7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Kunjungi

7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Kunjungi

Jawa tengah adalah sebuah provinsi yang terletak di tengah-tengah pulau jawa, dan diapit oleh 2 provinsi lainya yakni provinsi jawa barat dan juga jawa timur. Luas provinsi jawa tengah yakni sekitar 32.800,69 km2 dengan angka populasi penduduk mencapai 36 juta lebih jiwa pada tahun 2020. Jawa tengah memiliki sejarah yang cukup panjang untuk diceritakan, provinsi ini dibentuk pada saat zaman hindia belanda. Beberapa kota besar yang cukup terkenal di provinsi ini antara lain yogjakarta, semarang, jepara, demak, magelang, dan klaten. Kota-kota tersebut cukup terkenal dan tidak asing di telingga sobat, karena terdapat di dalam buku pelajaran.

Jawa tengah terkenal akan kota yogjakartanya yang mendunia, dikarenakan terdapat sebuah peninggalan yang di akui dunia dan banyak di datangi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, tempat tersebut adalah Candi Borobudur. Meskipun yogjakarta merupakan sebuah kota yang cukup besar akan tetapi yogjakarta bukanlah ibukota dari provinsi jawa tengah, justru semaranglah yang menjadi ibukota dari provinsi ini. Akan tetapi perlu sobat ketahui, semarang adalah bagian dari 5 kota metropolitan terbesar di indonesia setelah jakarta, surabaya, bandung, dan medan.

Berbicara soal destinasi wisatanya, jawa tengah sendiri merupakan provinsi yang banyak memiliki destinasi wisata. Ada sekitar ratusan bahkan ribuan tempat wisata yang ada di provinsi ini. Jadi berlibur dan menghabiskan banyak waktu di jawa tengah tidak akan membuat sobat menyesal dan waktu yang dihabiskan tentunya tidak akan sia-sia. Berbagai macam wisata seperti gunung, pantai, religi, sejarah, budaya, dan kuliner merupakan andalan dari provinsi ini. Nah bagi sobat yang berencana untuk berlibur di jawa tengah maka sobat harus mencatat beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di jawa tengah yang mungkin membuat sobat tertarik untuk mengunjunginya, yuk mari ketahui tempat-tempat apa saja yang menjadi tempat terbaik itu.

7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Kunjungi


1. Candi Borobudur
7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Kunjungi

Borobudur masih menjadi tempat terbaik dan cukup terkenal di kalangan banyak orang, baik dalam negeri maupun mancanegara. Candi borobudur di susun dengan batuan yang padat dan tidak goyah. Candi ini sering kali di datangi oleh banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tempat ini sering kali menjadi objek wisata utama bagi para pelajar ketika sedang melakukan kunjungan wisata, terutama dari luar jawa tengah. 

Candi borobudur sendiri berlokasi di magelang, tepatnya 40 KM arah barat laut kota yogjakarta. Selain itu candi borobudur juga termasuk dalam 7 keajaiban dunia. Gimana sobat ? apakah tertarik untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

2. Candi Prambanan
7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Kunjungi

Candi prambanan adalah objek wisata sejarah lainya setelah candi borobudur. Candi ini juga cukup populer dan terkenal seperti halnya candi borobudur. Pemandangan yang dihadirkan oleh candi ini sangat eksotis dan menawan sehingga bisa menambah spot galery foto sobat, candi ini bisa kita nikmati pada siang hari maupun malam hari. Tentunya sobat sendiri yang harus menilai, apakah lebih menawan pada siang hari ataukah pada malam hari. 

Candi prambanan berlokasi di Jalan Raya Solo – Yogyakarta Nomor 16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika sobat ingin berkunjung ke candi prambanan maka sobat juga harus berkunjung ke candi borobudur, karena akan terasa kurang jika sobat melewatkan salah satu di antara dua tempat tersebut.

3. Taman Nasional Karimunjawa
7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Kunjungi

Objek wisata yang satu ini sangat cocok untuk sobat yang menyukai lautan. Taman nasional ini cukup terkenal di kalangan orang jepara bahkan sampai ke mancanegara. Tentunya Taman Wisata Karimunjawa menghadirkan nuansa alam yang cantik dan indah apalagi pada saat momen matahari terbit maupun terbenam.

