Rekomendasi 8 Tempat Wisata Indah di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Indah di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi

Gorontalo merupakan sebuah provinsi di indonesia yang terletak berdekatan dengan pulau sulawesi, tepatnya di bagian utara pulau sulawesi. Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 11.257 km² dan jumlah penduduk mencapai angka 1 juta lebih jiwa. Provinsi gorontalo lahir sejak tahun 2000 berdasarkan undang-undang nomor 38. Provinsi gorontalo terdiri dari 5 kabupaten dan 1 kota, satu-satunya kota di provinsi ini menjadi ibukota sekaligus pusat pemerintahan provinsi ini, kota tersebut adalah kota gorontalo.

Provinsi ini memiliki beberapa fakta yang cukup menarik, jika aceh dikenal dengan sebutan serambi makkah, maka gorontalo disebut sebagai serambi madinah. Hal tersebut dikarenakan masyarakat gorontalo menjunjung tinggi nilai kesopanan dan nilai agama. Selain itu di provinsi ini juga terdapat bangunan masjid bersejarah tertua yang bernama masjid hunto sultan amai. Masjid hunto dibangun pada tahun 1495 masehi atau 899 hijriah. Masjid ini memiliki luas 12x12 meter dan sudah beberapa kali di renovasi, meskipun sudah mengalami renovasi beberapa kali, akan tetapi bentuk asli masjid ini masih terus dipertahankan.

Selain terkenal akan bangunan-bangunan sejarahnya, gorontalo juga terkenal akan destinasi wisatanya yang indah dan memukau. Bahkan gorontalo disebut-sebut sebagai maladewanya indonesia. Maladewa sendiri merupakan negara yang terkenal akan destinasi wisatanya yang begitu terkenal. Meskipun luas provinsi gorontalo tidak seluas provinsi lainnya akan tetapi terdapat banyak sekali tempat-tempat wisata yang mengundang wisatawan untuk berkunjung ke provinsi ini.

Bagi sobat yang berminat untuk liburan di gorontalo, mungkin sobat harus mencoba beberapa destinasi wisata yang ada di gorontalo, Beberapa tempat wisata di gorontalo memiliki keindahan yang memukau yang sangat sayang bila sobat lewatkan. Inilah rekomendasi tempat wisata indah di gorontalo yang wajib sobat kunjungi dan sayang jika dilewatkan.

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Indah di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi


1. Pantai Biluhu

Pantai biluhu terletak di Desa Biluhu Timur, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, menjadi salah satu pantai yang menyajikan pemandangan alam luar biasa. Memang untuk mencapai pantai yang satu ini memerlukan banyak usaha karena letaknya yang tersembunyi, akan tetapi usaha yang sobat lakukan akan terbayarkan dengan panorama indah pantai yang satu ini. Bagi sobat yang mencari ketenangan mungkin tempat yang satu ini menjadi paling rekomendasi buat sobat. Di pantai ini sobat dapat melakukan banyak hal, seperti snorkeling, diving, ataupun bersantai di pinggir pantai. Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini sobat hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp. 15.000 saja.

2. Pulau Cinta
Rekomendasi 8 Tempat Wisata Indah di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi

Pulau cinta merupakan tempat yang cukup ramai dibicarakan di berbagai saluran. Pulau ini terletak di patoameme, kecamatan botumoito, kabupaten boalemo. Kepopuleran tempat wisata yang satu ini tak hanya di kalangan wisatawan lokal saja, bahkan wisatawan mancanegarapun berdatangan untuk melihat keindahan pulau yang satu ini.Pulau cinta sendiri terletak di tengah pantai, sehingga menghadirkan panorama alam yang menakjubkan.Di tempat ini juga tersedia vila-vila apung yang terhubung dengan pulau cinta.

