8 Tempat Wisata Menarik dan bikin Betah di Kepulauan Riau yang Wajib di Coba

8 Tempat Wisata Menarik dan bikin Betah di Kepulauan Riau yang Wajib di Coba

Jika sobat berpikir kalau kepulauan riau masuk kedalam bagian provinsi riau maka sobat salah besar. Kepulauan riau dan riau merupakan dua provinsi yang berbeda. Kepulauan riau merupakan salah satu provinsi di indonesia yang berbatasan dengan empat negera berbeda yakni di sebelah barat berbatsan dengan negara singapura dan malaysia, di sebelah timur berbatasan dengan malaysia, dan di sebelah utara berbatasan dengan negara vietnam dan kamboja. Provinsi kepulauan merupakan provinsi dengan jumlah pulau terbanyak dan provinsi ini memiliki lautan yang luas dibandingkan dengan daratanya. Tanjung pinang adalah ibukota sekaligus salah satu kota terbesar di provinsi ini.

Provinsi kepulauan riau memiliki luas kurang lebih sekitar 8.202 km² dengan populasi penduduk mencapai angka 2 juta lebih jiwa. Meskipun memiliki luas yang cukup kecil akan tetapi provinsi ramai di bicarakan oleh orang-orang karena terkenal akan wisata lautnya. Karen provinsi ini terdiri dari banyak pulau, maka otomatis tempat wisata pantai dan laut akan banyak sekali di tempat ini. Akan tetapi selain lautan dan pantai ada juga wisata-wisata alam lainnya yang biasa wisatawan kunjungi dan menjadi tempat persingahan sementara.

Berlibur dan menghabiskan waktu di provinsi ini sangat cocok banget bagi sobat yang menyukai lautan. Selain itu di provinsi ini juga sobat bisa menjumpai banyak wisatawan asing, mulai dari malaysia, singapura, vietnam, dan kamboja, karena letak keempat negara tersebut cukup berdekatan dengan provinsi kepulauan riau. Di bawah ini ada beberapa tempat wisata menarik sekaligus bikin betah yang wajib banget untuk sobat coba.

9 Tempat Wisata Menarik dan bikin Betah di Kepulauan Riau yang Wajib di Coba


1. Puncak Gunung Bintan

Salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan alam karena memiliki panorama yang indah dan juga sempurna untuk diabadikan. Pemandangan yang bisa sobat lihat yakni berupa lautan, pulau-pulau kecil, dan langit yang membentang. Udara sejuk dan segar tentunya menyelimuti sobat ketika berada di tempat tersebut. Tempat ini juga sangat cocok untuk melihat momen matahari terbit maupun terbenam, tentunya ini momen yang sangat di tunggu-tunggu oleh para remaja, terutama orang yang menyukai senja. Agar pemandangan sekitar bisa terlihat dengan jelas, maka sangat disarankan bagi sobat untuk mengunjungi tempat ini dikala awan sedang tidak ada.

2. Bintan Mangrove

Di Tempat ini sobat bisa menikmati keindahan hutan mangrove serta pesona keasrianya yang masih alami. Saat memasuki tempat ini sobat akan di pandu oleh seorang pemandu, pemandu tersebut akan mengantarkan sobat menuju speedboat untuk menyusuri sungai sembari melihat dan menikmati hutan mangrove. Bintan mangrove sendiri merupakan kawasan yang dijaga dan dilindungi oleh pemerintah indonesia. Dulunya tempat ini tidak seindah yang ada difoto-foto, akan tetapi berkat perhatian pemerintah, tempat ini menjadi tempat yang menarik sehingga mengundang para wisatawan. Harga yang diberikan untuk menikmati kawasan ini yakni sekitar Rp. 380.000 harga tersebut sudah termasuk fasilitas speedboat.

