Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Instagramable dan Murah 2022

Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Instagramable dan Murah 2022

Seperti yang kita ketahui, jakarta merupakan salah satu kota terbesar dan ibukota dari indonesia. Saking besarnya kota ini terbagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan kota administrasi. Di antaranya jakarta barat, jakarta selatan, jakarta timur, jakarta utara, dan jakarta pusat. Jakarta pusat sendiri merupakan kota adminsitrasi paling kecil diantara kota administrasi lainnya. Luas wilayah kota ini yakni sebesar 52,38 km², akan tetapi populsi penduduk di kota ini lumayan cukup besar, menurut data sensus pada tahun 2021, jumlah penduduk jakarta pusat menyentuh angka 1 juta jiwa lebih.

Meskipun merupakan kota adminsitrasi, akan tetapi jakarta pusat bukanlah daerah otonom maka dari itu kota ini tidak memiliki DPRD tersendiri. Wali kota jakarta pusat sendiri dipilih dan diangkat langsung oleh gubernur provinsi DKI jakarta atas usulan dan pertimbangan dari DPRD. letak jakarta pusat sendiri berada di tengah-tengah diantara kota-kota adminsitasi lainnya.

Jakarta pusat sendiri merupakan kota yang namanya cukup dikenal oleh orang-orang. Kota ini juga menjadi pusat bisnis dan industri. Banyak bisnis-bisnis besar berada di kota ini. Maka tidak heran kalau kota ini menjadi tujuan utama untuk merantau dan mencari pekerjaan. Akan tetapi sianpa sangka, jakarta pusat juga memiliki beberapa tempat wisata yang menawan dan menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat setempat.

Bagi sobat yang tinggal di jakarta dan ingin berwisata, maka tidak perlu keluar kota dan banyak mengeluarkan uang. DI jakarta pun terdapat tempat-tempat wisata yang tidak kalah menarik. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di jakarta pusat yang instagramable dan murah di tahun 2022 yang cocok untuk destinasi wisata liburan.

Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Instagramable dan Murah 2022


1. Monumen Nasional (MONAS)
Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Instagramable dan Murah 2022

Monumen nasional atau yang biasa kita kenal dengan sebutan monas merupakan tugu yang menjulang tinggi dan menjadi ciri khas dari negara indonesia. Bangunan ini juga cukup bersejarah di masa lalu. Berkunjung ke jakarta tanpa mengunjungi monas ibaratkan kopi tanpa gula, terasa ada yang kurang. Halaman di sekitar tempat ini juga cukup luas, sehingga banyak orang-orang menongkrong sembari berfoto-foto. Sobat juga bisa masuk kedalam monas dan menikmati keindahan di dalamnya. Akses menuju tempat ini juga cukup mudah, sobat dapat menaiki transfortasi langsung. Lokasi monas berada di Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

2. Masjid Istiqlal
Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Instagramable dan Murah 2022

Selain monas yang menjadi ikon kota indonesia, terdapat juga masjid megah dan besar yang namanya cukup dikenal dan menjadi ikon dari kota jakarta, nama masjid itu yaitu masjid istiqlal. Masjid ini berlokasi di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Tempat ini juga sering menjadi tempat persingahan untuk orang-orang yang telah melakukan ibadah haji. Masjid istiqlal juga masuk dalam jajaran masjid terbesar dan termegah di asia tenggara dan mampu menampung banyak jamaah. Kemegahan dan keindahan masjid ini akan lebih terasa jika sobat langsung datang ke tempatnya.

3. Gereja Katedral

Gereja katedral merupakan bangunan yang cukup bersejarah. Tempat ini di bangun pada masa kependudukan belanda di indonesia. Pada walnya tempat ini merupakan tempat pemerintahan, akan tetapi pemerintah indonesia menjadikan bangunan ini menjadi gereja. Letak gereja katedral berada di Jalan Katedral No.7B, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Salah satu daya tarik dari gereja ini yang membedakan dengan gereja-gereja lainnya adalah terletak pada gaya bangunanya yang klasik dengan perpaduan modern.

4. Taman Ismail Marzuki

Sebagai orang indonesia, nama ismail marzuki sudah tidak asing lagi. Beliau merupakan salah satu seniman terbaik yang ada di indonesia. Pada awal didirikanya, taman ini memiliki tujuan sebagai tempat hiburan rakyat dan pertunjukan. Akan tetapi sekarang taman ini juga menyediakan wahana seni, kebudayaan, dan pendidikan. Taman ini juga sangat tertata dengan rapi dan bersih, sehingga bakal membuat siapapun nyaman saat berada di tempat ini. Taman ismail marzuki sendiri berlokasi di Jalan Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat. Sobat tidak akan pernah rugi ketika berkunjung ke tempat ini, karena selain berwisata sobat juga akan mendapatkan pengetahuan.

5. Pecenongan

Layaknya malioboro yang ada di yogjakarta, di jakarta juga terdapat tempat yang cukup mirip dengan malioboro. Tempat ini menjadi tujuan utama bagi para wisatawan kuliner. Pacenongan sendiri sudah ada sejak tahun 1970, maka tidak heran jika banyak orang yang sudah mengetahuinya. Di tempat ini sobat akan menjumpai segala macam jajanan, baik dari pedagang kaki lima maupun restoran. Waktu yang tepat berkunjung ke tempat ini adalah pada sore hari, karena waktu tersebut lampu-lampu sudah banyak dinyalakan sehingga menambah akan keindahan tempat ini. Bagi sobat yang tertarik untuk mencicipi makanan yang di jual di tempat ini sobat bisa berkunjung ke Jalan Pecenongan, Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

6. Museum Sumpah Pemuda

Museum ini menyimpan sejarah akan sumpah pemuda yang terjadi di indonesia. Di dalamnya terdapat banyak sekali barang yang berkaitan dengan sejarah sumpah pemuda. Sumpah pemuda sendiri merupakan salah satu bagian sejarah dari negera indonesia yang tidak boleh dilupakan, karena di dalamnya terkandung makna yang begitu besar. Bagi sobat yang tertarik dan penasaran akan sejarah di indonesia maka sobat bisa mengunjungi tempat yang satu ini yang berlokasi di Jalan Kramat Raya No.106, RT.2/RW.9, Kwitang, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat.

7. Perpustakaan Nasional

Bagi sobat yang senang dan memiliki hobi membaca buku, maka sobat bisa mengunjungi perpustakaan besar yang satu ini yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11, RW.2, Gambir, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat. Di tempat ini sobat akan merasakan pengalaman berwisata sembari belajar. Banyak sekali buku-buku yang bisa sobat jumpai di tempat ini, sobat juga bisa meminjam buku-buku yang ada di perpustakaan ini ketika sobat berhasil menjadi member.

Komentar