3. Torosiaje

Roroaiaje sendiri merupakan desa tradisional yang terletak di atas laut dan menjadi tempat tinggal suku bajo. Meskipun zaman sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat, akan tetapi masyarakat desa ini masih tetap menjaga nilai-nilai kebudayaanya. Torosiaje sendiri terletak di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato. Untuk bisa mencapai desa ini, sobat bisa menaiki perahu yang disewakan. Di tempat ini sobat bisa mengetahui tentang aktifitas keseharian suku bajo. Untuk memasuki tempat wisata yang satu ini sobat hanya perlu menyiapkan uang senilai Rp. 10.000, dengan begitu sobat bisa menikmati tempat wisata yang satu ini sembari melihat panorama yang eksotis dan menarik.

4. Taman Laut Olele

Menyelam dan menikmati keindahan laut merupakan salah satu momen langka karena hanya sebagian saja tempat wisata di indonesia yang memiliki pemandangan laut indah dan memukau. Salah satu tempat yang memiliki pemandangan bawah laut indah dan memukau di gorontalo adalah taman laut olele. Taman laut ini menyimpan keindahan laut gorontalo di dalamnya. Untuk bisa melihat keindahan bawah laut tempat ini, sobat bisa melakukan diving atau penyelaman. Dengan melakukan hal tersebut sobat bisa menikmati keindahan bawah laut tempat ini. Taman laut olele sendiri terletak di Poduoma, Suwawa Timur, Olele, Bone Bolango, Kabupaten Bone Bolango.

5. Danau Limboto

Tempat wisata yang satu ini menawarkan pemandangan laut yang indah dan eksotis. Danau limboto merupakan danau terluas dan terindah di sulawesi. Danau ini memiliki luas sekitar 3000 hektar. Banyak wisatawan yang berdatangan untuk menkimati keindahan danau yang satu ini. Selain menikmati pemandangan alam yang eksotis, sobat juga dapat mencicipi kuliner khas setempat. Jika sobat tertarik untuk berkunjung ke danau ini maka sobat bisa langsung datang ke kecamatan limboto, kabupaten gorontalo.

6. Bukit Layang

Di gorontalo juga terdapat tempat wisata yang berada di atas ketinggian, yang tentunya cocok untuk menikmati keindahan alam dari atas ketinggian, tempat tersebut adalah bukit layang. Bukit layang sendiri terletak di Kel. Siendeng, Kecamatan Hulonthalangi, kota gorontalo. Bukit ini memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut sekaligu menjadi tempat favorit para pendaki.

Dari atas bukit ini sobat dapat melihat berbagai macam pemandangan di waktu yang berbeda-beda, di pagi hari sobat dapat melihat matahari terbit dan lautan awan yang membentang di depan mata, di sore hari sobat dapat melihat proses matahari terbenam, dan di malam hari sobat bisa melihat keindahan kota sekitar dengan gemerlap lampu-lampu yang menyala. DI tempat ini sobat juga bisa melakukan aktifitas berkemah, sobat dapat mengajak keluarga atapun sahabat ketika berkunjung ke tempat yang satu ini.

7. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha merupakan tempat wisata yang menyimpan sejarah di dalamnya. Benteng ini merupakan bangunan peninggalan belanda. Jika bangunan benteng biasanya terbuat dari batuan terbaik dan struktur pendukung yang baik lainnya, maka benteng ini terbuat dari batu kapur dan pasir dimana perekatnya menggunakan telur burung maleo. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik akan tempat ini. Selain menawarkan keindahan di dalamnya, benteng ini juga memiliki bentuk unik yang menawan. Benteng Otanaha sendiri terletak di Jalan Usman Isa, Dembe l, kecamatan kota barat, kota gorontalo.

8. Pantai Kurenai

Pantai kurenai merupakan salah satu pantai terindah di gorontalo. Pantai ini terletak di Botubarani, Kabila Bone, Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Meskipun pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang, akan tetapi sangat sedikit orang-orang melakukan aktifitas berenang di pantai ini karena mempunyai kedalaman yang cukup dalam. Sebagian orang lebih memilih untuk melakukan aktifitas diving saat berada di pantai ini. Selain memiliki ombal yang cukup tenang, pantai ini juga memiliki terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

Komentar