Simak 6 Gunung Tertinggi dan Populer di Indonesia yang Dapat Membuatmu Terkesan

Simak 6 Gunung Tertinggi dan Populer di Indonesia yang Dapat Membuatmu Terkesan


Gunung merupakan sebuah dataran tinggi yang menjulang tinggi ke atas permukaan bumi. Gunung dan bukit tidaklah sama, bukit terbentuk oleh proses patahan atau erosi, sedangkan gunung terbentuk karena proses patahan tektonik di masa lalu. Selain perbedaan karena proses terbentuknya, gunung dan bukit juga memiliki perbedaan pada ketinggian, jika ketinggian dibawah seribu kaki atau 3000 meter maka disebut bukit, sedangkan jika melebihi seribu kaki atau 300 meter maka disebut sebagai gunung. Gunung juga memiliki beberapa macam jenis, ada gunung berapi aktif, gunung berapa non aktif, dan gunung non berapi.

Gunung menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi para pendaki. Setiap harinya pasti selalu ada pendaki yang mendaki setiap harinya di gunung manapun. Selain untuk sekedar sebagai hobi, mendaki gunung juga dilakukan oleh orang-orang untuk mencari hiburan dan mendekatkan diri dengan alam. Mungkin bagi sobat yang belum pernah mendaki, sobat bisa memulainya terlebih dahulu dari gunung yang memiliki ketinggian 1000 meter. Jika sobat mulai menikmati aktifitas mendaki, maka itu merupakan hal yang positif sekaligus mendekatkan diri dengan alam dan mensyukuri keindahan tuhan yang maha esa.

Di indonesia sendiri terdapat beberapa gunung yang tinggi dan terkenal, gunung-gunung ini cukup ramai di perbincangkan oleh para pendaki. tentunya untuk mendaki gunung yang tinggi membutuhkan pengalaman dan persiapan yang matang, karena untuk mendaki gunung yang tinggi akan menghabiskan waktu berhari-hari selama pendakian. Bisa sobat simak dibawah ini merupakan deretan gunung tertinggi dan populer di indonesia yang terkenal di kalangan para pendaki.

Simak 6 Gunung Tertinggi dan Populer di Indonesia yang Dapat Membuatmu Terkesan


1. Gunung Puncak Jaya

Puncak jaya atau yang biasa dikenal dengan istilah gunung carstensz pyramid merupakan titik tertinggi yang ada di indonesia yang terletak  di provinsi papua. Gunung carstensz memiliki ketinggian 4884 meter diatas permukaan laut dan masuk dalam kawasan pegunungan barisan sudirman. Salah satu daya tarik yang mengundang banyak pendaki ke gunung ini adalah karena gunung ini dikelilingi oleh gletser yang bernama gletser carstensz. Gletser sendiri sangat jarang sekali di temukan di pegunungan indonesia lainnya. Selain menjadi gunung tertinggi di indonesia, puncak jaya masuk juga dalam jajaran gunung tertinggi di dunia.

Bagi sobat yang masih pemula diharapkan untuk tidak mendaki gunung yang satu ini, karena untuk mendaki gunung yang satu ini memerlukan pengalaman mendaki dan juga persiapan yang benar-benar matang. Sobat juga harus mempersiapkan peralatan dan makanan yang banyak selama mendaki gunung ini. Saat mendaki gunung carstensz sobat harus tetap siaga dan berhati-hati ketika cuaca sedang tidak baik

2. Gunung Puncak Mandala

Selain puncak jaya, di papua juga terdapat puncak tertinggi lainnya yang menjulang tinggi yakni puncak mandala. Lokasi gunung ini berada di provinsi papua, tepatnya di kabupaten bintang. Gunung puncak mandala masih berada dalam kawasan pegunungan jayawijaya, maka tak heran jika disekitar gunung ini juga terdapat gletser-gletser es. Ketinggian gunung puncak mandala tidak terpaut jauh dengan puncak jaya, gunung ini memiliki ketinggian 4760 meter di atas permukaan laut.

Sama seperti puncak jaya, untuk mendaki gunung mandala harus benar-benar memiliki persiapan yang begitu matang. Sobat harus membawa beberapa peralatan khusus dan keselaman, sobat juga harus membawa perbekalan logistik agar ketika sobat berada di atas tidak kelaparan. Sobat juga harus benar-benar memperhatikan kondisi fisik, apakah buruk atau baik, jika buruk maka sobat harus membatalkan pendakian karena sangat beresiko besar.

