10+ Tempat Wisata Baru di Lhokseumawe yang Menawan

10+ Tempat Wisata Baru di Lhokseumawe yang Menawan

Lhokseumawe merupakan sebuah kota besar lainnya yang ada di provinsi aceh selain banda aceh. Kota ini memiliki luas wilayah kurang lebih bagi sekitar 181,1 km² beserta populasi penduduknya yang mencapai angka 203.284 jiwa pada tahun 2018 silam. Kota lhokseumawa dikenal sebagai jalur vital distribusi dan perdagangan di aceh, alasanya adalah karena kota ini berada di antara banda aceh dan medan. Diketahui pada tahun 2021 lalu jumlah penduduk lhokseumawe mengalami penurunan karena berbagai faktor, dari yang tadinya 203.284 jiwa menjadi 190.903 jiwa.

Kota lhokseumawe juga terkenal akan cerita sejarahnya yang panjang. Salah satunya menjadi kerajaan islam pertama di nusantara, kerajaan tersebut adalah kerajaan samudra pasai yang didirikan oleh meurah silu. Kerajaan samudra pasai sendiri memiliki pengaruh besar dalam penyebaran agama islam di nusantara. Salah satu bukti adanya kerajaan ini adalah ditemukanya makam-makam raja Pasai di Kampung Geudong, Aceh Utara.

Kota lhokseumawe terkenal juga akan destinasi wisatanya yang cukup menawan. bahkan beberapa tempat wisata yang ada di kota ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang berlabuh. Banyak sekali tempat wisata yang ada di kota ini, mulai dari wisata bahari, wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner. Sobat dapat memilihnya langsung tergantung minat dan tipe yang sobat sukai. Akan tetapi jika sobat kebingungan mencari tempat wisata di kota lhokseumawe, sobat tidak perlu khawatir. Bisa sobat simak sendiri di bawah ini merupakan deretan tempat wisata baru di kota lhokseumawe yang menawan.

10+ Tempat Wisata Baru di Lhokseumawe yang Menawan


1. Museum Kota Lhokseumawe

Jika pada dasarnay museum merupakan bangunan tinggi dengan gaya bangunan kebarat-baratan, akan tetapi museum ini memiliki ciri khasnya tersendiri yaitu bangunanya berupa rumah adat yang cantik dan ikonik. Di museum ini sobat dapat menemukan berbagai benda-benda peninggalan sejarah seperti kalung, keramik, al-quran zaman dahulu, alat penangkap ikan zaman dahulu, dan masih banyak lagi benda lainnya yang bisa sobat temui. Lokasi museum kota lhokseumawe berada di Jalan Teuku Hamzah Bendanara, Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

2. Pulau Seumadu

Pulau seumadu merupakan salah satu tempat wisata bahari terbaik yang ada di kota lhokseumawe. Pulau seumadu sendiri terletak di jalan keude krueng geukueh, kecamatan dewantara, kabupaten aceh utara. Pulau ini terkenal akan keindahan kautnya, Air lautnya yang jernih dengan warna kehijau-hijauan dipadukan dengan pasir pantainya yang putih bersih, menciptakan panorama alam yang menakjubkan dan dapat membuat pengunjungnya menjadi betah. Temapt ini juga sangat cocok untuk melepas rasa penat, karena menghadirkan suasana tenang dan nyaman.

3. Islamic Center Lhokseumawe

Islamic center lhokseumawe merupakan tempat wisata religi yang ada di kota lhokseumawe. Salah satu daya tarik akan tempat ini adalah gaya bangunanya yang mempunyai konsep timur tengah. Bangunan mesjid ini memiliki kubah-kubah yang indah dan mengagumkan, maka dari itu sangat disayangkan jika sobat melewatkan akan tempat wisata yang satu ini, apalagi jika sobat adalah seorang muslim. Tempat wisata ini berlokasi di Simpang Empat, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

4. Bukit Goa Jepang

Dari namanya saja mungkin sobat sudah tahu, bahkan bukit ini merupakan tempat yang cukup bersejarah di kota lhokseumawe. Bukit goa jepang terletak di Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe. Tinggi bukit ini cukup rendah sehingga sobat tidak perlu khawatir akan menghabiskan banyak waktu. Bukit ini memiliki ketinggian 100 meter diatas permukaan laut. Untuk melihat keindahan yang disuguhkan, sobat harus mendaki terlebih dahulu bukit ini. Di tempat ini juga sobat bisa melihat langsung goa jepang yang berada di bawah bukit.

