6 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

6 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Jawa Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Jawa timur merupakan salah satu provinsi di indonesia yang ada di pulau jawa tepatnya di bagian timur pulau jawa. Luas wilayah provinsi ini yakni 7.803,49 km² dengan populasi penduduk mencapai angka 40 juta jiwa lebih. Tahukah sobat, provinsi jawa timur adalah provinsi terluas di pulau jawa jika di bandingkan dengan 6 provinsi lainya yang ada di pulau jawa, jumlah penduduk di provinsi ini juga cukup banyak hanya kalah dengan jumlah penduduk  yang ada di jawa barat. Ibukota dari provinsi jawa timur adalah surabaya. 

Ada sekitar puluhan suku yang menempati provinsi ini, Salah satu suku terbesar sekaligus suku asli yang menempati provinsi ini adalah suku jawa. Secra keseluruhan ada sekitar 30 juta jiwa lebih suku jawa yang ada di provinsi ini sementara sisanya dari suku lainya. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah pertanyaan, mengapa banyak orang yang berdatangan ke jawa timur dan menetap di jawa timur. Selain surabaya, jawa timur juga terdapat kota-kota besar lainya seperti malang, lamongan, madiun, bondowoso, jember, dan masih banyak lagi kota terkenal lainya.

Selain di huni oleh kota-kota besar, jawa timur juga memiliki banyak tempat wisata yang lumayan cukup terkenal. Salah satu tempat wisata terkenal yang ada di jawa timur yakni sebut saja gunung bromo. Tempat tersebut sudah banyak di datangi oleh banyak wisatawan baik lokal maupun asing. Selain gunung bromo ada juga beberapa tempat terkenal lainya yang tidak kalah asik. Nah bagi sobat yang mempunyai tujuan untuk berlibur dan menghabiskan waktu di jawa timur, maka di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik dan juga terkenal yang ada di jawa timur, sobat bisa catat beberapa diantara tempat yang ingin sobat kunjungi.

6 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Jawa Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi


1. Gunung Bromo
6 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Jawa Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Sebagian dari sobat mungkin ada yang sudah mengetahui gunung yang satu ini, ada pula yang masih asing mendengar gunung yang satu ini. Gunung bromo sendiri sudah tidak asing lagi di kalangan para pendaki. Secara tidak langsung gunung ini terletak di empat perbatasan kabupaten yang berbeda yakni probolingo, malang, lumajang, dan pasuruan, serta gunung ini memiliki ketinggian 2329 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini memiliki pesona yang ciamik dan keindahan alam yang cantik. Bisa dibilang tempat ini cocok untuk melihat spot matahari terbit dan tenggelam. Ada dua cara yang bisa sobat lakukan utnuk mencapai puncak bromo yakni melakukan pendakian, akan tetapi jika sobat tidak ingin menghabiskan tenaga dan waktu, maka sobat bisa menaiki jeep. Ada 3 alasan utama kenapa banyak orang ke gunung bromo yakni untuk melihat laautan pasir, menikmati pemandangan, dan menunggangi kuda di hamparan pasir yang luas. Tiga alasan tersebut menjadi daya tarik orang-orang untuk berkunjung ke tempat ini.

2. Taman Nasional Baluran

Destinasi wisata selanjutnya adalah taman nasional baluran. Taman nasional baluran merupakan salah satu taman nasional yang ada di indonesia yang terletak di jawa timur tepatnya di banyuputih, situbondo. Di tempat ini sobat bisa mengenal beraneka ragam flora dan fauna, serta taman nasional ini memiliki savana yang cukup luas bahkan sering kali dikenal dengan little africa. Tempat ini berdekatan langsung dengan gunung baluran, sehingga sobat bisa melihat dengan jelas gunung baluran ketika di tempat ini.

