Inilah 8 Tempat Wisata Favorit di Sumatera Selatan yang sayang dilewatkan

Inilah 8 Tempat Wisata Favorit di Sumatera Selatan yang sayang dilewatkan

Sumsel atau sumatera selatan merupakan provinsi di indonesia yang terletak di pulau sumatera tepatnya di bagian selatan. Luas provinsi sumatera selatan kurang lebih yakni sekitar 91.592 km² dengan populasi penduduk mencapai angka 8 juta lebih jiwa. Di sumatra selatan terdapat kota besar yang namanya cukup tidak asing di telingga orang indonesia, kota tersebut adalah palembang. Salah satu alasan palembang cukup dikenal adalah makanan khasnya yang sudah menyebar ke penjuru negeri, contohnya adalah pempek. Palembang juga merupakan ibukota dari provinsi sumatra selatan.

Selain terkenal karena makananya, palembang juga terkenal karena sejarahnya, sebab palembang dulunya merupakan pusat kerajaan sriwijaya. Provinsi sumatra selatan sendiri merupakan pusat kerajaan sriwijaya yang mempunyai pengaruh besar di kawasan asia tenggara dan penyebaran agama buddha di kawasan nusantara. Jadi bisa sobat bayangkan, seberapa besar pengaruh kerajaan sriwijaya di indonesia dan juga di asia tenggara. Mungkin sobat yang mempelajari sejarah bisa tahu langsung tentang pengaruh besarnya.

Selain terkenal akan sejarah masa lalunya, provinsi sumatra selatan juga memiliki kekayaan alam yang terkandung didalamnya, seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara. Maka jangan heran jika di sumatra selatan terdapat banyak kawasan pertambangan. Provinsi ini juga terkenal akan wisata alam dan buatannya, bahkan beberapa diantaranya bahkan sudah mendunia. Banyak tempat-tempat indah dan tentunya memiliki pesona alam yang masih terjaga, tentunya sangat cocok untuk mengisi waktu liburan dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut. 

Dari sekian banyak tempat wisata di sumatra selatan, terdapat beberapa tempat wisata favorit yang ramai dikunjungi oleh orang-orang. Arti kata favorit disini adalah menjadi pilihan utama bagi wisatawan untuk dikunjungi. Di bawah ini merupakan beberapa tempat wisata favorit di sumatra selatan yang ramai dikunjungi dan sayang apabila dilewatkan.

Inilah 8 Tempat Wisata Favorit di Sumatera Selatan yang sayang dilewatkan


1. Jembatan Ampera
Inilah 8 Tempat Wisata Favorit di Sumatera Selatan yang sayang dilewatkan

Jembatan merupakan struktur bangunan yang berfungsi untuk menghubungkan 2 daerah yang saling terpisah. Jembatan biasanya digunakan sebagai media penyebrangan untuk melintasi daerah satu ke daerah lainnya. Terdapat dua macam jembatan, yakni jembatan besar dan jembatan kecil. Jembatan besar biasanya bisa dilalui oleh kendaraan besar seperti mobil dan motor, sedangkan jembatan kecil hanya untuk pejalan kaki saja.

Jembatan ampera merupakan sebuah jembatan yang cukup terkenal namanya di indonesia. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962 dengan panjang 1117 meter dan terletak di kota palembang. Jembatan ini menghubungkan kawasan ilir dan ulu palembang dari sungai musi. Jembatan ampera merupakan sebuah ikon bagi kota palembang sekaligus menjadi jembatan terpanjang di asia tenggara.

Mungkin sobat bertanya-tanya tentang bagaimana orang-orang menjadikanya sebagai tempat wisata favorit, karena jembatan merupakan media yang menghubungkan antara 2 daerah. Jika sobat berpikir seperti itu maka sobat salah besar. Memang benar jembatan merupakan media penghubung, akan tetapi jembatan yang satu ini cukup unik. Karena jembatan ampera merupakan jembatan yang besar sobat bisa menikmati keindahan jembatan ini dengan berfoto-foto di tempatnya. Selain itu juga sobat bisa melihat pemandangan sungai musi yang sangat indah dengan kapal-kapal yang melintas. 

Jembatan ampera akan terlihat lebih indah apabila sobat berkunjung di malam hari maupun petang hari. Sebab di waktu itu jembatan ini akan mengeluarkan lampu-lampu yang menerangi setiap jembatan yang tentunya menambah keindahan jembatan ini. Banyak orang-orang yang berkunjung ke jembatan ini untuk melihat dan menikmati keindahan jembatan yang satu ini, maka sangat disayangkan jika sobat melewatkan tempat wisata yang satu ini.

2. Taman Bukit Siguntang

Taman Bukit siguntang atau biasa juga dikenal dengan sebutan bukit siguntang adalah sebuah bukit kecil yang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Bukit sigantung terletak di Bukit Lama, Ilir Barat I, Palembang. Akses untuk mencapai tempat ini cukup baik dan juga mudah, sobat bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan angkutan umum menuju jurusan bukit besar. Taman bukit siguntang bukan merupakan tempat wisata biasa, tempat ini menjadi bukti sejarah kota palembang dan sejarah kerajaan sriwijaya.

