Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Jambi Terbaru 2022 yang Lagi Hits dan Terkenal yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Jambi Terbaru 2022 yang Lagi Hits dan Terkenal yang Wajib Dikunjungi

Provinsi jambi merupakan provinsi yang terletak di pulau sumatera tepatnya di bagian pesisi timur, bagian tengah pulau sumatera. Provinsi ini terbilang memiliki wilayah yang cukup luas, provinsi jambi memiliki luas yakni sekitar 50.160 km² dengan angka populasi penduduk mencapai 3 juta lebih jiwa dan angka kepadatan penduduk mencapai 71/km2. Kota jambi merupakan ibukota sekaligus pusat pemerintahan dari provinsi ini.

Provinsi jambi maupun kota jambi cukup banyak dikenal oleh orang-orang karena menyimpan beberapa fakta unik dan menarik didalamnya. Salah satu hal yang cukup dikenal oleh orang-orang tentang provinsi ini adalah terdapatnya sebuah sungai terpanjang di sumatera yakni sungai batanghari. Sungai batanghari sendiri merupakan sebuah ikon sekaligus landmark bagi masyarakat jambi. Tempat ini juga dikenal sebagai tempat wisata yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi. 

Sungai ini memiliki panjang sekitar 800 meter dan mempunyai potensi yang cukup besar sebagai tempat wisata yang dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Menurut cerita legenda yang beredar, konon katanya di dasar sungai ini terdapat sebuah harta karun masa lampau sisa-sisa peninggalam kerajaan pada masa itu.

Jambi juga terkenal akan wisata pariwisatanya yang begitu terkenal dan memiliki banyak potensiyang sangat besar. Seperti yang sobat ketahui, potensi sungai batanghari saja sudah cukup besar sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Akan tetapi itu hanya sebagian saja dari tempat-tempat wisata terkenal lainnya yang ada di provinsi ini. 

Di tahun 2022 ini, tentunya sudah banyak tempat wisata yang baru dan lama yang semakin terkenal sekaligus menjadi tempat paling hits dikalangan anak muda. Bagi sobat yang mencari tempat-tempat wisata di jambi tidak perlu binggung untuk mencarinya, dibawah ini merupakan rekomendasi tempat wisata di jambi terbaru di tahun 2022 yang lagi hits sekaligus terkenal yang wajib dikunjungi.

Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Jambi Terbaru 2022 yang Lagi Hits dan Terkenal yang Wajib Dikunjungi


1. Pulau Penyu
Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Jambi Terbaru 2022 yang Lagi Hits dan Terkenal yang Wajib Dikunjungi

Salah satu destinasi wisata yang cukup menarik dan juga terkenal di jambi adalah pulau penyu. Pulau ini merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni.Seperti namanya pulau penyu, tempat ini merupakan sebuah habitat dari beberapa jenis penu yang ada di sekitar pulau. Lokasi pulau penyu sendiri terletak di pulau penyu, kecamatan sadu, kabupaten tanjung jabung timur. Selain melihat bebrapa jenis penyu sobat juga menikmati keindahan akan pulau penyu ini. Pulau ini memiliki panorama alam yang mempesona dan juga masih terjaga. Tiket masuk ke pulau ini dibandrol sekitar Rp. 30.000.

2. Taman Mini Jambi

Bukan hanya jakarta saja yang terdapat taman mini, di jambi pun ada juga terdapat taman mini, namanya Taman mini jambi. Taman mini jambi merupakan sebuah replika dari taman mini indonesia yang ada di jakarta. Taman mini jambi berlokasi di sungai lilin, kecamatan tanah sepenggal lintas, kabupaten bungo. Selain berwisata sobat juga bisa belajar tentang berbagai macam kebudayaan. Selain itu harga untuk memasuki tempat ini juga cukup murah, sobat hanya perlu mengeluarkan uang sebesarRp. 5.000 untuk anak-anak dan Rp. 8.000 untuk orang dewasa. DI tempat ini juga terdapat taman rimba yang memiliki pesona ciamik serta sejuk dan asri.

3. Air Terjun Pancoran Rayo

Air terjun pancoran rayo merupakan sebuah destinasi wisata alam yang berlokasi di jalan pulau tengah, dusun baru P. tengah, kecamtan keliling danau, kabupeten kerinci. tiket masuk untuk memasuki kawasan ini cukup murah, sobat hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 5.000 saja. Air terjun pancoran rayo memiliki ketinggian 150 meter di atas permukaan tanah, dan menjadi air terjun tertinggi di pulau sumatera. Akan tetapi akses untuk mencapai tempat ini terbilang cukup sulit, karena harus melewati treck yang lumayan cukup curam, tentunya usaha dan tenaga yang sobat keluarkan untuk mencapai tempat ini sebanding dengan panorama alam yang ditawarkan.