3. Kawah Ijen

Selain taman nasional baluran, wisata terkenal selama beberapa tahun terakhir di banyuwangi adalah kawah ijen. Kawan ijen sendiri cukup ramai terdengar di kalangan para pendaki. Bahkan kepopuleran kawah ijen sudah terdengar oleh wisatawan asing. sehingga jika sobat berkunjung ke kawah yang satu ini dan menemukan orang asing, maka sobat jangan heran lagi. Kawah ijen sendiri terletak di dua perbatasan yang berbeda, yakni kabupaten banyuwangi dan bondowoso. Tempat ini semakijn banyak di kunjungi oleh orang-orang karena aksesnya yang semakin baik dan meningkat setiap tahunya.

Birunya air kawah di tambah dengan aktifitas penambangan yang ikonik menjadikan banyak orang yang tertarik untuk berdatangan ke tempat ini. Slain itu kawah ijen juga memiliki hal unik lainya yang jarang di temukan di dunia yaitu fenomena blue fire. Jika sobat ingin melihat dan menikmati keindahan kawah ijen, maka tak ada salahnya sobat juga melakukan pendakian ke gunung ijen. Sehingga dengan begitu sobat bisa menikmati pemandangan alam yang indah dari dua tempat tersebut.

4. Air Terjun Madakaripura

Keindahan dan pesona eksotis air terjun madakaripura sudah tidak bisa diragukan lagi. Air terjun makadipura berasal dari gunung bromo, karena letaknya yang cukup dekat. Air terjun ini terletak di desa sampih, kecamatan lumbang, kabupaten probolinggo. Selama perjalanan ke air terjun madakaripura, sobat akan di sajikan dengan nuansa alam yang indah berupa pepohonan yang besar serta sungai-sungai kecil, selain itu juga udara yang segar serta sejuk akan kita temui dan rasakan sepanjang perjalanan.

Setelah sobat sampai di air terjun madakaripura, sobat akan dikejutkan oleh suasana alamnya ciamik. Selain itu lokasi air terjun ini juga terlihat seperti tempat-tempat wisata yang ada di luar negeri, yakni berada di dalam goa dan diapit oleh 2 tebing. Ketinggian air terjun madakaripura diperkirakan mencapai 200 meter. Dengan nuansa dan pemandangan alam yang indah, maka tenaga dan rasa lelah yang sobat keluarkan akan terbayarkan dengan keindahan alam yang terpampang.

5. Pantai Klayar
6 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Jawa Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Nah bagi sobat yang menyukai wisata pantai, sobat bisa mengunjungi pantai klayer yang berlokasikan di pacitan dan berbatas langsung dengan wonogiri, tepatnya berada di desa sendang, kecamatan wonorojo, kabupaten pacitan. Deburan air ombok yang menguncang batu karang mengakibatkan air laut akan terciprat ke udara, atau istilah lainya di sebut deburan air ke udara. Deburan air tersebut bisa mengakibatkan sobat menjadi basah kuyup tanpa harus berenang di pantai ini.

Selain menikmati keindahan pantai klayar, sobat juga bisa menikmati perbukitan karang yang terbentuk oleh guncangan air ombak yang deras. Pantai klayar juga memiliki air yang bersih dan jernih, akan tetapi karena pantai klayar memiliki ombak yang ganas, maka sobat dilarang untuk berenang di pantai ini.

6. Gua Gong

Bagi sobat yang memiliki jiwa petualang dan penjelajah, maka gua ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk sobat jelajahi. Lokasi gua gong masih sama dengan pantai klayar yakni di kabupaten pacitan, tepatnya di kecamatan punung. Pacitan dikenal juga dengan sebutan kota seribu goa, maka tidak heran jika sobat menemui wisata goa ketika sedang di pacitan. Dari sekian banyak goa, hanya goa gong lah yang cukup terkenal. Goa ini juga memiliki kecantikan dan keindahan di dalamnya, bahkan goa gong disebut-sebut sebagai goa tercantik di asia tenggara.

Untuk memasuki goa ini, sobat hanya membutuhkan uang sebesar Rp. 10.000 saja, Rp. 5.000 untuk memasuki retribusi, sedangkan sisanya untuk menyewa senter, karena seperti yang kita ketajui goa adalah tempat yang gelap yang tidak disinari oleh matahari. Saat memasuki goa ini sobat akan di sambut oleh aneka stalakit yang besar.

Komentar