8 Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Terkenal dan Hits, Wajib Dikunjungi Saat Liburan

8 Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Terkenal dan Hits, Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Sulawesi Tenggara atau biasa di singkat dengan sebutan sultra adalah sebuah provinsi di indonesia yang terletak di pulau sulawesi tepatnya di bagian tenggara di pulau sulawesi. Provinsi ini memiliki luas wilayah daratan sekitar 38.068 km² dengan jumlah penduduk mencapai angka 2 juta jiwa lebih. Kendari merupakan ibukota sekaligus pusat pemerintahan dari provinsi ini. Provinsi ini terbagi menjadi 2 kota dan 15 kabupaten. Perlu sobat ketahui, luas perairan provinsi ini hampir 3 kali lipat dari luas daratan. Jika luas daratannya hanya 38.068 km² maka luas perairan provinsi ini mencapai angka 110.000 km².

Terkenal akan wilayahnya yang cukup lumayan luas, tentunya provinsi ini memiliki menyimpan hal menarik dan keunikan di dalamnya, salah satunya adalah memiliki banyak bahasa daerah. tercatat ada sekitar 14 bahasa daerah di provinsi sulawesi tenggara, bahasa-bahasa tersebut diantaranya ialah bajo, bali, cia-cia, culambacu, jawa, lasalimur-kamaru, kulisusu, muna, maronene, pulo, sasak tolaki, sunda, dan wolio. Jika sobat mengunjungi daerah yang berbeda, maka tentunya logat dan gaya bahasa orang-orangnya pun akan berbeda.

Sulawesi tenggara juga terkenal akan destinasi wisatanya yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Taman nasional hingga benteng terluas di dunia terdapat di provinsi ini. Maka tak heran jika sulawesi tenggara sering kali menjadi tempat berlabuh bagi wisatawan. Banyak wahana wisata yang tersedia di provinsi ini, seperti wisata alam atau bahari, wisata budaya, wisata edukasi, dan wisata kuliner. Akan tetapi untuk saat ini kita hanya akan membahas wisata baharinya saja. Terdapat beberapa tempat wisata bahari yang terkenal dan juga hits di sulawesi tenggara yang wajib dikunjungi, bisa sobat simak secara langsung di bawah ini.

8 Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Terkenal dan Hits, Wajib Dikunjungi Saat Liburan


1. Taman Nasional Wakatobi

Taman nasional wakatobi merupakan salah satu taman nasional terluas yang ada di indonesia yang memiliki pemandangan laut yang cukup menawan. Taman nasional ini terletak di Lagiwae, Ambeua, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten wakatobi. Taman nasional ini menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Aktifitas menyelam di tempat ini merupakan hal yang paling utama, karena sobat akan melihat betapa indahnya pemandangan bawah laut di wakatobi, selain itu sobat juga dapat melihat segala macam terumbu karang dan berbagai macam jenis ikan yang hidup di dalamnya. Harga tiket masuk untuk tempat ini yakni Rp. 160.000 setiap orangnya. Memang harganya terbilang mahal, akan tetapi akan terbayarkan dengan pesona dan suasana alam di wakatobi.

2. Pulau Senja
8 Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Terkenal dan Hits, Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pulau senja terletak di wawatu, kecamatan moramo utara, kabupaten konawe selatan. Sesuai namanya ykni senja, pulau ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati senja di sore hari apalagi jika matahari terbenam. Pasalnya tempat ini menghadirkan panorama matahari yang sangat eksotis. Pantai di pulau ini juga memiliki garis pantai yang cukup panjang sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk jalan-jalan sembari menyusuri pantai. Pesona dan suasana alam yang dihadrikan di tempat ini akan membuat sobat betah dan tidak ingin pulang. Untuk bisa menikmati sensasi liburan yang luar bisa di pulau ini sobat hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 20.000.