Saat di tempat ini sobat akan menemukan beberapa temuan purbakala yang dikaitkan dengan kerajaan sriwijaya serta sejarah kota pelembang. Selain itu sobat juga akan melihat beberapa makam di atas bukit siguntang yang dipervcaya merupakan leluhur warga palembang. Meskipun dikenal sebagai tempat keramat, akan tetapi bukit ini juga dikelilingi oleh pohon-pohon yang tidak terlalu rapat, sehingga menambah keindahan tempat ini. Selain bisa menikmati alam, sobat juga bisa belajar sedikit sejarah yang terjadi di masa lalu saat mengunjungi tempat ini.

3. Hutan Wisata Punti Kayu

Yang menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata favorit di mata banyak orang adalah karena tempat ini masih memiliki panorama alam yang asri dan masih terjaga dengan baik, sehingga cocok untuk membangkitkan semangat kembali disaat kepala dipenuhi dengan berbagai pikiran akan pekerjaan. Hutan ini masuk dalam kawasan hutan yang dilindungi dan dikelola oleh kementrian kehutanan dan lingkungan hidup.

Hutan wisata panti kayu terletak di Jalan Kol. Burlian Km. 6,5, Karya Baru, Alang-Alang Lebar, Palembang, atau berjarak kurang lebih sekitar 7 km dari pusat kota sumatera selatan. Udara sejuk dan segar akan menyambut indra penciuman anda saat mencapai tempat ini. Sobat bisa menikmati keindahan hutan ini dengan berfoto-foto di beberapa spot yang menurut sobat bagus. Harga tiket untuk memasuki kawasan ini yakni di bandrol sekitar Rp. 25.000 sampai Rp. 30.000.

4. Goa Patri

Goa Patri merupakan salah satu Goa tercantik dan terindah yang ada di indonesia. Goa ini berlokasi di desa padang bindu, suka merindu, semidang aji, kabupaten ogan komering ulu. Goa ini memiliki cerita sejarah dan mitosnya yang cukup panjang, mulai dari bagaimana awal gua ini mulai terbentuk. Bagi sobat yang memiliki hobi menjelajah dan berpetualang, tempat yang satu ini sangat cocok banget untuk sobat kunjungi. Di dalamnya terdapat keindahan yang menyelimuti tempat ini. Jangan lupa saat mengunjungi sebuah goa, bawalah senter karena dalam goa sangatlah gelap.

5. Gunung Dempo

Merupakan sebuah gunung yang cukup terkenal dan populer di kalangan para pendaki. gunung dempo memiliki ketinggian 3.195 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak diantara 2 provinsi, yakni provinsi sumatera selatan dan bengkulu, tepatnya di kota pagalaram. Terdapat beberapa kawasan yang cukup terkenal di sekitar gunung dempo, diantaranya hutan diptorekarp, bukit hutan montane, dan hutan ericaceous. Keindahan dan pesona alam yang asri gunung dempo sudah bisa sobat lihat saat di perjalanan menuju tempat tersebut. Karena keindahan dan pesona alamnya yang indah inilah gunung dempo tidak pernah sepi dari pendaki maupun wisatawan.

6. Air terjun Bidadari

Seperti namanya yakni air terjun bidadari, air terjun ini memiliki keindahan dan kecantikan layaknya seorang bidadari, sehingga dapat membuat pengunjung terkagum-kagum dan tidak bosan saat berada di tempat ini. Air terjun bidadari terletak Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat. Air terjun ini juga memiliki nama lainnya yakni air terjun ayek asam. 

Letak tempat wisata ini memang terbilang cukup jauh dari pusat kota, yakni berjarak 231 Km dari kota palembang. Akan tetapi jika sobat memiliki waktu luang dan liburan yang lebih, cobalah untuk mengunjungi tempat ini karena sobat akan menemukan banyak hal menarik di tempat ini.

7. Candi Bumi Ayu

Wisata candi tidak hanya ada di yogjakarta, di palembang pun terdapat sebuah candi yang cukup terkenal dan menjadi tempat wisata yang cukup favorit di mata orang-orang. Candi bumi ayu merupakan salah satu situs peninggalan agama hindu. Letak candi bumi ayu berada di di pesisir sungai Lematang, tepatnya di Desa Bumiayu, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Candi ini merupakan salah satu candi hindu terbesar di sumatra dengan luas 76 hektare.

Meskipun tidak seterkenal dan semegah candi borobudur dan prambanan, candi ini memiliki keunikanya tersendiri, yakni terdapat beberapa arca dan benda-benda purbakala. Saat mengunjungi dan berkeliling di tempat ini, sobat akan menemukan beberapa arca yang merupakan simbol agama hindu dan juga relief-relief yang cukup unik dan menarik.

8. Pulau Kemaro

Pulau kemaro merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di tengah-tengah sungai musi. Tempat ini juga cukup dekat dengan jembatan ampera hanya terpaut jarak 6 km saja. pulau kemaro terletak diantara daerah industri, yaitu pabrik pupuk sriwijaya dan pertamina plaju dan sungai gerong. Di tengah pulau ini terdapat sebuah vihara yang ramai dikunjungi oleh umat buddha. Pulau ini memiliki sejarah yang cukup panjang dengan cerita-cerita mitos di dalamnya.

Selain bisa melihat vihara yang mewah serta keindahan alam di sekitarnya, sobat juga bisa belajar sedikit sejarah ketika mengunjungi pulau ini. Akan tetapi tentunya sobat harus menerapkan sikap santun yang baik dan tentunya juga berlaku sopan, hal tersebut sebagai bentuk toleransi antar agama.

Komentar