Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang Terkenal dan Indah

Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang Terkenal dan Indah

Kalbar atau kelimantan barat merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terletak di pulau kalimantan. Luas wilayah provinsi ini yakni 147.307 km² dengan populasi penduduk mencapai angka 5 juta lebih jiwa. Provinsi kalimantan barat merupakan salah satu provinsi terluas ketiga di pulau kalimantan dan keempat di indonesia setelah provinsi papua, provinsi kalimantan tengah, dan provinsi kalimantan timur. Kalimantan barat juga secara tidak langsung berbatasan dengan serawak, yakni daerah bagian malaysia.

Provinsi ini dijuluki sebagai provinsi seribu sungai, karena di provinsi ini terdapat banyak sekali sungai yang bisa sobat temui. Sobat bisa melihatnya langsung melalui peta geografi kalimantan barat, sobat akan banyak sungai layaknya seperti urat nadi manusia, baik sungai besar maupun sungai kecil semuanya saling terhubung, bahkan sungai terpanjang di indonesia pun terdapat di provinsi ini, yakni sungai kapuas. Pulau kalimantan juga terkenal akan hutannya yang lebat. Di provinsi kalimantan barat sendiri luas hutanya yakni 8,2 juta hekter itupun mengalami pengurangan setiap tahunnya.

Kalbar juga terkenal akan destinasi wisatanya yang terkenal dan memiliki pesona yang indah luar biasa. bagi sobat yang mempunyai hobi menjelajah dan berpetualang mungkin kalbar bisa menjadi tempat yang cocok bagi sobat karena memiliki banyak hutan dan juga sungai yang tentunya menyediakan aktifitas penjelajahan, selain itu banyak pula destinasi wisata lainnya di provinsi ini yang menyediakan berbagai aktifitas menarik dan seru di dalamnya. Bisa sobat simak di bawah ini merupakan tempat wisata terkenal dan indah yang ada di kalimantan barat.

Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang Terkenal dan Indah


1. Danau Sentarum

Danau Sentarum Berlokasi di nanga leboyan, kecamatan sentarum, kabupaten kapuas hulu. Danau ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk singgah dan mencari ketenangan dikala rasa penat sedang muncul. Danau sentarum memiliki panorama yang indah yang memanjakan mata, akan tetapi untuk menikmati keindahan danau ini sobat harus sedikit melakukan perjuangan yang lumayan cukup berat, karena sobat harus menempuh perjalanan yang cukup panjang untuk mencapai danau ini.

Danau ini juga masih dijaga kelestarianya oleh pemerintah setempat, karena danau ini berfungsi sebagai penandah hujan. Waktu yang tepat bagi sobat untuk berkunjung ke danau ini adalah pada musim hujan, karena jika sobat berkunjung ke danau ini pada musim kemarau maka danau ini sedang mengalami surut dan sobat tidak bisa menikmati keindahan danau ini.

2. Sungai Kapuas

Seperti yang sudah kami bilang diatas, sungai kapuas merupakan sungai terpanjang yang ada di provinsi kalimantan barat sekaligus di indonesia. Sungai ini terletak di temiang kapuas, kecamatan sepauk, kabupaten de sintang. Tempat ini menjadi ikon penting bagi masyarakat temiang kapuas maupun kalimantan barat, bahkan sungai ini juga di sebut sebagai urat nadi karena dapat menompang banyak hal. Kini sungai ini sudah menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Salah satu aktifitas seru dan menarik yang bisa sobat lakukan di sungai ini adalah menaiki perahu sembari mengelilingi kawasan sungai dan menikmati keindahan sungai kapuas. Harga untuk menaiki sebuah perahu di sungai tersebut bermacam-macam tergantung pemilik perahu. Selain menaiki perahu, sobat juga bisa menikmati keindahan sungai ini dengan duduk di tepi sungai sembari memakan cemilan ataupun makanan khas setempat apalagi jika momen tersebut dirasakan bersama keluarga, tentunya menjadi suatu momen yang tidak terlupakan.

3. Bukit Penjamur

Bukit penjamur menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat momen matahari terbit maupun terbenam, tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Bukit ini terletak di bhakti mulya, kecamatan bengkayang, kabupaten bengkayang. Panorama yang dihadirkan bukit ini sungguh mengesankan, sobat bisa melihat pepohonan yang hijau dengan lautan awan yang terbentang luas. Pemandangan ini biasanya hanya bisa dilihat ketika berada di gunung dengan ketinggian yang lumayan cukup tinggi.

Akses untuk mendaki bukit yang satu ini terbilang cukup mudah jika dibandingkan dengan melakukan pendakian ke gunung-gunung tinggi biasanya sehingga sangat cocok untuk pemula. Akan tetapi sobat tentunya harus selalu hati-hati ketika melakukan pendakian agar tidak terpeleset dan tidak terjadi kecelakaan yang berat. Jangan lupa juga untuk membawa kamera agar momen dan panorama indah di tempat ini bisa sobat abadikan.

4. Pantai Temajuk


Pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup digemari dan dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai temajuk merupakan pantai yang unik dan cukup menarik karen pantai ini berbeda dengan pantai biasanya, jika pantai biasanya memiliki pasir pantai berwarna putih, maka pantai ini memiliki pasir pantai coklat layaknya tanah, selain itu pantai ini juga memiliki air laut yang bening. Keindahan dan panorama yang dihadirkan pantai ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Pantai temajuk terletak di desa temajuk, kecamatan paloh, kabupaten sambas.

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, sehingga sobat bisa puas ketika berjalan menyusuri pantai. Selain itu pantai ini juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya, bahkan pemadangan matahari terbenam di pantai ini diklaim sebagai sunset terindah di indonesia.

5. Bukit Ampan

Selain bukit penjamur, di kalimantan barat juga terdapat bukit indah lainnya yang sayang untuk dilewatkan yaitu bukit ampan. Bukit ampan terletak di nanga pedian, kecamatan pengkadan, kabupaten kepuas hulu. Bagi sobat yang masih awam tentang pendakian mungkin tempat ini bisa menjadi tempat yang cocok bagi sobat yang masih pemula atau awam mengenai pendakian. Ketinggian bukit ini juga tidak terlalu tinggi dan akses untuk mencapai puncaknya juga cukup mudah.

Pesona yang dihadirkan bukit ini sama halnya dengan pemandangan ketika mendaki gunung. Sobat akan di hadirkan dengan pemandangan lautan alam yang terbentang luas dipadukan dengan hijaunya pepohonan, sehingga wajib bagi sobat untuk mengabadikan momen tersebut melalui kamera. Bagi sobat yang menyukai camping, sobat juga bisa mendirikan tenda di tempat ini sembari menunggu matahri terbit maupun terbenam.

6. Danau Balairam

Di kalimantan barat juga terdapat danau indah lainnya setelah danau sentarum, danau tersebut adalah danau balairam. Danau balairam berlokasi di desa malemba, kecamatan batang lupar, kabupaten bapuas hulu. Tempat ini cukup digemari oleh para wisatawan karena memiliki panorama yang tidak kalah indah jika dibandingkan dengan danau sentarum. Di tempat ini sobat akan disuguhkan dengan pemandangan hutan khas kalimantan yang masih asri dan juga terjaga, sobat juga akan menemukan pohon-pohon besar sepanjang sungai.

Bagi sobat yang mempunyai hobi memancing, sobat bisa pergi ke tempat ini karena tempat ini sering kali dijadikan tempat pemancingan oleh para pemancing karena ikan di danau ini banyak dan memiliki ukuran yang cukup besar.

Komentar