4. Geopark Merangin

Geopark Merangin merupakan sebuah tempat yang memiliki sejarah panjang dimasa lalu karena di tempat itu terdapat warisan zaman purba yang berumur 300 juta tahun. Beberpa fosil yang bisa sobat temukan saat di tempat ini diantaranya kayu, akar, hewan, daun, dan kerang-kerangan. Geopark marangin terletak di desa air batu, becamatan renah pembarap, kabupaten merangin. Untuk memasuki tempat ini sobat hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 10.000 setiap orangnya. Tempat wisata ini terkenal akan wisata arung jeramnya yang cukup menguji adrenalin. 

5. Menara Gentala Arasy

gentala arasy merupakan sebuah menara jam raksasa yang berlokasi di arab melayu, kecamatan palayangan, kota jambi. menara gentala arasy memiliki ketinggian sekitar 80 meter sekaligus menjadi ikon dari kota jambi sendiri. Salah satu yang unik dari menara ini yakni terdapat sebuah lonceng yang akan berbunyi ketika waktu sholat telah tiba. Di dalam menara ini juga terdapat sebuah museum yang menyimpan berbagai koleksi peninggalan sejarah jambi di masa lalu. Harga tiket untuk memasuki area wisata ini yakni Rp. 2.000.

6. Danau Kaco


Danau kaco terkenal karena memiliki air yang sangat jernih, bahkan saking jernihnya air tersebut terlihat seperti kaca/cermin. Udara sejuk dan segar menyelimuti daerah sekitar danau karena letaknya yang berada di daerah pengunungan, tepatnya di dusun baru lempur, kecamatan gunung raya, kabupaten kerinci. danau ini juga memiliki panorama yang menakjubkan yang membuat orang betah dan berlama-lama di tempat ini. Untuk merasakan dan menikmati keindahan danau ini sobat hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 setiap orangnya.

7. Candi Muaro Jambi

Jika sobat berpikir bahwa candi borobudur merupakan candi terbesar dan terluas di indonesia maka sobat salah besar. Faktanya candi muaro jambi memiliki luas sekitar 3981 hentar, tujuh kali lebih luas dari candi borobudur dan merupakan candi terluas di asia tenggra. Candi muaro jambi terletak di desa muara jambi, kecamatan maro sebo, kabupaten muaro jambi. candi ini diyakini merupakan peninggalan sejarah dari kerajaan sriwijaya dan kerajaan melayu. Harga yang ditawarkan untuk memasuki tempat ini yaitu Rp. 5.000.

8. Kebun Teh Kayu Aro

Salah satu destinasi wisata favorit lainnya di jambi adalah kebun teh kayu aro. Kebun teh kayu aro berlokasi di desa sungai jernih, kecamatan gunung tujuh, kabupaten kerinci. Saat sobat berkunjung ke tempat ini sobat akan disambut dengan udara sejuk sekaligus angin sepoi-sepoi yang menyejukan yang tentunya membuat badan terasa sejuk dan dingin. Panorama yang dihadirkan di kebun teh ini berbeda dengan kebun teh yang biasanya. Sobat akan melihat hamparan perkebunan teh yang luas disertai dengan pemandangan gunung yang terlihat dengan jelas, yang tentunya memiliki spot terbaik untuk mengambil foto.

9. Jambi Paradise

Jambi paradise menjadi salah satu tempat populer sekaligus mengasikan di provinsi jambi. Konsep dari tempat wisata ini bisa dibilang hampir sama dengan duffan yang ada di jakarta. Di tempat ini menyediakan berbagai macam wahana permainan yang menyenangkan, mulai dari wahana anak-anak hingga dewasa. Tentunya tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Untuk memasuki kawasan ini sobat hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp. 20.000 sampai Rp. 30.000 setiap orangnya. Jambi paradise sendiri berlokasi di simpang acai, kebon XI, kecamatan sungai gelam, kota jambi. 

10. Danau Gunung Tujuh

Danau gunung tujuh merupakan sebuah danau yang berada di area kaki gunung tujuh dan berada pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Danau ini berlokasi di belakang gunung kerinci tepatnya di pelompek, kecamatan kayu aro, kabupaten kerinci, danau ini masih termasuk dalam kawasan taman nasional kerinci seblat yang merupakan situs warisan dunia. Bagi para pendaki gunung, danau yang satu ini sudah tidak asing lagi, karena para pendaki sering kali ke danau ini setelah melakukan pendakian. Panorama yang dihadirkan di danau gunung tujuh sendiri hampir mirip dengan ranu kumbolo yang ada di gunung semeru.

Komentar