6 Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Sumatera Utara 2022

6 Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Sumatera Utara 2022

Sumatera utara merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terletak di pulau sumatera tepatnya di sebelah bagian utara pulau sumatra. Luas provinsi ini yakni kurang lebih sekitar 72.981 km². Dengan jumlah populasi penduduk yang mencapai 14 juta lebih jiwa (2019) menjadikan provinsi ini sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di indonesia setelah jawa barat, jawa timur, dan jawa tengah, hal tersebut dikarenakan banyaknya pusat industri dan kota-kota besar di sumatera utara, salah satu kota besar di sumatra utara sekaligus menjadi ibukota provinsi sumatra utara adalah kota medan.

Kota medan menjadi salah satu tempat yang cukup banyak ditinggali oleh orang-orang, hal tersebut karena medan merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di indonesia. Bisa dibilang medan merupakan salah satu kota pusat yang ada di provinsi sumatera utara. Kota ini banyak dikunjungi oleh orang-orang yang merantau karena di kota medan terdapat banyak kawasan industri sekaligus lapangan perkejaan.

Pulau sumatra selalu menyimpan banyak tempat-tempat wisata yang mengasikan sekaligus menyenangkan, salah satunya di provinsi sumatra utara, baik wisata alam maupun wisata buatan. Terdapat sekitar puluhan bahkan ratusan tempat wisata yang bisa sobat kunjungi di provinsi itu, mulai dari tempat wisata populer maupun tempat wisata baru tentunya akan selalu ramai dan menjadi tujuan utama orang-orang untuk berlibur, apalagi di tahun 2022 ini yang dimana banyak tempat wisata yang sudah dibuka dan beroperasi kembali setelah cukup lama di tutup karena efek pandemi.

Nah jika sobat memiliki rencana untuk berlibur ke provinsi sumatra selatan dan berniat untuk mengunjungi beberapa tempat wisata, maka dibawah ini ada beberapa tempat wisata yang mungkin bisa sobat kunjungi ketika berada di pulau sumatra. Tempat-tempat tersebut merupakan tempat wisata terbaik sekaligus populer di sumatra utara sejak tahun 2022, mari kita simak langsung tempat wisata apa saja itu.

6 Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Sumatera Utara 2022


1. Danau Toba
6 Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Sumatera Utara 2022

Danau toba merupakan salah satu tempat wisata di indonesia yang tersohor ke berbagai penjuru dunia. Danau ini merupakan danau terbesar yang ada di indonesia juga merupakan salah satu danau terbesar di dunia. Danau toba memiliki luas 1.130 km² dengan ketinggian permukaan mencapai 905 meter. Danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi yang terjadi sekitar puluhan ribu tahun yang lalu. Saat ini danau toba menjadi destinasi wisata favorit sekaligus ikon sumatera utara.

Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke indonesia untuk melihat keindahan danau yang satu ini. Pesona alam dan keindahan yang ditawarkan danau ini tidak main-main, hampir setiap hari pengunjung selalu datang untuk melihat tempat yang satu ini. Jika sobat ingin menikmati lebih dan ingin menghabiskan waktu lama di tempat ini, sobat bisa menyewa penginapan di sekitar danau toba. Akan tetapi sobat tentunya harus berlomba untuk mencari tempat penginapan, alasanya tentu karena pengunjung juga ingin menikmati keindahan danau ini lebih lama lagi.

2. Masjid Raya Medan

Di sumatra utara juga terdapat wisata religi yang sayang untuk dilewatkan. Bukan hanya wisata alam, budaya, kuliner saja yang terkenal, wisata religi juga populer di kalangan banyak orang. Salah satu tempat wisata religi di sumatra utara adalah masjid raya medan. Masjid raya medan atau nama lainnya masjid al-mashun merupakan sebuah masjid yang berlokasi di Jalan Mahkamah Nomor 74c, RT.02, Mesjid, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Masjid Raya Medan memiliki kapasitas kurang lebih 2000 orang dan dibangun pada tahun 1906.

