9 Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Utara 2021

9 Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Utara 2021

Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terletak di pulau sulawesi tepatnya berada di ujung utara pulau sulawesi. Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 13.892 km² dan jumlah penduduk mencapai angka 2,5 juta jiwa lebih. Provinsi Sulawesi Utara terbagi menjadi 11 kabupaten dan 4 kota. Kota manado merupakan salah satu kota besar di indonesia sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan ibukota dari provinsi ini. Provinsi ini juga berbatasan langsung dengan salah satu provinsi di negara tetangga filipina yakni davao del sur yang berada di sebelah utara provinsi ini.

Provinsi Sulawesi Utara atau yang biasa kita kenal dengan nama sulut juga memiliki banyak pulau. Tercatat ada sekitar 287 pulau di provinsi ini dan hanya 59 pulau saja yang berpenghuni. Hal ini tentunya membuat kita sadar akan kayanya indonesia. Selain Terdapat banyak pulau, sulut juga memiliki wilayah perairan yang lumayan luas dengan kekayaan alamnya yang melimpah.

Dengan banyaknya pulau-pulau yang tidak berpenghuni dan wilayah perairan yang luas, pemerintah dan masyarakat setempat memanfaatkan hal tersebut untuk menarik minat wisatawan agar berkunjung ke provinsi sulawesi utara. Tercatat ada sekitar ratusan destinasi wisata yang sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Tentunya tidak sedikit wisatawan yang datang berkunjung ke provinsi ini.

Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan berkunjung ke provinsi ini adalah karena pemandangan bawah lautnya yang memukau dan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Mungkin beberapa di antara sobat ada yang pernah mendengar Bunaken. Bunaken merupakan salah satu tempat wisata terbaik di indonesia dan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Mungkin diantara sobat ada yang penasaran akan tempat-tempat wisata terbaik yang ada di sulawesi utara, bisa sobat simak dibawah ini merupakan tempat wisata terbaik di sulawesi utara di tahun 2021.

9 Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Utara 2021


1. Taman Laut Bunaken
9 Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Utara 2021

Taman Laut Bunaken merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi setiap tahunnya, bahkan kepopuleran tempat ini sudah terkenal di benua luar. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk melihat keindahan bawah lautnya. Salah satu aktifitas utama yang sering dilakukan pengunjung di tempat ini adalah menyelam. Sobat akan menemukan pemandangan indah biota laut, yang dihiasi oleh berbagai jenis terumbu karang dan berbagai jenis ikan-ikan yang hidup didalamnya. Taman laut bunaken sendiri terletak di Kecamatan Wori, Kotamadya Manado, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

2. Pantai Malalayang

Pantai malalayang menjadi salah satu pantai terbaik dan juga tempat wisata terbaik di sulawesi utara. Pantai ini terletak di Jalan Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Kecamatan. Malalayang, Kota Manado. Seperti yang kita ketahui, pantai merupakan tempat wisata yang paling diminati oleh setiap orang. DI pantai sobat bisa melakukan berbagai aktifitas, seperti berenang, menyelam, menyusuri pantai, dan menaiki kapal perahu. Beberapa kegiatan di atas bisa sobat lakukan saat berkunjung ke pantai malalayang. Pantai ini juga merupakan tempat yang cocok untuk menikmati momen matahari tenggelam atau yang biasa dikenal dengan istilah sunset.

3. Waruga Sawangan

Waruga merupakan tempat wisata yang mengandung unsur sejarah di dalamnya. Waruga sawangan sendiri merupakan area pemakaman yang luas dengan batu yang sangat unik, dimana jenazah yang ada di dalam batu tersebut berposisi duduk atau jongkok. Di tempat ini sobat juga dapat belajar mengenai adat istiadat dan kebudayaan masyarakat setempat. Bagi sobat yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini sembari menambah pengetahuan, sobat bisa berkunjung langsung ke Sawangan, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara. 