3. Gunung Puncak Trikora

Selain puncak jaya dan puncak mandala, terdapat satu gunung lagi yang termasuk dalam jajaran gunung tertinggi di papua. Letk gunung trikora sama halnya dengan puncak jaya dan puncak mandala yakni di provinsi papua. Ketinggian puncak trikora dengan puncak mandala sangat terpaut tipis, jika puncak mandala mempunyai ketinggian 4760 meter diatas permukaan laut, maka puncak trikora memiliki ketinggian 4750 meter diatas permukaan laut. Bisa sobat bayangkan sendiri tipisnya perbandingan ketinggian dari kedua gunung itu.

Sebagian pendaki mengatakan bahwa jalur pendakian ke puncak trikora lebih sulit dan rumit jika dibandingkan dengan jalur pendakian ke puncak jaya atau gunung carstensz. Selama berada di jalur pendakian, sobat akan melewati kawasan taman nasional lorentz, yang dimana taman nasional tersebut masuk dalam situs warisan dunia UNESCO.

4. Gunung Kerinci
Simak 6 Gunung Tertinggi dan Populer di Indonesia yang Dapat Membuatmu Terkesan

Beralih ke pulau sumatera, di pulau sumatera juga terdapat salah satu gunung tertinggi di indonesia sekaligus menjadi gunung tertinggi di pulau sumatera, nama gunung tersebut adalah gunung kerinci. Gunung kerinci menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang mempunyai hobi mendaki gunung. Gunung kerinci mempunyai ketinggian sekitar 3805 meter diatas permukaan laut dan terletak di perbatasan antara provinsi sumatra barat dan jambi. Bagi sobat yang berniat mendaki gunung kerinci maka cobalah untuk mendaki melalui rute desa kersik tua yang berada di ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut, bisa dibilang jika rute tersebut merupakan rute yang cukup mudah untuk sampai menuju puncak.

5. Gunung Rinjani
Simak 6 Gunung Tertinggi dan Populer di Indonesia yang Dapat Membuatmu Terkesan

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kelima di indonesia yang terletak di pulau lombok, tepatnya di provinsi nusa tenggara barat. Gunung ini memiliki ketinggian 3726 meter di atas permukaan laut. Di gunung ini juga terdapat sebuah kawah danau yang menjadi daya tarik akan tempat ini, nama danau tersebut adalah segara anak yang berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Gunung ini menjadi salah satu gunung favorit para pendaki, banyak pendaki dari luar pulau berdatangan untuk mendaki dan menikmati keindahan akan gunung yang satu ini.

Saat menuju puncak sobat akan dihadirkan dengan pemandangan alam yang luar biasa indah dan juga lautan awan yang membentang. Selain itu sobat juga akan disuguhkan dengan pemandangan pulau lombok bagian utara. Terdapat 4 jalur pendakian untuk menuju puncak rinjani, diantaranya jalur senaru, sembalun, aik berik dan jalur timbanuh.

6. Gunung Semeru
Simak 6 Gunung Tertinggi dan Populer di Indonesia yang Dapat Membuatmu Terkesan

Beralih ke pulau jawa, di pulau jawa sendiri ada sebuah gunung yang menjadi tempat favorit wisatawan sekaligus para pendaki, nama gunung yang di maksud adalah gunung semeru. Gunung semeru memiliki ketinggian 3676 meter diatas permukaan laut. Gunung semeru merupakan gunung tertinggi di pulau jawa dan merupakan salah satu gunung berapi tertinggi di indonesia. Pada tahun 2021 gunung ini baru saja mengalami erupsi. Letak gunung semeru sendiri berada di bentangan dua kabupaten yakni malang dan lumajang.

Perlu sobat ketahui, gunung semeru dikelilingi oleh 4 kawasan hutan yang sangat menekjubkan, yakni montane, Dipterokarp Bukit, Dipterokarp Atas, dan Ericaceoous. Maka jangan heran ketika sobat melakukan pendakian ke gunung ini sobat akan menemukan berbagai macam flora dan fauna unik.

Komentar