3. Kampung Wisata Panglong

Bukan hanya wisata alam saja yang terkenal di kepulauan riau, ada juga wisata budaya yang cukup terkenal yakni kampung wisata panglong yang terletak di kabupaten bintan. Di tempat ini terdapat suku yang terkenal dalam bertahan di lautan yakni suku laut. Saat sobat sampai di tempat ini, sobat akan disuguhkan dengan pedesaan yang terlihat tradisional dengan panorama lautan, sehingga membuat tempat ini terlihat lebih indah. Salah satu hal yang paling unik dan mencolok dari tempat ini adalah dapur arangnya, yang memiliki bentuk seperti rumah milik suku eskimo.

4. Bukit Kerang
8 Tempat Wisata Menarik dan bikin Betah di Kepulauan Riau yang Wajib di Coba

Mungkin namanya terdengar aneh di telingga sobat, akan tetapi bukit kerang memang ada dan terbuat dari tumpukan cangkah kerang yang mengeras dan membatu kemudian menumpuk sehingga membentuk sebuah bukit. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata andalan kabupaten bintan. Wisata ini juga masuk dalam tempat bersejarah. Tempat ini dulunya di tempati oleh manusia sejarah yang memaakan makanan kerang laut, cangkah dari makanan itupun di buang di satu tempat dan menumpuk sehingga membentuk sebuah gunung. Bagi sobat yang berminat untuk mengunjungi tempat ini sobat bisa mengunjunginya langsung di di Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya.

5. Pantai Lagoi
8 Tempat Wisata Menarik dan bikin Betah di Kepulauan Riau yang Wajib di Coba

Salah satu pantai terkenal dan populer yang menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya adalah pantai lagoi. Pantai logoi terletak di Sebong Lagoi, Teluk Sebong, Kabupaten Bintan. Salah satu yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini adalah pantainya yang bersih dan Pasir putih yang membentang luas dengan birunya air laut. Pantai ini juga dikenal sebagai pantai mewah, karena di pantai tersebut berjajar resort-resort yang cukup mewah. DI tempat ini terdapat banyak spor foto yang instagramable.

6. Bukit Pasir

Selain bukit kerang ada juga bukit unik serta hits lainnya di kepulauan riau, yakni bukit pasir. Wisata bukit pasir terletak di desa busung kabupaten bintan, tepatnya di jalan pinang-bintan. Banyak wisatawan yang berdatangan ke tempat ini hanya untuk melihat keindahan bukit pasir busung. Suasana dan pesona di bukit pasir busung layaknya seperti di timur tengah. Karena timur tengah sendiri terkenal akan gurun pasirnya yang luas. Pada awalnya tempat ini merupakan sebuah area pertambangan pasir yang cukup produktif, akan tetapi kegiatan tersebut telah dihentikan dan kini tempat tersebut berubah menjadi salah satu tempat wisata yang populer.

7. Ria Bintan Golf Club

Bagi sobat yang bisa bermain golf mungkin sobat bisa bermain di tempat ini. Ria bintan golf club terletak di jalan Perigi Raja, Lagoi North Bintan, Sebong Lagoi, Kecamatan Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan. Tempat wisata ini sangat cocok bagi sobat yang memiliki hobi berolahraga. Sobat bisa berolahraga sembari melihat pemandangan lautan yang menjulang luas. Lapangan golf yang hijau disertai suara deraian ombak membuat rasa penat sobat akan menghilang dalam sekejap. Di tempat ini juga sudah tersedia fasilitas yang lumayan menunjang. 

8. Danau Biru

Salah satu alasan mengapa danau ini disebut danau biru adalah karena warna airnya yang terlihat biru bercahaya sehingga terlihat cantik dan membuat orang tertarik untuk datang ke tempat ini. Banyak wisatawan lokal yang datang ke tempat ini untuk melihat keindahan danau biru ini. Danau biru ini terletak di desa gunung kijang. Danau ini dulunya merupakan sebuah area pertambangkan pasir bahkan saat inpun aktifitas pertambangan pasir masih dilakukan di tempat ini. Meskipun begitu tempat ini tetap saja banyak memiliki pengunjungnya, karena memiliki spot foto terbaik sekaligus instagramable. Gimana sobat ? tertarik untuk mengunjungi dan melihat keindahan danau biru ini ? jika penasaran langsung saja kunjungi tempatnya.

Komentar