8 Rekomendasi Tempat Wisata Baru dan Populer di Pangkal Pinang

8 Rekomendasi Tempat Wisata Baru dan Populer di Pangkal pinang

Pangkal pinang merupakan sebuah kota yang terletak di pulau bangka kepulauan bangka belitung. pangkal pinang juga merupakan ibukota sekaligus pusat pemerintahan dari provinsi kepulauan bangka belitung. Luas wilayah kota pangkal pinang yakni sekitar 89,4 km². Menurut sensus yang dilakukan pada tahun 2020, jumlah penduduk kota pangkal pinang yakni sekitar 218.569 jiwa. Kota pangkal pinang terbagi menjadi 7 kecamatan serta memiliki 42 kelurahan, selain itu kota ini juga merupakan salah satu kota terbesar pusat perdagangan dan industri di kepulauan bangka belitung.

Perlu sobat ketahui, pangkal pinang pernah menjadi ibukota negara indonesia. Hal ini terjadi pada masa presiden soekarno. Akan tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama, hanya memakan waktu satu tahun saja, sekitar 22 september 1948 sampai juli 1949. Kota pangkal pinang di sebut juga sebagai kota beribu senyuman, sebutan tersebut merupakan misi pemimpin daerah setempat. kata seribu senyuman sendiri merujuk pada "sejahtera, nyaman, unggul, dan makmur". Hal tersebut merupakan tujuan dan misi utama pemimpin daerah untuk menjadikan masyarakat pangkal pinang sejahtera dan makmur.

Selain terkenal akan sejarahnya yang panjang. pangkal pinang juga memiliki sejumlah destinasi wisata dengan daya tariknya tersendiri. Meskipun luas wilayahnya tidak terlalu besar, akan tetapi banyak sekali keindahan yang tersimpan di dalamnya. Tercatat ada sekitar ratusan bahkan ribuan tempat wisata yang siap untuk dikunjungi, baik wisata lama maupun wisata baru. Berikut ini rekomendasi tempat wisata baru dan populer di kota pangkal pinang.

8 Rekomendasi Tempat Wisata Baru dan Populer di Pangkal Pinang


1. Pantai Pasir Padi

Pantai pasir padi menjadi tempat pertama yang sangat direkomendasikan. Pantai ini terletak di Jalan Raya Pasir Padi, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Pantai ini memiliki ciri khasnya tersendiri yakni struktur pantainya yang landai dan kostur pasirnya yang padat, sehingga akan terasa nyaman saat berjalan kaki tanpa alas. Pantai ini menghadirkan panorama yang tidak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya yang ada di kepulauan bangka belitung. Suasana yang dihadrikan juga sangat cocok sebagai tempat untuk melepas rasa penat.

2. Pulau Ketawai

Pulau ketawai merupakan tempat rekomendasi kedua yang wajib sobat kunjungi saat berada di kota pangkal pinang. Pulau ini berlokasi di Kurau, Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Kondisi alam di sekitar pulau ini juga masih sangat asri dan terjaga. Segudang keindahan alam dapat sobat temui di pulau yang satu ini. Salah satu aktifitas yang dapat sobat lakukan saat berada di pulau ini adalah bermain bola dan bersantai di tepi pantai sembari meneguk air kelapa muda.

3. Pantai Pukan

Selain pantai pasir padi, terdapat juga pantai indah dan populer lainnya di pangkal pinang, pantai tersebut adalah pantai pukan. Pantai pukan terletak di jalan Lintas Timur, Selindung, Kecamatan Gabek, Kota Pangkalpinang, Pantai ini cukup ramai didatangi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pantai pukan dikatakan juga hampir mirip dengan pantai kuta yang ada di bali karena berhadapan langsung dengan selat karimata. Sobat bisa menikmati deburan ombak dan angin lembut di sembari bersantai dan memakan cemilan.

4. Batu Belimbing

Batu belimbing merupakan destinasi wisata yang dapat sobat nikmati bersama keluarga. Tempat ini berlokasi di Jalan Batu Belimbing, Tj. Ketapang, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. tempat ini juga cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Saat sampai di tempat wisata ini sobat akan disuguhkan oleh keindahan alam yang memanjakan mata berupa tumbuhan hijau berpadu dengan pesona khas wisata pesisir.

5. Bangka Botanical Garden

Pada awalnya botanical garden merupakan kawasan pertambangan timah yang ada di pulau bangka. Karena itulah beberapa lahan sulit untuk ditumbuhi tanaman. Akan tetapi pada tahun 2006 silam, kawasan ini menjadi lokasi argowisata yang subur dan teduh. Suguhan alam yang dihadirkan tempat ini dapat membuat siapapun merasa nyaman dan betah saat berada di tempat ini. Tempat wisata ini juga menjadi tempat wisata paling hits dan banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Bangka botanical garden berlokasi di jalan Raya Pasir Padi – Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Air Itam, Bukit Intan, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkalpinang.

6. Museum Timah Indonesia

Museum yang terletak di Batin Tikal, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang, merupakan satu-satunya museum timah yang ada di asia bahkan di dunia. Museum ini didirikan pada tahun 1958 dan mengenalkan sejarah pertimahan di pulau bangka belitung. Di tempat ini juga sobat dapat membandingkan perkembangan teknologi dari zaman dahulu hingga sekarang.

7. Alun-Alun Taman Merdeka

Alun-alun taman merdeka menjadi tempat tongrongan anak-anak muda dan remaja di pangkal pinang. Lokasi alun-alun ini berada di Batin Tikal, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang. Karena letaknya yang berada di pusat kota pangkal pinang, maka tempat ini sering kali mendapat banyak pengunjung. Di tempat ini juga memiliki beberapa fasilitas penunjang, seperti lapangan tenis, internet hos spot, dan taman sari. Terdapat juga warung-warung yang menjual berbagai cemilan di tempat ini.

8. Rumah Seribu Jendela

Salah satu alasan mengapa rumah ini menjadi tempat wisata yang cukup difavoritkan para wisatawan adalah karena memiliki gaya arsitektur yang unik dan menarik. Rumah ini dipenuhi oleh banyak jendela bekas dengan warna yang berbeda-beda. Jendela-jendela tersebut bukan berupa hiasan dan pajangan saja, akan tetapi memiliki fungsi yang serupa seperti jendela pada biasanya. Rumah ini juga dipenuhi oleh benda-benda bernilai seni. Lokasi rumah seribu jendela berada di Jalan H. Romawi Latief, Kacang Pedang, Gerunggang, Kota Pangkalpinang.

Komentar