Simak Tempat Wisata Baru di kota Bengkulu yang Wajib dikunjungi

Simak Tempat Wisata Baru di kota Bengkulu yang Wajib dikunjungi

Bengkulu merupakan sebuah kota sekaligus ibukota dari provinsi bengkulu itu sendiri. Kota ini merupakan salah satu kota terbesar yang ada di pulau sumatra. Kota bengkulu sendiri menjadi bukti sejarah akan kerajaan-kerajaan islam di nusantara. Kota bengkulu memiliki luas wilayah sekitar 151,7 km². Pada tahun 2020 lalu jumlah populasi di kota ini mencapai 371.828 jiwa yang dimana jumlah laki-laki sedikit lebih besar dibandingkan dengan jumlah perempuan. Kota ini terbagi menjadi 9 kecamatan dan 67 kelurahan.

Banyak hal menarik yang dapat sobat temukan di kota yang satu ini. Salah satunya adalah bunga rafflesia arnoldi yang merupakan ikonik dari kota, sekaligus provinsi bengkulu sendiri. Bunga rafflesia sendiri memiliki ukuran berkisar antara 70 hingga 110 sentimeter, bunga ini juga cukup dikagumi oleh orang-orang karena merupakan salah satu bunga yang cukup langka. Bunga rafflesia arnoldi sendiri ditemuka oleh dua orang pria asal inggris yang bernama Dr. Joseph Arnold dan Sir Thomas Stamford Raffles, mereka menemukan bunga ini di hutan trofis sumatra. Karena bunga inilah, nama kota bengkulu sendiri cukup dikenal oleh dunia.

Sebagai salah satu kota terbesar di indonesia dan juga di sumatra, kota bengkulu juga memiliki destinasi wisata yang menarik dan juga cukup dikenal.di kalangan wisatawan. Baik wisata baru maupun wisata lama, semuanya memiliki ketertarikanya masing-masing. Kota ini juga terdapat wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan. Berlibur dan menghabiskan waktu di kota ini tidak akan membuat siapapun menyesal. Bagi sobat yang tertarik atapun berminat berlibur ke kota bengkulu, dibawah ini merupakan rekomendasi beberapa tempat wisata baru yang ada di kota bengkulu yang wajib untuk dikunjungi.

Simak Tempat Wisata Baru di kota Bengkulu yang Wajib dikunjungi


1. Pulau Tikus

Pulau tikus menjadi tempat yang wajib sobat kunjungi ketika berada di bengkulu. Luas pulau ini sendiri tidak begitu besar hanya memiliki luas sekitar 2 hektar. tempat ini disebut-sebut sebagai salah satu wisata terbaik yang ada di kota bengkulu. Sobat akan disuguhkan oleh keindahan alam yang tiada banding, biota laut di pulau ini juga patut sobat saksikan agar tidak menyesal. Banyak hal yang bisa sobat lakukan saat berada di pantai ini diantaranya berenang, dan bermain air di pinggir pantai. Pulau tikus sendiri terletak di Pulau Tikus, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu.

2. Benteng Marlborough
Simak Tempat Wisata Baru di kota Bengkulu yang Wajib dikunjungi

Benteng yang satu ini menjadi saksi sejarah akan kependudukan bangsa asing di indonesia. Letak benteng ini berada di Jalan Benteng, Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu. Struktur bangunanya yang megah dan kebarat-baratan menjadikan salah satu daya tarik akan tempat yang satu ini. Benteng marlborough juga disebut-sebut sebagai benteng kedua terkuat di wilayah timur Kawasan Asia. Bahkan sampai saat ini pun benteng ini masih tetap kokoh berdiri. Banyak anak muda yang berkunjung ke tempat ini untuk berfoto karena memiliki spot foto yang bagus dan instagramable.

3. Teluk Sepang

Berlokasi di Teluk Sepang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu, teluk ini menjadi tempat yang paling cocok untuk melakukan aktifitas surfing. Banyak perselancar berdatangan ke tempat ini karena memiliki ombak yang pas untuk melalukan aktifitas berselancar. Bagi sobat yang tidak bisa berselancar, maka sobat dapat melakukan aktifitas lainnya seperti memancing dan bersantai. Teluk ini memiliki air yang sangat jernih, sehingga sobat bisa melihat langsung tanpa harus menyelam. Perlu sobat ketahui, teluk sepang termasuk dalam kawasan konservasi taman wisata alam.

4. Pantai Panjang

Keindahan dan kemewahan pantai yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Tempat ini juga menjadi destinasi wisata favorit baik bagi masyarakat setempat maupun wisatawan. Tempat wisata yang satu ini tidak pernah sepi akan pengunjung, selalu ada saja pengunjung yang datang berkunjung ke pantai yang satu ini. Pantai panjang bengkulu sendiri berlokasi di Jalan Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu. Fasilitas yang tersedia di tempat ini juga sudah cukup lengkap, mulai dari tempat makan hingga hotel sudah ada di pantai ini.

5. Bukit Kaba

Tempat ini layak untuk sobat jajal karena menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah dan menakjubkan. Lokasi bukit kaba sendiri berada di Jalan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu. Bukit ini juga masih termasuk dalam kawasan Taman Wisata Alam dan Konservasi Bunga Rafflesia Arnoldi. Untuk dapat menikmati keindahannya yang memukau, sobat harus melihatnya dari atas puncak. Jika sobat berniat dan tertarik, sobat juga bisa menikmati keindahan matahari terbit maupun tenggelam dari atas puncak bukit ini. Akses untuk menuju puncak bukit ini pun cukup mudah sehingga cocok untuk pemula.

6. Museum Rumah Bung Karno

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta RT. 05 RW. 02 No 02, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu ini menyimpan banyak cerita sejarah di dalamnya. Tempat ini menjadi tempat pengasingan presiden soekarno selama masa kolonialisme. Kini tempat ini menjadi wisata sejarah yang cukup diminati oleh berbagai kalangan. Rumah ini juga menyimpan banyak kenangan dan juga benda-benda bersejarah seperti ranjang bekas, buku-buku, dan surat cinta soekarno untuk fatmawati yang tersimpan di ruang tamu.

7. Rumah fatmawati

Fatmawati merupakan orang yang cukup berjasa untuk indonesia, beliau juga merupakan seorang istri dari presiden pertama indonesia yakni soekarno. Fatmawati dikenal sebagai orang yang menjahit bendera merah putih. Sobat sendiri bisa mengunjungi kediamannya langsung yang berada di Jalan Fatmawati, Penurunan, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu. Di rumah ini sobat akan mendapati banyak benda-benda bersejarah peninggalan dari ibu fatmawati, selain itu sobat juga akan mendapati foto-foto fatmawati bersama dengan soekarno. Terdapat juga mesin jahit yang dulunya digunakan menjahit bendera merah putih.

Komentar