuk berfoto. Selain itu di tempat ini juga terdapat kolam cadas gantung yang indah dan mempesona.

3. Lembah Pajamben

Lembah pajamben menjadi lokasi favorit bagi pecinta fotografi. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Langkaplancar – Lakbok, Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Tempat ini menyediakan lokasi foto yang menarik dan cantk yang dapat membuat memori hp sobat menjadi bengkak. tidak hanya siang hari, pada malam hari pun tempat ini masih sering dikunjungi oleh pengunjung, tujuan pengunjung datang ke tempat ini pada malam hari adalah karena ingin melihat keindahan kota di malam hari yang dihiasi dengan kerlap-kerlip lampu.

4. Curug Cibonte

Curug cibonte merupakan salah satu wisata alam terbaik yang ada di kota banjar. Lokasi curug cibonte sendiri berada di Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. bagi sobat yang penat akan suasana perkotaan dan perkantoran, sobat bisa berkunjung ke tempat ini agar rasa penat tersebut hilang. curug atau air terjun sibonte memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan ketinggian tersebut maka debit airny akan melimpah sehingga terasa segar dan sejuk akan dinginya air curug ini. Sayangnya untuk menuju curug ini aksesnya belum memadai sehingga memerlukan kehati-hatian dan kondisi tubuh yang prima.

5. Taman Cinta

Taman cinta menjadi salah satu tempat favorit untuk melakukan rekreasi bersama keluarga. Berlokasi di kecamatan banjar, kota banjar, tempat ini juga menawarkan suasana yang romantis sehingga cocok untuk mengajak orang terkasih sobat. Tempat ini juga menjadi tempat nongkrongnya anak-anak muda banjar pada malam hari.

6. Situ Mustika

situ mustika terletak di Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, dan menjadi salah satu wisata unggulan di kota banjar. Tempat ini cukup ramai dikunjungi terutama di hari libur karena menyajikan keindahan alam dan danau yang menyatu, akan tetapi di balik keindahanya tersebut ada beberapa orang penting yang cukup berpengaruh seperti masyarakat dan pemerintah setempat. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang menunjang. Salah satu daya tarik akan tempat ini adalah lingkunganya yang masih asri dan terjaga.

7. Kolam Keren Tak Bernama

Salah satu wisata alam terbaik lainnya di kota banjar ialah Kolam Keren Tak Bernama, nama tempatnya yang cukup unik membuat orang tertarik dan penasaran akan tempat ini. Saat berkunjung ke tempat ini sobat akan disuguhi dengan pemandangan alam berupa sebuah kolam yang diisi dengan airnya yang biru dan jernih yang dihiasi dengan bebatuan tebing batu yang kokoh, sehingga akan terlihat menarik dan menawan. Lokasi tempat wisata ini sendiri berada di Desa Mandalare, Kecamatan Pataruman, Kabupaten Banjar.

8. Sungai CItanduy

Sungai Citanduy menjadi tempat terakhir yang wajib sobat singahi saat berada di kota banjar. Terdapat berbagai spot indah dan menarik di sungai ini yang bagus menjadi lokasi spot foto. Meskipun tempat ini jarang dibicarakan akan tetapi tempat ini menjadi tempat tongkrongan pemuda dan anak-anak di sore hari di pinggir sungainya. Tempat ini juga cocok digunakan sebagai tempat rekreasi besama keluarga.

Komentar