3. Danau Biru Kolaka

Salah satu tempat wisata sekaligus danau yang cukup indah dan banyak dikunjungi oleh banyak orang di sulawesi tenggra adalah danau Biru Kolaka. Danau ini sendiri terletak di Walasiho, Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, dan menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan. Danau biru kolaka memiliki kedalaman sekitar 7 meter. Birunya air danau serta hamparan pasir putihnya yang cantik menjadi daya tarik akan tempat ini. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat snorkeling oleh para wisatawan karena memiliki pemandangan bawah air yang lumayan idah dan bisa melihat langsung berbagai macam jenis ikan di dalamnya.

4. Pulau Labengki

Pulau labengki merupakan destinasi terkenal lainnya yang ada di sulawesi tenggara. Pulau ini merupakan tempat yang wajib sobat kunjungi setelah pulau senja. Pulau labengki terletak di kecamatan lasolo, kabupaten konawe utara. Pesona dan suasana alam yang dihadirkan pulau ini sama indahnya dengan pulau senja. Pulau ini juga disebut-sebut mirip seperti raja ampat yang ada di papua. Bagi sobat yang ingin mencari ketenangan, mungkin sobat bisa mengunjungi tempat yang satu ini. Pasalnya tempat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang mencari ketenangan. Harga tiket masuk untuk memasuki tempat ini yaitu Rp. 50.000.

5. Tanjung Pemali

Terkenal akan keindahan air leutnya dan suasna alamnya yang luar biasa sehingga banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke tempat ini. Tanjung pemali beralamatkan di Burangasi Rumbia, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk mencari ketengan dan menghilangkan rasa penat. sayangnya fasilitas yang disediakan tempat ini masih belum lengkap untuk mendukung kegiatan pengunjung. Tempat ini terbilang masih cukup alami, dimana semua ekosistem yang ada di tempat ini masih terjaga dengan baik.

6. Wisata Bawah Laut Basilika

Wisata bawah laut basilika memiliki pemandangan laut yang luar biasa indah sama seperti di wakatobi. Tempat ini terletak di karae, kecamatan siompu, kabupaten buton selatan. Wisata ini juga cukup terkenal di kalangan para wisatawan. Salah satu aktifitas yang wajib sobat lakukan di tempat ini adalah diving. Hal tersebut karena di tempat ini terdapat banyak biota laut yang hidup di perairan ini disertai dengan terumbu karangnya yang indah yang sayang jika sobat dilewatkan. Selain diving sobat juga bisa bersantai di tempat ini sembari menikmati keindahan pulau buton dan juga pantainya.

7. Pantai Nirwana

Pantai nirwana di sebut juga sebagai surga yang tersembunyi karena menyimpan pemandangan alam yang luar biasa indah yang dapat memanjakan mata pengunjungnya. Pantai nirwana terletak di bau-bau, sulaa, kecamatan murhum, kota bau-bau. harga tiket untuk memasuki pantai ini terbilangan sangat murah, sobat hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp 2.000 sampai Rp. 5.000, dengan begitu sobat bisa menikmati keindahan alam di pantai nirwana. Pantai ini juga sangat ramai dikunjungi karena letaknya yang dekat dengan pusat kota. Banyak hal yang bisa sobat lakukan di tempat ini, diantaranya adalah berenang, bersantai, dan snorkeling.

8. Pantai Sagori

Pantai sagori merupakan pantai yang terkenal dan hits dikalangan para wisatawan. Lokasi pantai ini berada di sikeli, kecamatan kabaena, kabupaten bombona. Panorama dan susana alam yang dihadirkan pantai ini dapat membuat sobat betah dan ingin berlama-lama berada di tempat ini. Pantai ini juga merupakan pantai yang masih alami yang terjaga dengan baik, selain itu tempat ini juga merupakan tempat yang bersejarah di masa kependudukan belanda. Sobat bisa menikmati pantai ini dari atas maupun bawah lautnya.

Komentar