Inilah Deretan Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat Terpopuler

Inilah Deretan Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat Terpopuler

Nusa tenggara barat adalah salah satu provinsi di indonesia yang terletak di bagian tengah Kepulauan Nusa Tenggara di antara provinsi Bali di sebelah barat dan provinsi Nusa Tenggara Timur di sebelah Timur. Provinsi ini memiliki luas yang lumayan cukup besar yakni sekitar 20.153 km² dengan populasi penduduk mencapai angka 5 juta lebih jiwa. Mataram adalah ibukota dari provinsi ini sekaligus menjadi pusat pemerintahannya. 

Provinsi ini memiliki 2 kota termasuk mataram, dan 8 kabupaten. Nusa tenggara barat memiliki dua pulau yang cukup populer bagi para wisatawan yakni pulau lombok dan pulau sumbawa. Suku yang terkenal di provinsi nusa tenggara barat adalah suku sasak yang merupakan penduduk pulau lombok sementara suku bima dan suku sumbawa merupakan penduduk dari pulau sumbawa.

Baik pulau lombok maupun pulau sumbawa memiliki ciri khasnya sehingga namanya cukup terkenal hingga ke dunia luar, akan tetapi pulau lomboklah yang merupakan salah satu pulau yang cukup diminati oleh wisatawan karena memiliki pantai yang cukup indah. Pulau lombok juga dijuluki dengan sebutan pulau seribu masjid, karena mayoritas penduduk di pulau ini adalah beragama islam, dan juga sobat bisa menemukan masjid hampir di setiap jalan.

Baik lombok maupun sumbawa, keduanya merupakan pulau yang indah dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Baik di lombok maupun sumbawa terdapat tempat-tempat pariwisata yang cukup terkenal dan diminati oleh para wisatawan, baik lokal maupun luar. Jika sobat berminat untuk berlibur di provinsi ini maka jangan lupa juga untuk mengunjungi beberapa tempat wisata nusa tenggara barat yang populer agar sobat tidak menyesalinya ketika pulang, karena tempat wisata di nusa tenggara barat juga merupakan salah satu yang terbaik yang ada di indonesia.

Inilah Deretan Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat Terpopuler


1. Gunung Rinjani
Inilah Deretan Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat Terpopuler

Gunung rinjani merupakan gunung yang tidak asing lagi bagi para pendaki gunung. Gunung ini terletak di pulau lombok dan berada di 3 kabupaten yang berbeda , yakni kabupaten lombok timur, lombok tengah, dan lombok utara. Gunung rinjani menjadi gunung berapi tertinggi kedua di indonesia dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki indonesia karena mempunyai pesona alam yang indah. Gunung ini juga termasuk bagian dari taman nasional gunung rinjani.

Terdapat lima rute pendakian yang berbeda untuk mencapai puncak rinjani, masing-masing rute memiliki medan sulitnya sendiri. Akan tetapi ada 2 rute yang selalu menjadi pilihan utama para pendaki, rute tersebut yaitu rute senaru dan rute sembalun lawang. Sobat bisa memilih rute yang menurut sobat mudah dan juga cepat. Tentunya untuk melakukan pemdakian harus mempersiapkan segalanya baik perbekalan, mental, maupun tenaga.

2. Pantai Senggigi

Pantai senggigi menjadi destinasi wisata terpopuler selanjutnya. Pantai yang satu ini menjadi tempat wisata favorit sekaligus menjadi primadona bagi para wisatawan, baik asing maupun lokal. Sobat bisa melihat keindahan garis pantainya yang panjang dengan perpaduan pasir putih dan hitamnya dari atas ketinggian maupun dengan alat bantu seperti drone. Pantai senggigi terletak di kecamatan batu layar, kabupaten lombok barat. Air laut pantai senggigi juga terbilang sangat besih serta memiliki ombak yang tidak begitu besar sehingga sangat cocok untuk melakukan berbagai aktifitas seperti berenang dan bermain air.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini juga sudah cukup lengkap, seperti restoran, tempat olahraga, kolam renang, dan juga fasilitas lainnya. tentunya tempat wisata ini jangan samapi terlewatkan saat sobat berkunjung ke nusa tenggara barat, agar sobat tidak menyesal saat di perjalanan.

