Inilah Danau Terbesar dan Terluas di Indonesia yang Indah dan Terkenal

Inilah Danau Terbesar dan Terluas di Indonesia yang Indah dan Terkenal

Danau adalah sebuah cekungan besar di permukaan bumi yang diisi oleh air. Air danau sendiri terdiri dari 2 macam ada danau yang diisi dengan air tawar dan ada juga danau yang diisi dengan air asing/air laut. Proses terbentuknya danau sendiri terjadi karena beberapa faktor, diantaranya letusan gunung berapi, aktifitas penambangan, ataupun faktor kesengajaan manusia. Danau sendiri memiliki banyak manfaat yang dihasilkan terutama bagi para petani untuk mengairi sawah, danau juga memiliki manfaat lainnya diantaranya sebagai sumber air, sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air, maupun sebagai tempat rekreasi.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki cukup danau, baik danau alami maupun buatan. Baik danau alami maupun buatan, kini danau tersebut sudah menjadi tempat wisata yang cukup populer bahkan beberapa diantaranya sudah dikenal oleh wisatawan asing. Berwisata dan bersantai di danau merupakan target utama wisatawan dalam berwisata, apalagi jika di sekitar danau-danau tersebut dikelilingi oleh banyak pepohonan yang tentunya menambah keindahan dan panorama akan danau tersebut. Bagi sobat yang tertarik mengunjungi danau maka bisa sobat simak dibawah ini beberapa nama danau terbesar dan terluas di indonesia yang terkenal akan keindahanya.

Inilah Danau Terbesar dan Terluas di Indonesia yang Indah dan Terkenal


1. Danau Toba
Inilah Danau Terbesar dan Terluas di Indonesia yang Indah dan Terkenal

Sebagai masyarakat indonesia tentunya kita sudah mengenal danau yang satu ini, jika sobat baru pertama kali mendengar nama danau yang satu ini maka sobat kurang bersiolisasi dan kurang melihat media. Danau toba merupakan danau terbesar di indonesia, danau ini memiliki luas sekitar 1130 km dengan kedalaman 505 meter. Selain menjadi danau terbesar di indonesia, danau toba juga menjadi danau vulkanik di dunia. Maka tidak heran kalau nama danau yang satu ini sudah terkenal di kalangan wisatawan asing. Danau toba sendiri terletak di sumatera utara. Panorama dan keindahan alamnya bisa sobat rasakan secara langsung saat berkunjung ke danau ini.

2. Danau Towuti

Berpindah ke pulau sulawesi tepatnya di provinsi sulawesi selatan, terdapat danau yang tidak kalah indah lainnya nama danau ini juga cukup populer dan tak asing bagi masyarakat sulawesi, nama danau tersebut adalah danau towuti. Danau towuti sendiri terletak di kabupaten luwu timur. Danau ini merupakan jenis danau tektonik. Luas dan kedalaman danau towuti sendiri yakni 561 km persegi dan 203 meter. Danau towuti juga dikenal sebagai danau purba tertua di indonesia. Salah satu daya tarik akan tempat ini adalah terdapatnya sebuah pulau di tengah-tengah danau.

3. Danau Poso

Masih di pulau sulawesi tepatnya di sulawesi tengah. Terdapat sebuah danau yang menyimpan keindahan dan sejarah yang cukup panjang, letak danau ini juga berbeda dengan danau lainnya yakni berada pada ketinggian 657 meter diatas permukaan laut. Danau poso menjadi danau terluas di indonesia dengan luas permukaan sekitar 323 km persegi dan memiliki kedalaman kurang lebih 450 meter. Salah satu yang menjadi daya tarik akan danau ini adalah pasirnya yang berwarna kuning keemasan dan juga memiliki gelombang yang serupa dengan ari laut. Danau poso sendiri berlokasi di kabupaten poso.

4. Danau Sentarum

Danau sentarum dikenal dengan julukan danau musiman, karena di dua waktu yang berbeda danau ini akan mengalami perubahan. Ketika di musim hujan danau ini akan terisi dengan air sedangkan ketikia musim kemarau danau ini akan surut dan hanya menyisakan kolam-kolam kecil. Meskipun begitu danau ini tetap menjadi tempat favorit sekaligus berlibur bagi masyarakat setempat maupun wisatawan. Kelestarian danau ini juga masih terjaga dengan baik sehingga saat sobat berkunjung ke tempat ini udara sejuk dan dingin akan menyelimuti tubuh. Danau sentarum memiliki luas sekitar 275 km dengan kedalaman 8 meter.

5. Danau Tempe

Danau tempe merupakan danau terluas kedua di pulau sulawesi dengan luas permukaan sekitar 350 km persegi. Danau ini terletak di kabupaten wajo sulawesi selatan. meskipun namanya kurang dikenal di luar pulau akan tetapi tempat ini menjadi tempat wisata primadona bagi masyarakat sulawesi selatan karena menyajikan pemandangan yang cukup memukau dan memanjakan mata apalagi jika pada sore hari. Akan tetapi satu hal yang sangat disayangkan tentang danau ini adalah kedalamnay yang terus berkurang, dengan kedalamannya yang terus berkurang maka pasokan air yang ditampung danau pun otomatis berkurang

6. Danau Paniai

Danau paniai merupakan salah satu danau tercantik yang ada di papua. Sama halnya seperti danau poso, danau ini juga berada di atas ketinggian yakni pada ketinggian 1742 meter diatas permukaan laut. Danau paniai terletak di provinsi papua tepatnya di kabupaten paniai, luas dan kedalaman danau ini yakni sekitar 195 km persegi dan 50 meter. Satu hal yang sangat disayangkan dari danau ini adalah memiliki akses yang sulit dicapai oleh para wisatawan.

7. Danau Matano

Kembali ke pulau sulawesi tepatnya di provinsi sulawesi selatan, terdapat sebuah danau yang tidak kalah populer lainnya, nama danau tersebut adalah danau matano. Letak danau matano sendiri berada di kabupaten luwu timur dan memiliki luas permukaan sekitar 164 km persegi. Danau matano dikenal juga sebagai danau terdalam di indonesia bahkan di dunia, kedalam danau ini diperkirakan mencapai 590 meter. Danau ini diselimuti dengan berbagai keindahan yang bisa sobat rasakan, sobat juga dapat melihat benda-benda bersejarah yang terbuat dari kuningan seperti tombak dan parang.

Komentar