Destinasi Wisata Paling Populer di Sulawesi Tengah

Destinasi Wisata Paling Populer di Sulawesi Tengah

Provinsi sulawesi tengah menjadi provinsi terluas di pulau sulawesi. Luas provinsi ini yakni 61.841 km² atau 3 persen dari luas wilayah indonesia. Sesuai namanya yang berarti tengah, maka letak provinsi ini berada di tengah pulau sulawesi. Sulteng terbagi menjadi 12 kabupaten dan 1 kota, satu-satunya kota yang terdapat di provinsi ini adalah kota palu. Kota palu sendiri merupakan ibukota sekaligus pusat pemerintahan dari provinsi ini. Meskipun provinsi ini memiliki luas yang lebih besar dibanding dengan provinsi lainnya yang ada di pulau sulawesi, akan tetapi jumlah penduduk di provinsi ini masih kalah dari provinsi sulawesi selatan.

Sebagai provinsi terluas di pulau sulawesi, tentunya sulteng juga ditinggali oleh beragam suku yang ada di indonesia. Menurut sensus yang dilakukan pada tahun 2010 tercatat 62% penduduk sulteng merupakan suku asli setempat, suku bugis menjadi suku terbesar kedua yang menempati provinsi sulawesi tengah dengan persentase mencapai 15%, sementara suku jawa, bali dan gorontalo menempati urutan 3 sampai 5 sebagai suku terbesar yang menempati provinsi ini.

Berbicara soal destinasi wisata, sulteng sendiri mempunyai beberapa destinasi wisata yang cukup terkenal dan juga populer. Bahkan di sulteng terdapat danau terbesar ketiga di indonesia, yakni danau poso. Jika berbicara soal destinasi wisata memang tidak akan ada habisnya, karena perlu sobat ketahui, setiap tahunnya selalu ada destinasi wisata baru yang indah dan menarik. Namun beberapa detinasi wisata baru tersebut ada yang langsung populer dan terkenal dan ada juga yang memerlukan waktu untuk dikenal oleh banyak orang. Wisata alam atapun bahari menjadi wisata paling populer dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan, karena banyak orang yang ingin menikmati keindahan alam ketika berlibur dengan keluarga. 

Kepopuleran dari destinasi wisata tentunya tergantung dari fasilitas dan juga keadaan sekitar tempatnya. Jika fasilitas menunjang dan keadaan sekitarnya baik, maka tempat tersebut akan langsung banyak diminati oleh kalangan wisatawan sehingga nama tempat wisata tersebut menjadi naik dan dikenal oleh banyak orang, begitupun sebaliknya. Nah dibawah ini bisa sobat simak, beberapa destinasi wisata paling populer di sulawesi tengah yang wajib untuk dikunjungi.

Destinasi Wisata Paling Populer di Sulawesi Tengah


1. Cagar Alam Morowali

Morowali adalah Salah satu cagar alam yang memiliki pesona luar biasa serta  dapat membuat orang takjub ketika berkunjung ke tempat yang satu ini. Letak cagar alam ini berada di kabupaten morowali. Cagar alam morowali bertipe ekosistem, dimana terdapat hutan pantai dan hutan pegunungan masih sangat dijaga dan dilestarikan. Tempat ini juga merupakan tempat tinggal bagi suku wana. Di tempat ini sobat dapat menemukan berbagai macam fauna endemik, seperti anoa, babi rusa, burung maleo, dan masih banyak lagi fauna lainnya yang bisa sobat temui.

Di Cagar alam ini, sobat juga bisa berpetualang memasuki hutan perawan, sobat akan menemukan desa yang masih asri dan pemandangan hamparan rumput dengan danau-danau kecil disekelilingnya. Udara sejuk dingin dapat sobat rasakan saat memasuki area hutan ini, selain itu kicauan burung-burung dan suara-suara alam lainnya menyambut kita saat memasuki hutan ini.

