Simak Destinasi Wisata Terbaik dan Paling Hits di Maluku

Simak Destinasi Wisata Terbaik dan Paling Hits di Maluku

Maluku merupakan sebuah provinsi di indonesia yang meliputi bagian selatan kepulauan maluku. Provinsi ini juga berbatasan dengan 3 lautan yang berbeda, di utara berbatasan dengan laut seram, di selatan berbatasan dengan samudra hindia, dan laut arufa. Provinsi maluku memiliki luas daratan sekitar 62.946 km² dengan jumlah penduduk mencapai angka 1 juta jiwa lebih. Provinsi ini terbagi menjadi 9 kabupaten dan 2 kota, kota ambon merupakan kota terbesar di provinsi ini sekaligus menjadi ibukota dan pusat pemerintahan dari provinsi maluku.

Berbicara soal kekayaan alam, maluku menjadi salah satu provinsi yang mempunyai kekayaan alam yang melimpah, baik hasil bumi maupun hasil tani. Maka dari itu maluku terkenal dengan julukan Kepulauan Rempah, hal tersebut dikarenakan provinsi ini pernah menjadi daerah perdagangan rempah dunia, dimana cengkih dan pala menjadi barang dagangan utama pada saat itu. Rakyat maluku berdagang dengan pedagang dari nusantara maupun mancanegara. Beberapa pedagang mancanegara yang datang ke maluku diantaranya ialah pedagang tionghoa, arab, dan eropa. Karena kekayaan alamnya yang melimpah inilah banyak negara-negara asing berdatangan ke indonesia untuk menguasasi rempah-rempahnya.

Maluku juga terkenal akan destinasi wisatanya yang menyajikan pesona alam dan keindahan alam akan provinsi ini. Ada sekitar ratusan destinasi wisata yang bisa sobat kunjungi saat berada di maluku. Banyak sekali wisata yang dihadirkan provinsi ini, seperti wisata bahari, wisata alam, wisata kuliner, dan wisata budaya. Sobat bisa memilih tergantung minat dan kesukaan sobat.

Di maluku juga terdapat beberapa destinasi wisata terbaik dan menjadi salah satu wisata paling hits di kalangan para wisatawan. Jika sobat akan pergi ke maluku atau sedang berada di maluku, tidak salahnya jika sobat mengunjungi beberapa tempat wisata di sana. Selain untuk menghilangkan rasa bosan dapat juga menghilangkan rasa penat sekaligus menjadi ajang refresing. Bisa sobat simak di bawah ini beberapa destinasi wisata terbaik di maluku yang paling hits.

Simak Destinasi Wisata Terbaik dan Paling Hits di Maluku


1. Pulau Hatta

Pulau Hatta merupakan salah satu destinasi wisata wisata paling populer di provinsi maluku. Pulau hatta sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di kabupaten maluku tengah. Panorama dan keindahan alam tempat ini dapat membuat orang terpesona dan juga terpukau, baik pantainya, air lautnya, pepohonanya, dan pasir putihnya, semua bersatu melengkapi dan menciptakan keindahan alam yang tiada duanya. Banyak pengunjung yang berdatangan untuk menikmati keindahan pulau yang satu ini, baik masyarakat setempat maupun wisatawan asing.

Salah satu aktifitas yang biasa pengunjung lakukan saat berada di pulau ini adalah snorkeling. Selain itu sobat juga bisa bermain air di sekitar pantai ataupun berjalan-jalan menelusuri pantai. Sangat disayangkan apabila sobat melewatkan tempat wisata yang satu ini saat berada di provinsi. Sobat bisa mengajak sahabat maupun keluarga agar liburan sobat di tempat ini lebih berkesan.

2. Pulau Kasa

Selain pulau hatta terdapat juga pulau lainnya yang tidak kalah indah di provinsi maluku, nama pulau tersebut adalah pulau kasa. Pulau kasa merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni yang terletak di kabupaten seram bagian barat. Luas pulau kasa sendiri tidak terlalu besar yakni hanya 900 hektar saja. Meskipun pulau ini terbilang kecil, akan tetapi keindahan dan pemandangan alam di pulau ini sangat eksotis, sehingga dapat membuat pengunjung menjadi betah dan ingin berlama-lama ketika berada di pulau ini.

