8 Objek Wisata Terbaik dan Terkenal di Papua Barat

8 Objek Wisata Terbaik dan Terkenal di Papua Barat

Pada awalnya provinsi papua barat atau pabar merupakan bagian dari provinsi papua, akan tetapi provinsi ini dimekarkan melalui Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999. Provinsi papua barat terletak di ujung barat pulau papua. Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 102.946 km². Wilayah papua barat ini meliputi Bomberai, Semenanjung Domberai, Wandamen, dan Kepulauan Raja Ampat. Papua barat terbagi menjadi 12 kabupaten dan 1 kota. Ibukota dari provinsi ini berada di manokwari sementara kota terbesarnya berada di kota sorong. Meskipun memiliki luas yang cukup luas, akan tetapi angka penduduk di provinsi ini masih terbilang rendah.

Provinsi papua barat juga terkenal sebagai daerah yang kaya akan hasil alamnya, beberapa penduduk memfokuskan diri mereka dalam beberapa sektor, seperti sektor pertanian, perikanan, perhutanan, dan pertambangan. Semua sektor tersebut mempunyai potensi alam yang melimpah dan cukup menjanjikan.

Papua barat juga memiliki beberapa kawasan wisata yang cukup terkenal bahkan bisa di sebut juga sebagai salah satu tempat wisata terbaik yang ada di indonesia. Salah satu sektor wisata yang terkenal dan ramai dibicarakan di provinsi ini adalah wisata alam, wisata bahari, dan wisata budaya. Ketiga sektor wisata tersebut merupakan sektor yang menjanjikan, karena di papua barat sendiri terdapat banyak kebudayaanya yang cukup terkenal dan memiliki banyak pulau.

Bagi sobat yang tertarik untuk berkunjung ke papua barat untuk berlibur, mungkin sobat harus mengunjungi beberapa tempat wisata terbaik dan terkenal di provinsi tersebut agar mempunyai pengalaman dan juga momen baru. berikut ini merupakan objek wisata terbaik dan terkenal yang ada di papua barat.

8 Objek Wisata Terbaik dan Terkenal di Papua Barat


1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk cendrawasih merupakan kawasan konservasi yang di jaga oleh pemerintah. Luas taman nasional ini yakni sekitar 1.453.500 hektar. Sama halnya raja ampat, tempat ini juga terkenal akan kekayaan biota lautnya yang mengagumkan. Untuk melihat keindahan yang mengagumkan tersebut sobat bisa melakukan penyelaman, selama melakukan penyelaman sobat akan melihat berbagai macam jenis ikan, berbagai macam jenis moluska, penyu, kura-kura, hiu, dan lumba-lumba yang menemani sobat selama melakukan penyelaman. Lokasi Taman Nasional Teluk Cendrawasih berada di Sobei Indah, Distrik Duairi, Kabupaten Teluk Wondama.

2. Raja Ampat
8 Objek Wisata Terbaik dan Terkenal di Papua Barat

Raja ampat menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh lewatkan saat berada di provinsi papua. Kepopuleran raja ampat sendiri sudah terkenal hingga ke mancanegara, sehingga banyak wisatawan asing yang berdatangan ke tempat ini untuk merasakan keindahanya secara langsung. Tak hanya terkenal akan keindahanya, raja ampat juga memiliki kekayaan biota laut yang indah dan tidak dapat dihitung.

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan 75% biota laut dunia berada di tempat ini. Memang untuk menikmati wisata di tempat ini terbilang lumayan mahal, sobat harus menyiapkan uang sekitar Rp. 500.000 untuk harga tiket masuknya, akan tetapi harga mahal tersebut seimbang dengan pengalaman yang sobat dapatkan di tempat ini. Bagi sobat yang berminat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini sobat bisa datang ke kabupaten raja ampat.