3. Gili Trawangan
Inilah Deretan Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat Terpopuler

Gili trawangan merupakan salah satu tempat wisata pulau yang ada di lombok. Pulau ini termasuk salah satu pulau di desa gili indah yang memiliki keindahan yang mempesona baik pantainya maupun bawah lautnya. terdapat banyak terumbu karang dan berbagai macam jenis ikan yang warna-warni yang akan sobat lihat ketika melakukan penyelaman. Tempat ini juga menjadi tempat favorit untuk melihat momen matahari terbenam. 

Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk melihat momen matahari tenggelam dengan berlatarkan gunung agung disertai dengan orenya warna langit. tentu hal tersebut bisa menjadi momen yang tidak terlupakan dalam hidup,apalagi jika sobat melihatnya bersama keluarga maupun orang tercinta.

4. Air Terjun Mata Jitu

Air terjun mata jitu menjadi salah satu tempat yang cukup memikat perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. Air terjun yang satu ini berlokasi di dusun oiramu, desa labuhan aji, kecamatan labuhan badas, kabupaten sumbawa. Letak air terjun ini cukup tersembunyi dan memerlukan sedikit penjelajahan untuk mencapainya, akan tetapi nama air terjun ini sudah sangat dibicarakan oleh para wisatawan sehingga menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer, bahkan kepopuleran air terjun ini sudah mencapai hingga ke mancanegara.

Siapapun yang berkunjung ke air terjun ini akan terpana dan terpukau oleh keindahan akan pesona alamnya. Terdapat 3 undakan di air terjun ini yang bisa sobat temui, masing-masing undakan memiliki ketinggian 7 meter.

5. Taman Narmada

Taman narmada merupakan salah satu taman terbesar yang ada di provinsi nusa tenggara barat. taman narmada terletak di desa lembuak, kecamatan narmada, kabupaten lombok barat, atau sekitar 10 km dari kota mataram. Untuk mengakses taman yang satu ini cukup mudah, sobat bisa mengaksesnya dari segala penjuru. Keasrian tempat yang satu ini juga sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, karena banyak sekali pepohonan di sekitar taman tersebut yang membuat taman ini terlihat lebih mempesona. Tempat wisata yang satu ini juga merupakan peninggalan kerajaan yang dikenal sebagai tempat pemandian raja.

6. Pantai Tanjung Ann

Pantai Tanjung Ann merupakan pantai terkenal lainnya yang berada di provinsi nusa tenggara barat stelah pantai senggigi. Tempat wisata ini memiliki kesan yang romantis, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama pasangan. Pantai ini memiliki cerita sejarah dan legendanya, selain itu pantai ini dijadikan sebagai wisata andalan di kawasan mandalika. Hal yang membedakan pantai ini dengan pantai lain adalah pasir di pantai ini memiliki tekstur yang halus layaknya seperti tepung. Wisata pantai terkenal sebagai tempat terbaik untuk melihat momen matahri terbit maupun tenggelam, termasuk pantai tanjung ann.

7. Pulau Satonda

Pulau satonda terbentuk akibat ledakan dahsyat dari gunung tambora. Pulau ini terletak di lepas pantai utara pulau sumbawa. Salah satu yang menjadi daya tarik pantai ini yang membuat wisatawan tertarik berkunjung ke pulau ini adalah karena terdapatnya sebuah danau yang berada di tengah-tengah pulau satonda. Danau tersebut dikelilingi berbagai pepohonan sehingga panorama yang dihasilkan cukup indah, apalagi pada saat momen matahari terbenam. Pantai satonda juga terkenal karena kaya akan terumbu karangnya.

Komentar