2. Pantai Talise

Pantai talise merupakan salah satu pantai yang populer di sulawesi tengah. Pantai yang terletak di kota palu ini menjadi destinasi favorit bagi masyarakat setempat maupun para wisatawan. Akses untuk menuju pantai ini juga cukup mudah karena letaknya yang berada di pusat kota. Di pantai ini sobat bisa menikmati keindahan pantai sulawesi dengan hamparan pasirnya yang indah dan dapat memanjakan mata. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini adalah pada pagi hari dan sore hari, karena di dua waktu itulah biasanya orang-orang melihat momen sunset dam sunrise.

Di pantai ini sobat juga bisa melakukan banyak hal, seperti berenang, menyelam, memancing, berjalan-jalan menyusuri pantai, selancar angin, dan masih banyak lagi hal yang dapat sobat lakukan saat di pantai ini. Selain ramai dikunjungi pada pagi hari dan sore hari, pantai ini juga ramai dikunjungi pada malam hari. Karena di waktu itulah orang-orang biasanya nongkrong dan melihat lampu-lampu yang berkilauan.

3. Jembatan Palu

Mungkin sebagian sobat bertanya-tanya mengapa jembatan menjadi sebuah destinasi wisata yang populer, karena jembatan sendiri merupakan tempat yang menghubungkan dua daerah yang terpisah. Bagi sobat yang masih berpikiran seperti itu mungkin sobat kurang bergaul dan hanya berpikri bahwa wisata alam sajalah yang populer. Faktanya jembatan palu menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di sulawesi tengah. Jembatan palu sendiri terletak di jalan syaikh muhammad al-khidhir.

Keindahan jembatan yang satu ini bisa sobat rasakan pada saat malam hari. karena di waktu itu jembatan ini akan mengeluarkan desain pencahayaan yang cantik. Banyak wisatawan yang berkunjung ke jembatan ini untuk mengambil foto sekaligus menikmati keindahan jembatan yang satu ini. Meskipun jembatan ini hancur karena di hantam gempa, akan tetapi kementrian dan pemerintah telah membangun kembali jembatan yang satu ini.

4. Danau Poso

Seperti yang sebelumnya di sebutkan, danau poso merupakan danau salah satu danau terbesar yang ada di indonesia. Danau yang terletak di kabupaten poso ini menjadi salah satu tempat wisata paling populer di sulawesi tengah yang banyak didatangi oleh para wisatawan. Danau ini memiliki panjang 32 KM dengan lebar 16 Km. Selain menjadi danau terbesar, danau poso juga menyimpan keindahan di dalamnya, bahkan masuk sebagai salah satu danau terindah di dunia. Hamparan pasir putihnya yang mengelilingi danau ini merupakan daya salah satu daya tarik akan tempat ini.

Gelombang air danau ini sangat mirip dengan gelombang laut. Salah satu aktifitas yang tidak boleh sobat lewatkan saat berada di danau ini adalah bersantai di sore hari. Karena di waktu itulah keindahan danau poso akan bertambah. Saat berada di area danau ini jangan lupa juga sobat berkunjung ke area watu ngonggi.

5. Pantai Tanjung Karang Donggala

Selain pantai talise, terdapat juga pantai populer lainnya di sulawesi tengah, nama pantai tersebut adalah pantai tanjung karang donggala. Pantai ini berlokasi di labuan bajo, banawa, kabupaten donggala. Pantai ini menjadi tempat yang paling tepat untuk melakukan aktifitas olarga air seperti Diving dan Snorkeling. Sobat juga dapat melakukan hal lainnya seperti berjalan-jalan menyusuri garis pantai, berenang, menyelam, dan berjemur di bawah matahari. Keindahan dan suasana yang dihadirkan pantai ini dapat membuat siapapun ingin berlama-lama dan menghabiskan waktu di tempat ini.

Pantai ini juga sangat ramai dikunjungi karena letaknya yang dekat dengan kota. Salah satu daya tarik akan pantai ini adalah pasir putihnya yang membentang luas dengan paduan air lautnya yang jernih. Untuk menikmati setiap momennya saat berada di pantai ini, sobat dapat mengajak keluarga maupun sahabat untuk berlibur bersama di pantai ini.

Komentar