Di pulau ini sobat juga dapat menemukan beberapa macam jenis flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Beberapa macam flora yang dapat sobat temui saat berada di pulau ini adalah anggrek bulan ambon, waru laut, bintanggor, pandan laut, dan beringin pantai, selain itu sobat juga akan menemukan beberapa macam jenis fauna seperti burung camar, burung pantai, dan burung gosong. Akses untuk mencapai tempat yang satu ini cukup mudah, bisa dari dusun ketapang, desa kaibobo, dan kota piru.

3. Gunung Banaiya

Gunung Banaiya merupakan gunung tertinggi yang ada di provinsi maluku. Ketinggian gunung banaiya yakni sekitar 3055 meter diatas permukaan laut. Gunung ini juga termasuk dalam 7 Summits of Indonesia, sehingga namanya sendiri sudah tidak asing lagi dikalangan para pendaki. Jika sobat memiliki hobi mendaki maka sobat bisa mencoba untuk mendaki gunung yang satu ini. Letak gunung banaiya berada di Kanikeh, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah. Akan tetapi perlu sobat perhatikan, karena letak gunung ini berada di pedalaman maka tidak terdapat fasilitas di tempat ini.

Selama melakukan pendakian ke gunung ini sobat akan dihadirkan dengan pemandangan alam yang menarik selama perjalanan. Suara-suara alam menyambut dan akan mengiringi kita selama perjalanan menuju puncak. Jika sobat beruntung, sobat dapat melihat keindahan matahari saat terbit ataupun terbenam ketika di puncak, selain itu sobat juga akan diperlihatkan lautan awas yang membentang luas tepat di depan mata. Untuk bisa menikmati keindahan gunung ini, sobat hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp. 25.000 saja.

4. Pantai Ora

Pantai ora menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang sangat sayang jika sobat lewatkan. Pantai ini menyajikan keindahan alam yang tiada duanya. Pantai ora dikenal juga sebagai maldivesnya indonesia, pantai ini terletak di pulau seram tepatnya di Jalan Kabupaten, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah. Pantai ora juga sering kali di kunjungi oleh para pengantin baru karena menghadirkan suasana yang romantis, air lautnya yang jernih serta pasir putihnya yang bersih menjadi daya tarik tersendiri akan pantai yang satu ini. Banyak aktifitas yang dapat sobat lakukan saat berada di pantai ini, salah satunya adalah diving dan snorkeling.

5. Pemandian Air Panas Hatuasa

Setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh tentunya badan akan mengalami kelelahan dan juga pegal-pegal, hal tersebut karena memakan banyak tenaga dan juga konsentrasi yang tinggi. Untuk menghilangkan rasa lelah tersebut sobat bisa berkunjung ke pemandian air panas hatuasa yang terletak di Salahutu, Tulehu, Kecamatan Lariel, Kabupaten Maluku Tengah. Keasrian dan kealamian pemandian air panas ini masih sangat terjaga karena rimbunya pepohonan. Untuk bisa menikmati pemandian ini sobat hanya perlu mengeluarkan uang senilai Rp. 5.000.

6. Danau Tebing Makariki

Danau Tebing Makariki mempunyai daya tarik yang berbeda jika dibandingkan dengan danau-danau lainnya yang ada di indonesia. Tebing yang tinggi, birunya air danau, dinginya sungai, dan letaknya yang berada di tengah hutan merupakan daya tarik tersendiri akan danau yang satu ini. Danau tebing makariki terletak di Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah. Danau ini disebut juga sebagai surga yang tersembunyi karena letknya yang tersembunyi dan akses menuju tempatnya pun terbilang cukup sulit sehingga memerlukan banyak waktu dan juga tenaga. Usaha yang sobat lakukan untuk mencapay tempat yang satu ini akan terbayarkan dengan lunas oleh keindahan alamnya.

Komentar