6 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Terkenal dan Populer

6 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Terkenal dan Populer

Nusa tenggara timur atau biasa di singkat NTT merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terletak di bagian tenggara indonesia. Provinsi ini memiliki luas yang lumayan cukup besar yakni 47.932 km² dengan angka angka populasi penduduk mencapai 5 juta lebih jiwa, dan mayoritas penduduk nusa tenggara timur adalah beragama kristen. Provinsi nusa tenggara barat terbagi menjadi 22 kabupaten/kota, 1 kota diantaranya tersebut merupakan ibukota sekaligus pusat pemerintahan dari provinsi ini, kota tersebut adalah kota kupang.

Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, diantaranya pulau timor, pulau flores, pulau sumba, pulau alor, pulau rote, pulau rembata, pulau sabu, pulau solor, pulau adonara, pulau ende, pulau palue, dan pulau komodo. Provinsi ini memang mempunyai banyak pulau, tercatat kurang lebih sekitar 1200 pulau yang ada di provinsi ini. Namun dari ribuan pulau yang ada di provinsi ini hanya terdapat 3 pulau saja yang menjadi pulau utamanya, yakni pulau flores, pulau sumba, dan pulau timor.

Beberapa fakta tentang provinsi nusa tenggara timur yang belum sobat ketahui diantaranya ialah banyaknya suku, budaya, dan bahasa. Karena terdapat banyak sekali pulau di provinsi ini maka tentunya banyak juga suku yang menempati ini dimana setiap suku tentunya memiliki kebudayaan dan bahasanya tersendiri. Mungkin sebagian sobat berangapan bahwa orang NTT itu menyeramkan dan kasar, akan tetapi tidak semua orang di NTT seperti itu. Faktanya mereka memiliki sifat yang lemah lembut dan juga baik, jika sobat pergi ke sana mereka dengan senantiasa akan menyambut dengan hangat dan senyuman yang bersahabat.

NTT juga terkenal akan tempat-tempat wisatanya yang populer bahkan sudah mendunia. Destinasi wisata di nusa tenggara timur terbilang cukup indah dan mempunyai pesona yang menawan. Bahkan provinsi ini memiliki di sebut sebagai surganya pantai di indonesia karena memiliki banyak pantai yang indah. Nusa tenggara timur mungkin tempat yang cocok bagi sobat yang menyukai wisata pantai dan lautan. Selain pantai tentunya di provinsi ini juga terdapat tempat-tempat wisata menarik lainnya yang populer dan sayang untuk dilewatkan. Bisa sobat simak dibawah ini merupakan tempat-tempat wisata di nusa tenggara timur yang terkenal dan populer yang sayang untuk dilewatkan.

6 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Terkenal dan Populer


1. Labuan Bajo
6 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Terkenal dan Populer

Labuan bajo merupakan salah satu tempat wisata dan populer di kalangan para wisatawan. Tempat ini berlokasi di kabupaten manggarai barat atau di ujung barat flore. Labuan bajo juga disebut sebagai kota nelayan, karena sebagian penduduknya beraktifitas sebagai nelayan. Bukan hanya sebagai pusat pariwisata saja, labuan bajo juga di gunakan sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, dan pendidikan. Seiring dengan berjalanya waktu, kini labuan bajo sudah semakin maju.

Labuan bajo bukan hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal saja, wisatawan mancanegara pun sering berdatangan ke tempat ini untuk merasakan sensasi dan keindahan alam yang ada di labuan bajo. Terdapat beberapa pulau ataupun tempat eksotis di labuan bajo yang bisa sobat kunjungi, diantaranya ialah pulau bidadari, pulau padar, pulau kukusan kecil, bukit cinta, dan masih banyak lagi tempat indah lainnya yang terdapat di labuan bajo.

