7 Tempat Wisata Alam Terkeren dan Terindah di Kalimantan Timur

7 Tempat Wisata Alam Terkeren dan Terindah di Kalimantan Timur

Kalimantan Timur atau kaltim merupakan sebuah provinsi di indonesia yang terletak di pulau kalimantan tepatnya di bagian ujung timur. Dulunya provinsi kalimantan timur merupakan provinsi terluas kedua di indonesia dengan luas 194.489 km persegi sebelum akhirnya provinsi ini mengalami pemekaran dan luas wilayahnya menjadi 127.347 km². Jumlah penduduk di provinsi ini hanya mencapai angka 3 juta lebih jiwa dan yang menjadikanya sebagai wilayah yang memiliki kepadatan penduduk terendah di indonesia. Pusat pemerintahan sekaligus ibukota dari provinsi ini adalah kota samarinda. Provinsi ini terbagi menjadi 3 kota dan 7 kabupaten.

Kaltim terkenal akan kerajaan-kerajaanya yang pernah berjaya di masa lalu, baik kerajaan hindu maupun islam. Mungkin sobat pernah mendengar beberapa nama kerajaanya, seperti kerajaan kutai, kesultanan berau, kesultanan pasir, dan kesultanan kutai kartanegara ing martadipura. Selain terkenal akan kerajaan-kerajaanya, provinsi ini juga terkenal akan hutan hujan trofisnya.

Provinsi ini juga memiliki banyak suku dan kebudayaan yang masih berjalan dan dilestarikan. Mungkin sobat berpikir hanya suku dayaklah yang tinggal di provinsi ini, akan tetapi bukan hanya suku dayak saja yang tinggal di kalimantan timur, ada suku bugis, suku kutai, suku bukat, suku banjar, suku bentian, suku penihing, dan tentunya suku jawa, yang merupakan suku terbanyak di provinsi ini. Selain suku-suku diatas, masih banyak juga suku-suku lainnya yang ada di kalimantan timur.

Perlu sobat ketahui, kaltim juga kaya akan tempat wisata. Tempat-tempat wisata di provinsi ini juga tidak kalah indah jika dibandingkan dengan provinsi lainnya yang ada di pulau kalimantan. Bahkan beberapa tempat diantaranya dapat memikat para wisatawan untuk mengunjunginya karena memiliki pesona yang memukau. Dibawah ini merupakan tempat wisata alam terkeren dan terindah yang ada di kalimantan timur.

7 Tempat Wisata Alam Terkeren dan Terindah di Kalimantan Timur


1. Wisata Bukit Bingkarai

Bukit Bingkarai merupakan salah satu tempat yang cocok untuk melihat pemandangan dari atas ketinggian. Tempat ini juga merupakan kawasan dari hutan hujan trofis yang memiliki luas 1500 hektar, maka dari itu tentunya udara di tempat wisata yang satu ini akan terasa dingin dan sejuk. Pesona dan keasrian tempat ini pun masih terjaga dengan baik sehingga tak heran kalau tempat ini menjadi sasaran para wisatawan untuk berlibur dan menghabiskan banyak waktunya di tempat yang satu ini.

Tempat yang satu ini cocok untuk menghilangkan rasa penat, pemandangan alam yang hijau tentunya dapat merefseh pikiran. Daya tarik lainnya dari tempat wisata yang satu ini adalah jembatan kanopi yang bernama jembatan Tajuk. Perlu sobat ketahui, jembatan ini berada di atas ketinggian 30 meter dengan panjang 64 meter, jadi sobat bisa melihat pemandangan indah lainnya saat berada di tengah jembatan. Jika sobat tertarik akan tempat wisata yang satu ini, sobat bisa mengunjunginya langsung di Karya Merdeka, Kecamatan Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

2. Hutan Mangrove Margomulyo

Hutan mangrove memiliki banyak manfaat salah satunya adalah mencegah abrasi. Meskipun hutan mangrove margomulyo merupakan kawasan konservatif, akan tetapi tempat ini juga dijadikan sebagai tempat wisata. Daya tarik dari wisata yang satu ini adalah keindahan alamnya yang khas akan hutan mangrove, selain itu terdapat pulau menara intai yang unik di tempat ini.