Taman nasional karimunjawa sendiri berlokasi di Kabupaten Jepara, provinsi Jawa Tengah. Banyak hal yang bisa sobat lakukan saat berkunjung ke taman nasional ini,. sobat bisa menikmati wisata laut jawa yang menakjubkan ini dengan cara berenang, memancing, menyelam, snorkelling, dan melakukan penjelajahan laut yang memiliki air yang jernih tentunya akan menambah keseruan sobat ketika berkunjung ketempat ini.

4. Dataran Tinggi Dieng
7 Rekomendas7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Kunjungii Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Kunjungi

Nama dieng sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. Tempat ini sangat cocok dan banyak direkomendasikan bagi sobat yang menyukai wisata di atas ketinggian. Selain memiliki berbagai kawasan wisata, dieng juga terkenal akan peninggalan sejarahnya yang masih terjaga dengan apik hingga sekarang.

Dataran tinggi dieng terletak di Bakal Buntu, Bakal, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa sobat nikmati mulai dari telaga, pegunungan, candi, kawah, dan danau ada pada tempat yang satu ini. Jadi sobat tidak akan pernah bosan ketika mengunjungi tempat yang satu ini, dikarenakan sobat sendiri bisa memilih objek wisata yang ingin sobat datangi. Harga tiketnya pun terbilang cukup murah, jadi sobat bisa dengan leluasa menjelajahi dataran tinggi yang satu ini.

5. Puri Maerokoco

Puri maerokoco adalah salah satu objek wisata yang cukup menarik perhatikan. Puri maerokoco atau yang biasa juga dikenal sebagai taman mini jawa tengah indah adalah tempat dimana kita bisa mengenal kebudayaan jawa tengah secara menyeluruh. Kebudayaan yang bisa kita saksikan antara lain pakaian khas, rumah adat, sampai permainan tradisionalpun ada di tempat ini.

Puri ini berlokasi di Jalan. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selain itu tempat ini juga berada di kawasan hutan mangrove. Selain mendapatkan pengetahuan akan kebudayaan, sobat juga bisa menikmati wahana rekreasi yang ada di puri maerokoco dengan cara menaiki perahu. Sambil menaiki perahu sobat juga akan merasakan keasrian dari hutan mangrove, tentunya suasana dan sensasi yang dirasakan akan berbeda saat berkeliling dengan berjalan kaki.

6. Kota Lama
7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Kunjungi

Salah satu objek wisata lainya yang wajib di kunjungi ketika berada di semarang adalah kota lama semarang atau yang dikenal dengan little netherland. Salah satu alasan mengapa semarang dijuluki dengan sebutan little netherland adalah karena dulunya semarang merupakan sebuah kawasan pemerintahan kolonial belanda. Maka ketika sobat mengunjungi kota lama jangan heran karena bangunan di sana memiliki ciri khas ke-eropaan. Kota lama sendiri beralamatkan di jalan kartini, semarang.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi sobat yang menyukai sejarah. Disini sobat akan menjumpai beberapa bangunan bersejarah pada masa dulu seperti gereja blenduk, stasiun kereta api tawang, jembatan mberok, dan masih banyak lagi bangunan-bangunan peninggalan pada masa dulu.

7. Gunung Merbabu
7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Kunjungi

Destinasi wisata selanjutnya yang jangan sobat lewatkan adalah gunung merbabu. Gunung merbabu adalah salah satu gunung tertinggi yang ada di pulau jawa. Gunung merbabu terletak di boyolali, jawa tengah dan masuk dalam 4 wilayah yang berbeda. Gunung ini memiliki ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut dan juga merupakan gunung terfavorit di kalangan para pendaki.

jika sobat memiliki hobi mendaki gunung dan memiliki fisik yang kuat, cobalah ajak teman-teman sobat untuk mendaki gunung yang satu ini. Sobat akan mersakan pengalaman yang berbeda ketika mendaki gunung yang satu ini. Selain itu panorama yang dihadirkan di kala matahari terbit dan terbenam akan terlihat jauh lebih indah.

Komentar