3. Danau Uter

Danau uter merupakan salah satu danau terindah dan tempat wisata terbaik yang ada di papua barat. Danau ini juga menjadi tempat wisata favorit bagi para wisatawan maupun masyarakat setempat. Letak danau uter sendiri berada di Korom, Distrik Aitinyo, Kabupaten Maybrat. Danau ini terkenal akan airnya yang sangat jernih, bahkan saking jernihnya air di danau ini sobat bisa bercermin di permukaan air danau ini. Danau uter juga dikelilingi oleh pepohonan sehingga menambah keindahan dan keasrian tempat ini. Sayangnya tempat yang satu ini masih belum dikelola dengan baik sehingg fasilitas di tempat ini juga masih kurang.

4. Desa Wisata Sauwandarek

Desa Sauwandarek masih merupakan wilayah raja ampat. Desa ini menyajikan pemandangan yang dapat memukau mata pengunjungnya. Desa sauwandarek terletak di Sauandarek, Distrik Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat. Saat berada di tempat ini selain berwisata sobat juga dapat bertemu dengan suku asli yang tinggal di dekat pedesaan. Sobat bisa menyaksikan kegiatan sehari-hari yang mereka lakukan. Terdapat juga sebuah telaga yang berada dekat dengan desa ini, telaga tersebut bisa sobat gunakan untuk berenang maupun bersanati di pingirnya. Desa sauwandarek sendiri merupakan sebuah perumahan tradisional yang dibuat dari kayu dan jerami.

5. Pulau Rumberpon

Pulau rumberpon menjadi destinasi wisata yang sangat sayang jika sobat letatkan. Letak pulau ini berada di Rumberpon, Kabupaten Teluk Wondama. Pantai ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indah, selain itu tempat ini juga masih terjaga keasrianya. Banyak hal yang bisa sobat lakukan saat berada di pantai ini, diantaranya yaitu berenang, snorkeling, menyelam, dan memancing. Di pulau ini juga terdapat hutan mangrove yang bisa sobat kunjungi dan nikmati keindahanya, di hutan ini sobat dapat melihat dan menyaksikan secara langsung burung-burung rusa. Burung rusa ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke pulau ini.

6. Pulau Mansinam

Seain menjadi tempat wisata, pulau ini juga menjadi tempat wisata religi. Pulau ini merupakan tempat penyebaran agama kristen protestan di papua. Pulau mansinam sendiri terletak di Mansinam, Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari. Di pulau mansinam sendiri terdapat pantai indah yang menjadi salah satu alasan wisatawan berwisata ke tempat ini. Di pulau ini terdapat juga patung yesus kristus yang tinggi seperti raksasa. Pulau ini sering kali menjadi tempat perayaan acara-acara besar agama kristen protestan di papua.

7. Gunung Botak

Gunung botak meruapakan salah satu kawasan dataran tinggi terbaik di papua barat yang menyajikan panorama alam indah. Salah satu alasan mengapa gunung ini disebut gunung botak adalah karena tidak terdapatnya pepohonan tinggi di sekitar pegunungan. Lautan biru yang mengelilingi tempat ini disertai dengan hamparan rumput hijau dapat membuat sobat terpesona dan betah saat berada di bukit yang satu ini. Banyak sekali spot-spot foto indah di tempat ini yang bisa sobat dapatkan. Gunung Botak sendiri terletak di jalan Manokwari-Bintuni, Distrik Yekwandi, Kabupaten Manokwari Selatan.

8. Pantai Tanjung Kasuari

Pantai tanjung kasuari terletak di Tanjung Kasuari, Distrik Sorong Barat, Kota Sorong. Pantai ini terkenal dengan keindahannya yang sangat memukau, suasana tenang di pantai ini juga bisa menjadi alasan sobat untuk berkunjung ke tempat yang satu ini. Hamparan pasir putihnya yang luas memungkinkan sobat untuk melakukan permainan pasir. Tempat ini juga merupakan tempat wisata ideal dan cocok sebagai tempat liburan bersama keluarga. Ombak di pantai tanjung kasuari juga cukup tenang dan tidak besar sehingga cocok untuk melakukan aktifitas menyelam. Harga tiket untuk memasuki kawasan wisata ini cukup murah, sobat hnaya perlu mengeluarkan uang senilai Rp 10.000 saja.

Komentar