4. Gunung Tumpa

Menikmati keindahan alam dari atas ketinggian merupakan salah satu kegemaran yang sering dilakukan oleh para pendaki, pemandangan tersebut bisa dilihat dari gunung maupun perbukitan. Di sulawesi utara juga terdapat sebuah gunung yang cukup populer dan menjadi salah satu tempat wisata terbaik di sulawesi utara, nama gunung tersebut adalah gunung tumpa. Gunung ini terletak di Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Kota Manado. Selain mengahadirkan panorama alam yang indah, sobat juga dapat melihat matahari terbit dan tenggelam saat berada di tempat ini.

5. Pulau Siladen

Pulau Siladen terletak di Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Kota Manado, menjadi salah satu tempat wisata terbaik di sulawesi utara. Bagi sobat yang memiliki hobi berenang mungkin sobat bisa mencoba tempat wisata yang satu ini. Selain berenang, sobat juga bisa menikmati keindahan alam sekitar di pulau siladen. Susana yang dihadirkan tempat wisata ini terbilang cukup tenang, sehingga dapat membuat siapapun menjadi betah saat berada di tempat ini. Tempat ini juga banyak ditumbuhi oleh pepohonan di sekitar pinggir pantainya sehingga membuat suasana semakin nyaman.

6. Taman Bunga Tomohon

Bagi sebagian laki-laki mungkin ada yang menyukai bunga ataupun tidak, hal tersebut pun berlaku juga untuk perempuan. Bagi sobat yang menyukai bunga mungkin sobat bisa mencoba berkunjung ke taman bunga tomohon. Tempat ini terletak di Rurukan, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon. Taman bunga ini juga berada di sekitar gunung berapi yang masih aktif, hal tersebut tentunya berpengaruh besar terhadap kondisi tanah di sekitar area pengunungan yang membuat tanah subur dan cocok digunakan untuk menanam berbagai tumbuhan salah satunya adalah bunga. Di tempat ini sobat bisa menemukan berbagai macam jenis bunga langka yang indah, jangan lupa juga untuk berfoto saat berada di tempat ini.

7. Museum Negeri Manado

Meninggalkan kota manado tanpa mengunjungi museum negeri manado merupakan hal yang sangat disayangkan. Dengan berkunjung ke museum ini sobat dapat memperoleh banyak informasi terkait sejarah suku minahasa. Suku minahasa sendiri merupakan suku asli provinsi sulawesi utara. Selain mendapatkan banyak informasi, sobat juga bisa melihat beragam miniatur keren dan berbagai barang peninggalan pahlawan di masa lalu yang terdapat di dalam museum ini. Jika sobat tertarik akan tempat wisata yang satu ini, maka sobat bisa berkunjung ke alamat Jalan W.R. Supratman No.72, Lawangirung, Kecamatan Wenang, Kota Manado.

8. Taman Laut Tumbak

Selain taman laut bunaken, terdapat juga tempat wisata lainnya yang menyimpan keindahan laut yang luar biasa, tempat tersebut adalah taman laut tumbak. Taman laut tumbak sendiri berlokasi di Tumbak Madani, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara. Di tempat ini sobat bisa melakukan banyak kegiatan seperti berenang, menyelam, dan memancing. Selain itu sobat juga bisa melakukan aktifitas menarik lainnya yakni Snorkeling. Terdapat sekitar 20 spot untuk melakukan aktifitas snorkeling.

9. Danau Tondono

Danau Tondono menjadi salah satu danau terindah dan menjadi tempat wisata terbaik di sulawesi utara. Danau ini terletak di Jl. Gunung Masarang, Wanea, Kecamatan Wanea, Kota Manado dan memiliki luas sekitar 4000 hektar. Terdapat sebuah pulau kecil di tengah-tengah danau ini, selain itu danau ini juga dikelilingi oleh 3 pegunungan, yakni gunung tampusu, gunung kaweng, dan gunung masakarang. Sobat bisa menikmati keindahan danau yang satu ini dengan cara menaiki perahu motor yang tersedia di sekitar danau.

Komentar