2. Danau Kelimutu
6 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Terkenal dan Populer

Danau kelimutu merupakan salah satu danau terindah di NTT sekaligus di indonesia. Danau ini berada di gunung kelimutu tepatnya di desa pemo, kecamatan kelimutu, kabupaten ende. Danau kelimutu dikenal juga dengan sebutan danau tiga warna kelimutu, karena air danau ini memiliki tiga warna yang berbeda. Keindahan danau ini sudah terkenal sejak masa kependudukan belanda di indonesia. Untuk bisa menikmati keindahan danau yang satu ini sobat harus melakukan pendakian ke gunung kelimutu karena danau ini berada di ketinggian 1631 meter di atas permukaan laut.

3. Pulau Komodo
6 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Terkenal dan Populer

Komodo merupakan kadar terbesar di dunia dengan panjang mencapai 2 sampai 3 meter. Komodo juga disebut sebagai salah satu hewan purba yang masih tersisa hingga sekarang. Di pulau komodo inilah parakomodo hidup bebas dan bersatu dengan alam. Sobat bisa mengamati bagaimana mereka hidup di alam bebas dan bagaimana mereka beraktifitas di keseharianya. Komodo merupakan salah satu hewan yang harus di jaga dan dilindungi karena hewan ini merupakan salah satu hewan langka dan terancam punah.

Selain bisa menikmati keseharian komodo, di pulau komodo juga terdapat beberada tempat menarik dan indah yang sayang untuk dilewatkan, seperti bukit laut, dan pantai yang menawan. Perlu diketahui juga pulau komodo kaya akan keanekaragaman hayati baik di darat maupun di laut. Terdapat sekitar 1000 jenis ikan yang ada di tempat ini beserta dengan ratusan terumbu karangnya yang indah dan masih terjaga. Letak pulau komodo sendiri berada di kabupaten manggarai barat.

4. Batu Termanu

Batu termanu terletak di onotali, rote tengah, kabupaten rote ndao. Mungkin sebagian dari sobat ada yang berpikiran mengapa sebuah batu bisa menjadi destinasi wisata yang terkenal dan juga populer. batu termanu memiliki daya tarik dan pesonanya  tersendiri dalam mengundang banyak wisatawan. Mungkin jika sobat penasaran akan tempat yang satu ini sobat bisa langsung berkunjung langsung ke tempatnya, maka sobat bisa merasakan secara langsung keindahan dan pesona tempat wisata yang satu ini.

Di tempat ini terdapat pula destinasi wisata pilihan lainnya, yaitu batu hun dan batu suelay. Bagi sobat yang menyukai wisata air, maka tempat ini menjadi salah satu tempat yang rekomendasi banget. Beberapa aktifitas yang bisa sobat lakukan di tempat ini diantaranya adalah berenang, menyelam, snorkeling, dan memancing.

5. Pulau Kanawa

Pulau kanawa merupakan salah satu pulau yang terdapat di daerah labuan bajo yang berjarak 15 km. Pulau ini juga sudah sangat cukup terkenal di dunia karena termasuk dalam kawasan taman nasional komodo. Pulau ini terletak di pasir putih, komodo, kabupaten manggarai barat. Suasana dan pesona alam yang dihadirkan pulau ini cukup memanjakan mata.

Pulau ini juga memiliki pantai yang indah karena memiliki pasir putih dan air laut yang jernih, bahkan saking jernihnya air laut di pantai ini sobat bisa melihat langsung keindahan bawah laut yang ada di pulau kanawa. Luas pulau ini yakni kurang lebih sekitar 32 hektar.

6. Pantai Pink

6 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Terkenal dan Populer

Pantai pink merupakan salah satu pantai yang cukup unik dan menarik yang ada di provinsi nusa tenggara timur. Jika biasanya pantai memiliki hamparan pasir yang berwarna hitam dan putih, maka pantai ini memiliki hamparan pasir yang berwarna merah muda atau pink. Karena keunikanya itulah pantai ini menjadi terkenal dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan. 

Seperti kita ketahui, pantai pink atau beach pink merupakan pantai yang sangat langka, bahkan di dunia ini hanya berada di beberapa negara saja yang memiliki keunikan ini sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Bagi sobat yang penasaran akan pantai ini sobat bisa mengunjunginya langsung yang beralamatkan  di Taman Nasional Komodo, Jalan Kasimo, Kecamatan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. 

Komentar