Di tempat ini sobat bisa melihat berbagai macam fauna, mulai dari burung-burung yang hinggap di setiap poho lalu pergi. Jika sobat beruntung, sobat juga bisa melihat bekantan yang bertenger di atas pohon bakau. Waktu yang cocok untuk menikmati wisata yang satu ini adalah di pagi hari. Hutan mangrove margomulyo terletak di Jalan AMD Gg. 4 No.RT 42, Margo Mulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

3. Goa Losan

Goa losan terletak di Jalan Tanjung – Kuaro, Batu Butok, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk sobat yang memiliki jiwa petualangan. DI tempat ini sobat akan merasakan sensasi petualangan yang unik dan juga menegangkan. Seperti yang kita ketahui, goa merupakan salah satu tempat yang gelap, di tempat ini sobat hanya bermodalkan senter dan obor saja. Di goa ini sobat akan menemukan beberapa hal unik, seperti sarang burung walat, sumber air, batu murni. dan batu alam bernada yang dimana apabila di pukul akan mengeluarkan suara seperti alat musik.

4. Pulau Beras Basah

Pulau beras basah merupakan pulau kecil yang terletak di Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang. Pulau ini menghadirkan pesona alam yang indah, sehingga tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Keindahan bawah laut di tempat ini juga sungguh memukau dan memanjakan mata. 

Sobat bisa menyelam dan melihat terumbu karang, berbagia jenis ikan, dan ekosistem laut lainnya. Sobat dapat melihat langsung keindahan biota laut di tempat ini karena memiliki air laut yang jernih. meskipun akses untuk menuju tempat ini terbilang cukup sulit, akan tetapi tidak menurunkan minat para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

5. Pantai Melawai

Pantai melawai merupakan salah satu pantai terindah di kalimantan timur. Pantai ini terletak di Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan. Seperti yang kita ketahui, pantai merupakan salah satu tempat yang cocok untuk melihat momen matahari terbit dan terbenam, banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai untuk melihat kedua momen itu. Untuk menikmati momen tersebut, sobat bisa langsung datang ke pantai melawai.

Di tempat ini, sobat bisa melihat momen matahari terbenam tanpa terhalang oleh perbukitan maupun pegunungan. Sobat hanya akan disuguhi oleh panorama pulau babi di seberang pulau. Tentunya melihat momen matahari terbenam di lautan di sertai dengan panorama pulau kecil, merupakan sebuah momen langka dan tidak akan pernah terlupakan. Jangan lupa juga untuk mengabadikan moemn tersebut dengan jepretan kamera.

6. Danau Labuan Cermin

Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat yang cukup menakjubkan. Pasalnya Danau yang satu ini menawarkan fenomena alami dan di luar nalar. Danau labuan cermin menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan karena menghadirkan pemandangan bawah lautnya yang indah. Danau ini terletak di Biduk-Biduk, Kecamatan Biduk Biduk, Kabupaten Berau. Salah satu fakta unik tentang danau ini adalah terdapat 2 jenis air yang berbeda dan tidak bercampur. bagian atas danau diisi dengan air tawar sedangkan bagian bawahnya diisi dengan air asin.

7. Pulau Derawan

Selain pulau beras basah, terdapat pula pulau yang menghadirkan pesona alam yang luar biasa indah yakni pulau derawan. Pulau derawan terkenal akan keindahan biota laut yang tiada duanya. Pulau ini terletak di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Pulau Maratua, Kabupaten Berau. Untuk mencapai tempat yang satu ini memerlukan waktu yang cukup panjang yang sangat melelahkan, akan tetapi semua itu akan terbayarkan dengan pesona yang ditawarkan pulau ini.

Banyak hal yang bisa sobat lakukan saat berada di pulau ini, diantaranya ialah menyelam, diving, snorkeling, surfing, berjalan-jalan disekitar pantai. Tempat ini juga merupakan destinasi favoritpara wisatawan.

Komentar