5 Tempat Wisata Populer di Aceh yang Wajib untuk dikunjungi

5 Tempat Wisata Populer di Aceh yang Wajib untuk dikunjungi

Nanggroe Aceh Darussalam merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terletak di ujung pulau sumatera serta merupakan provinsi yang paling barat di indonesia. Luas provinsi aceh yakni sekitar 58.377 km² dengan populasi penduduk mencapai 5,3 juta jiwa lebih. Banda aceh merupakan ibukota dari provinsi ini. Aceh dikenal dengan ajaran dan hukum islamnya yang begitu kuat, maka cukup banyak penduduk aceh yang memeluk agama islam, akan tetapi ada juga beberapa penduduk aceh yang beragama lain. Maka dari itu aceh berbeda dengan provinsi lain pada umumnya, keistimewaan provinsi aceh adalah berlakunya syariat islam.

Di provinsi ini juga sobat bisa mengetahui dan mempelajari tentang sejarah-sejarah penyebaran agama islam ke belahan dunia, bahkan tak sedikit situs-situs sejarah yang ditingalkan. Maka ketika sobat berlibur ke aceh sobat tak hanya menikmati keindahan alam aceh saja, akan tetapi sobat juga bisa belajar tentang sejarah-sejarah yang terjadi di masa lalu sekaligus menambah pengetahuan sobat. Selain itu juga aceh terkenal akan potensi hasil lautnya dan hasil perkebunanya yang cukup melimpah.

Aceh juga memiliki banyak tempat wisata populer yang sering di kunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar negeri. Tak sedikit orang yang menghabiskan waktunya untuk berlibur di provinsi ini. Jika sobat berminat untuk berlibur ke aceh, maka di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata populer dan menarik di aceh yang wajib banget untuk dikunjungi.

5 Tempat Wisata Populer di Aceh yang Wajib untuk dikunjungi

1. Masjid Raya Baiturrahman
6 Tempat Wisata5 Tempat Wisata Populer di Aceh yang Wajib untuk dikunjungi Populer di Aceh yang Wajib untuk dikunjungi

Salah satu tempat wisata yang paling mencolok dan menjadi tempat ikonik dari provinsi aceh adalah masjid baiturrahman. Masjid baiturrahman terletak di pusat kota banda aceh, tepatnya di Jalan. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kecamatan Baiturrahman. Masjid ini dibangun pada tahun 1612 oleh sultan iskandar muda. Masjid baiturrahman menjadi simbol agama, perjuangan budaya, dan nasionalisme rakyat aceh. Tjuan utama masjid ini dibangun adalah sebagai pusat pengajaran ilmu agama. Pada awal di bangun masjid ini hanya mampu sekitar 1900 jemaaah saja, akan tetapi karena sudah dilakukan renovasi berulang kali, kini masjid ini dapat menampung sekitar 13.000 jemaah.

Pada tahun 2004 terjadi tsunami besar di aceh yang meratakan banyak bangunan. Akan tetapi ada satu bangunan yang tetap berdiri dengan kokoh, bangunan tersebut adalah masjid baiturrahman ini. Hal tersebut tentunya membuat banyak orang sadar akan kekuasaan tuhan yang maha esa, tentunya masjid ini menjadi saksi sejarah bagi masyarakat aceh dan indonesia. Kemudian masjid ini dijadikan tempat pengungsian dikala itu. Masjid ini kini memiliki banyak kemegahan dan dikata-kata hampir mirip dengan taj mahal yang ada di negara india. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini untuk melihat kemegahan dan keindahan masjid yang satu ini.

2. Museum Tsunami
5 Tempat Wisata Populer di Aceh yang Wajib untuk dikunjungi

Tempat wisata menarik dan pupuler di aceh selanjutnya adalah museum tsunami. Museum ini di bangun untuk mengenang sekaligus menghormati orang-orang yang terkena bencana pada tahun 2004 silam. Museum tsunami terletak di Jalan. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Perlu sobat ketahui, museum ini di bangun oleh seorang yang cukup terkenal dan berpengaruh besar di masa sekarang bagi masyarakat jawa barat, orang tersebut ialah Ridwan Kamil. Ridwan kamil mendesain museum ini dikala saat itu ia masih berprofesi sebagai arsitek.