Saat sobat mengunjungi tempat ini, sobat akan menemukan benda-benda berharga di dalamnya sekaligus sobat akan di sambut dengan hangat. Salah satu benda berharga yang ada di tempat ini adalah adanya al-quran yang beruasia tua. Masjid ini juga memiliki tampilan megah dan unik di dalamnya. Tentunya sobat harus menerapkan sikap yang baik saat berada di tempat ini.

3. Danau Lau Kawar

Selain danau toba, ada juga danau terkenal lainnya di sumatra utara yaitu danau lau kawar. Danau ini berdekatan langsung dengan gunung sinabung, karena letaknya di kaki gunung sinabung. Danau ini berada pada ketinggian 2451 meter di atas permukaan laut. Dalam hal keindahan danau lau kawar tidak kalah dengan danau toba. Air danau lau kawar terbilang bersih dan juga jernih. Sehingga sobat akan terpana oleh keindahan danau yang satu ini.

Udara sejuk dan segar menyelimuti tubuh ketika sampai di tempat ini karena letaknya yang berdekatan langsung dengan gunung sinabung. Danau lau kawar berlokasi di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran, di bawah kaki gunung berapi Sinabung, Kabupaten Karo. Untuk mencapai tempat ini sobat hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam jika dari pusat kota medan.

4. Gunung Sibayak
6 Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Sumatera Utara 2022

Danau sibayak merupakan salah satu gunung berapi di indonesia yang terletak di Kabupaten Karo, sumatra utara. Masyarakat karo menyebut gunung sibayak sebagai Gunung Raja. Gunung ini memiliki ketinggian 2181 meter di atas permukaan laut. Gunung ini cukup ramai diperbincangkan dikalangan para pendaki khususnya pendaki pemula. Bagi sobat yang mempunyai hobi mendaki gunung mungkin sobat bisa mencoba untuk mendaki gunung ini. Terdapat 3 jalur pendakian di gunung ini yang mengarah ke puncak. Saat sobat sampai di puncak, sobat akan melihat pesona alam dan keindahan yang terlihat langsung oleh mata sendiri. Sobat juga bisa melihat kota medan dari puncak gunung ini.

5. Pantai Pandan

Pantai Pandan merupakan salah satu pantai sekaligus tempat wisata favorit di sumatra utara. Pantai ini beralamatkan di Jalan Sisimangaraja Jalan Padang Sidempuan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Pantai ini cukup terkenal di kalangan para wisatawan. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati keindahanya secara langsung. Tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Salah satu alasan wisatawan berkunjung ke pantai pandan adalah untuk melihat bentangan pasir putih yang indah dan air laut yang jernih.

Banyak aktifitas seru dan juga menyenangkan di pantai ini. salah satunya berenang dan juga berjalan-jalan menelusuri sisi pantai. Selain itu sobat juga bisa menikmati makanan khas daerah yang lezat dan nikmat, tetunya sobat bisa mencicipi setiap hidanganya. Terdapat juga fasilitas-fasilitas lainya di pantai ini serta beberapa penginapan yang berkelas internasional jika sobat berniat untuk bermalam di pantai ini. 

6. Pulau Nias
6 Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Sumatera Utara 2022

Siapa sih yang tidak pernah mendengar pulau nias ? mungkin bagi sebagian orang masih terdengar asing, akan tetapi bagi seorang travelling mungkin sudah tidak asing lagi. Keindahan pulau nias bisa membuat wisatawan terpikat untuk mengunjunginya. Pulau ini terletak di sebelah barat pulau sumatra dan merupakan pulau terbesar diantara gugusan pulau di pantai barat sumatra. Pulau nias memiliki luas sekitar 5.625 km² dan jumlah penduduk mencapai 880 ribu jiwa lebih yang merupakan mayoritasnya suku nias.

Salah satu aktifitas yang begitu terkenal di pulau nias adalah lompat batu dan selancar. Selain itu sobat juga bisa melakukan aktifitas-aktifitas seru lainya yang tak kalah seru. nama pulau nias sudah terkenal hingga keluar negeri sama halnya dengan danau toba. Maka jangan heran jika di tempat ini banyak wisatawan asing bertebaran.

Komentar