5. Taman Riyadhah

Taman riyadhah merupakan tempat wisata lainnya yang cukup digemari oleh wisatawan. taman ini terletak di Jalan Merdeka, Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Banyak pengunjung yang berdatangan ke taman ini hanya untuk bersantai dan melepaskan rasa penat. Taman ini menghadirkan suasana sejuk meskipun pada siang hari. Angin sepoi-sepoi yang menerjang tubuh membuat rasa kantuk muncul dan membuat rasa ingin bersandar. Berbagai bungai dan tetumbuhan juga menghiasi taman ini dan membuat taman ini menjadi indah.

6. Waduk Pusong

waduk yang terletak di Simpang Empat, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, ini menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat setempat. Tempat ini selalui ramai dikunjungi oleh para pengunjung, tak sedikit juga wisatawan yang melihat dan merasakan langsung akan keindahan waduk yang satu ini. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada malam hari, karena di waktu itulah tempat ini akan dihiasi oleh lampu-lampu malam yang membuat suasana semakin romantis.

7. Air Terjun Blang Kolam

Air terjun blang kolam disebut juga sebagai keindahan yang tersembunyi karena letaknya yang cukup terpencil sehingga perlu tenaga dan perjuangan untuk dapat menjangkaunya. Akan tetapi keindahan dan panorama alam yang dihadirkan sudah tidak perlu diragukan lagi. Suasana di sekitar tempat ini juga masih asri karena banyak dikelilingi oleh berbagai pepohonan. Lokasi air terjun blang kolam berada di Sidomuliyo, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara. harga tiket untuk memasuki kawasan ini cukup murah yakni Rp. 5.000 setiap orangnya.

8. Waduk Jeulikat

Selain wadul pusong terdapat juga waduk indah lainnya di kota lhokseumawe yang sangat sayang untuk dilewatkan, nama wadul tersebut adalah jeulikat. Waduk jeulikat sendiri terletak di Jeulikat, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe. Meskipun waduk jeulikat merupakan waduk buatan, akan tetapi keindahan yang ditawarkan tempat ini tidak kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya. Di tempat ini sobat dapat mencicipi jajanan khas kota jeulikat dan juga dapat mengelilingi waduk ini dengan mengunakan perahu bebek warna warni.

9. Bukit Paloh Batee

Bukit paloh batee terletak di Desa Paloh Batee, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. tempat ini juga cukup digemari oleh para pengunjung setempat dan wisatawan. hamparan bukit hijau yang ditawarkan sangat mempesona sehingga membuat sobat ingin berfoto-foto saat berada di tempat ini. Tempat ini merupakan tempat alternatif lain selain bukit goa jepang. Agar dapat menikmati keindahan tempat ini secara lebih maka sobat perlu mendaki bukit yang satu ini, karena pemandnagan alam yang dilihat di atas puncak akan terasa berbeda.

10. Pantai Ujong Blang

Pantai ujong blang merupakan salah satu tempat wisata terbaik dan pantai terbaik yang ada di kota lhokseumawe. Seperti yang kita ketahui, pantai merupakan tempat yang cocok untuk melihat momen sunset selain gunung, maka untuk melihat sunset di kota lhokseumawe maka sobat perlu datang ke pantai ini. Selain menjadi tempat wisata terbaik, pantai ini juga menjadi tempat wisata favorit di kalangan para wisatawan. Pantai ujong blang berlokasi di ujong blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

11. Pantai Ulee Jalan

SSelain pantai ujong blang terdapat juga pantai indah lainnya yang menyuguhkan pemandangan alam memukau, nama pantai tersebut ialah pantai ulee jalan. Tak lengkap rasanya liburan sobat jika melewatkan tempat yang satu ini. Salah satu daya tarik akan pantai ini adalah pasir pantainya yang memiliki warna hitam kecoklatan. Banyak sekali spot foto di tempat ini yang dapat membuat galeri sobat menjadi penuh. Lokasi pantai ulee jalan berada di kecamatn banda sakti, kota lhokseumawe.

Komentar