Museum ini memiliki beberapa tingkatan yang bisa sobat kunjungi setiap tingkatanya. Setiap tingkatan dari museum ini menghadirkan suasana yang berbeda-beda. Museum ini juga menyimpan benda-benda sisa bencana yang terjadi di kala itu seperti sepeda dan foto. Museum ini juga di jadikan sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan jika suatu saat aceh di terjang tsunami kembali. Jika sobat berniat untuk mengunjungi museum ini maka, jam buka museum ini yakni pukul 09.00 oagi sampai 16.00 sore di hari biasa, dan pukul 10.00 pagi sampai 17.00 pada hari jumat.

Baca Juga : 8 Tempat Wisata di Yogjakarta yang Paling Hits dan Terkenal Selain Candi Borobudur

3. Pulau Rubiah

Aceh juga memiliki wisata pantai serta pulau indah yang wajib banget untuk dikunjungi. Salah satu pulau yang mengundang banyak perhatian di kalangan wisatawan adalah pulau rubiah. Pulau ini terletak di kota sabang dan berdekatan langsung dengan pulau weh. Pulau rubiah memiliki sejuta keindahan dengan panorama indah yang beragam, baik di darat maupun di laut. Hal itulah yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung ke pulau ini. Namun tak hanya di daratan dan lautan saja, keindahan tempat ini pun tersaji di bawah lautan.

Sobat bisa menikmati keindahan laut dari tempat ini dengan cara melakukan penyelaman. Sobat akan menemukan sekitar belasan biota laut di tempat ini yang dilindungi oleh negara. Saat melakukan penyelaman, sobat juga akan di kelilingi oleh berbagai macam jenis ikan yang ada di tempat ini dan juga terumbu karang warna-warni yang indah yang menghiasi bawah lautan. Nah gimana sobat ? tertarik untuk datang ke tempat ini.

4. Air Terjun Blang Kolam

Air terjun blang kolam merupakan wisata alam lainya yang wajib banget untuk sobat kunjungi. Air terjun blang kolam juga dikenal sebagai air terjun kembar. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 75 meter dan berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur. Kabupaten Aceh Utara. Perpaduan antara tebing dan alam sekitar membuat air terjun ini terlihat lebih cantik serta pesona yang dihadirkan pun menjadi indah.

jalan untuk memasuki kawasan air terjun ini cukup membutuhkan sedikit tenaga dan perjuangan yang cukup berat. Karena lokasi air terjun ini yang cukup tersembunyi, maka sobat harus melakukan trekking menuruni anak tangga. Selama perjalanan sobat akan dihadirkan berbagai pemandangan alam seperti hutan, sungai-sungai kecil, dan perkebunan, sehingga usaha dan tenaga yang sobat keluarkan tentunya tidak akan sia-sia untuk menuju tempat ini. Udara segar dan dingin juga menyelimuti tempat ini karena letaknya yang berada di dalam hutan. Sobat juga bisa melakukan camping di kawasan air terjun ini dengan beberapa komunitas pecinta alam.

5. Danau Lut Tawar

Danau Lut tawar berlokasi di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, merupakan salah satu objek wisata lainya yang berada di provinsi aceh. Danau ini memiliki luas kurang lebih sekitar 70km persegi dengan ketinggian permukaan 1100 meter. Danau ini juga dikelilingi oleh perbukitan kecil, sehingga menambah panorama keindahan akan tempat ini. Di sebelah barat danau ini terdapat kota kabupaten yakni kota takengon. Takengon sendiri merupakan ibukota dari kabupaten aceh tengah.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk melihat dan menikmati keindahan danau ini. Keindahan air danau lut tawar berada pada air danaunya yang biru serta di kelilingi oleh perbukitan-perbukitan yang kecil yang menjadikanya alasan mengapa banyak orang berkunjung ke tempat ini. Sobat bisa menikmati keindahan danau ini dengan cara mengelilingi danau ini dengan cara menyewa perahu motor, maupun sepeda. Sobat sangat di larang keras untuk berenang di danau ini, karena memiliki ketinggian yang cukup dalam yakni 80 meter.

Belum ada Komentar untuk "5 Tempat Wisata Populer di Aceh yang Wajib untuk dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel