Daftar Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi

Daftar Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi

Bengkulu merupakan sebuah kota sekaligus ibukota dari Provinsi bengkulu. Provinsi bengkulu terletak di pulau sumatera tepatnya di bagian barat daya pulau sumatera yang berbatasan langsung dengan empat wilayah provinsi, yakni provinsi lampung, provinsi jambi, provinsi sumatera barat, dan provinsi sumatera selatan. Luas wilayah provinsi ini yakni sekitar 19.919 km² dengan jumlah populasi penduduk mencapai angka 1,9 juta lebih jiwa pada tahun 2019. Bengkulu sendiri juga merupakan salah satu kota yang kaya akan sejarah yang terjadi di masa lalu.

Fakta menarik lainnya tentang bengkulu adalah terdapatnya bunga raksasa atau yang biasa dikenal dengan nama Bunga Rafflesia arnoldi. Bunga tersebut bukan sebuah tanaman asing lagi bagi masyarakat bengkulu. Bunga Rafflesia arnoldi dikenal sebagai bunga raksasa sekaligus bunga terbesar di dunia. Bunga ini memiliki diameter sekitar 70 sampai 110 cm dengan berat 10 kg. Tentunya banyak wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke bengkulu untuk melihat Bunga Rafflesia arnoldi secara langsung.

Selain terkenal memiliki bunga terbesar di dunia, bengkulu juga terkenal karena memiliki benteng terbesar di asia, nama benteng tersebut adalah benteng marlborough. Tentunya benteng ini memiliki sejarah yang panjang dimasa lalu semasa kependudukan inggris di indonesia. Kini benteng tersebut menjadi sebuah objek wisata bersejarah yang ramai dikunjungi.

Bengkulu juga memiliki tempat-tempat wisata yang indah dan dapat membuat orang menjadi candu saat mengunjunginya.Bagi sobat yang berada di luar pulau sumatera maupun yang ada di pulau sumatera, apabila sobat sedang mencari destinasi wisata liburan di bengkulu, maka di bawah ini ada daftar mengenai tempat-tempat wisata di bengkulu yang wajib dikunjungi dan dicoba.

Daftar Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi


1. Pantai Pasir Panjang
Daftar Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi

Pantai pasir panjang atau dikenal juga sebagai pantai panjang, merupakan pantai yang populer sekaligus tempat wisata favorit yang selalu ramai didatangi oleh wisatawan maupun orang sekitar. Pantai panjang terletak di l. pariwisata, pantai panjang, lempuing, kecamatan ratu agung, kota bengkulu. Pantai panjang merupakan salah satu pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di indonesia yakni sekitar 7 km.

Salah satu yang unik dan menarik dari pantai ini adalah jika pantai biasa selalu terdapat poho kelapa di setiap sisinya, maka di tempat ini sobat tidak akan menemukan satu buah pohon kelapa pun di tempat ini karena digantikan dengan deretan pohon cemara dan juga pohon pinus. Tentunya pantai merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbit maupun terbenam. Fasilitas di pantai ini juga sudah terbilang cukup lengkap ada penginapan, tempat bermain, dan restoran.

2. Bukit Kaba

Jika sobat menyukai wisata ketinggian dan suka melihat pemandangan dari atas ketinggian maka sobat harus mengunjungi bukit yang satu ini. Bukit kaba menyajikan panorama alam yang sangat eksotis. Udara dingin dan sejuk juga mengerumini tempat wisata yang satu ini karena letaknya yang berada di antara pepohonan dan juga dataran tinggi. 

Bukit kaba sendiri berlokasi di sumber urip, kecamatan selupu rejang, kabupaten rejang lebong. Sobat bisa melihat pemandangan kawah yang masih aktif saat berada di puncak bukit ini, untuk mencapai puncak bukit ini ada dua cara yang bisa sobat lakukan yakni dengan menyewa ojek ataupun berjalan kaki.

3. Benteng Marlborough

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, benteng marlborough merupakan benteng terbesar di asia. Benteng marlborough merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki sejarah panjang dan merupakan bangunan peninggalan inggris. Benteng marlborough terletak di jalan benteng, kebun keling, kecamatan teluk segara, kota bengkulu. Benteng ini memiliki luas 240 x 170 meter dan menjadi benteng terkuat kedua milik inggris di wilayah timur. 

Saat memasuki kawasan ini sobat akan terkesima dengan gaya bangunan ala eropa yang kokoh dan juga kuat. Di tempat ini juga sobat akan menemukan benda-benda peninggalan inggris dan belanda yang masih terjaga dengan baik. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena merupakan sebuah peninggalan sejarah

4. Danau Biru

Seperti nama nya danau biru, danau ini memiliki air yang berwarna biru indah dan pekat, Danau ini terletak di surau, kecamatan taba menanjung, kabupaten bengkulu tengah. Tiket masuk untuk memasuki tempat ini sangat murah yakni sekitar Rp. 5.000. Udara di sekitar danau ini terasa sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan setiap sisinya. 

Selain itu danau ini juga masih terjaga dengan baik, dengan kata lain masih sangat alami dan natural. Meskipun danau ini memiliki eksotisme yang luar biasa, akan tetapi perlu sobat ketahui bahwa danau biru merupakan salah satu danau buatan. Untuk mencapai danau ini sobat harus sedikit melakukan pendakian melewati bebatuan terlebih dahulu.

5. Pulau Tikus

Mungkin nama dari pulau ini sedikit aneh dan membuat sobat berpikiran kalau pulau ini merupakan tempat tinggal berbagai macam jenis tikus, akan tetapi bukan seperti itu faktanya. Tempat ini merupakan salah satu tempat favorit wisata bahari. Pulau ini memiliki luas kurang lebih sekitar 2 hektar dan berada sekitar 10 km dari pusat kota bengkulu. Pulau tikus terletak di samudra hindia, kecamatan ratu agung, kota bengkulu.

Tempat wisata ini terkenal akan panorama lautnya yang menakjubkan yang dipenuhi oleh beberapa jenis terumbu karang. Di tempat ini sobat bisa menyaksikan berbagai jenis penyu apabila sobat beruntung, pasalnya penyu hanya keluar pada waktu malam hari saja. Akan tetapi sobat tidak perlu khawatir, sobat juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan seru lainnya saat berada di pulau ini seperti menyelam, snorkeling, dan memancing. Di pulau ini juga terdapat sebuah mercusuar yang masih berfungsi.

6. Teluk Sepang

Teluk sepang merupakan objek wisata yang memiliki panorama pantai yang tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lainnya yang berada di bengkulu. Teluk sepang terletak di kecamatan kampung melayu, kabupaten bengkulu. Bagi sobat yang mempunyai hobi surfing, pantai yang satu ini sangat cocok untuk melakukan aktifitas itu karena memiliki ombak yang cukup tinggi. Pemandangan bawah laut di teluk sepang ini juga sangat menawan.

7. Sungai Air Berau

Sungai berau terletak di kabupaten muko-muko dan menjadi destinasi wisata terfavorit di kalangan wisatawan. Sungai ini sering kali digunakan untuk aktifitas arung jeram karena memiliki arus yang cukup deras, selain itu sungai ini juga sering dijadikan sebagai tempat memancing maupun menangkap ikan. Tentunya jika sobat menyukai wisata arung jeram sobat harus mampir ke tempat wisata yang satu ini untuk merasakan petualangan menyusuri sungai berau.

8. Curug Sembilan

Wisata curug merupakan salah satu wisata yang banyak dicari orang. Curug sembilan atau air terjun tingkat sembilan merupakan destinasi wisata alam yang memiliki panorama indah yang mampu memanjakan mata para wisatawan. Air terjun ini memiliki 9 tingkatan dan dinobatkan sebagai curug paling indah yang ada di indonesia. 

Suasana di tempat ini masih alami dan juga asri, sehingga dapat membuat orang betah ketika berada di tempat ini. Untuk memasuki kawasan wisata ini sobat hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 setiap orangnya. Lokasi curug 9 ini berada di tanah hitam, marga sakti, kecamatan padang jaya, kabupaten bengkulu utara.

Komentar