Rekomendasi 7 Tempat Wisata Alam di Kalimantan Tengah yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Alam di Kalimantan Tengah yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Kalimantan Tengah atau yang biasa disingkat dengan sebutan kalteng merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terletak di pulau kalimantan. Provinsi ini merupakan salah satu provinsi terluas di pulau kalimantan dan masuk jajaran 5 provinsi terluas di indonesia. Luas provinsi kalimantan tengah yaitu 153.564 km², meskipun memiliki luas yang besar, akan tetapi jumlah penduduk di provinsi ini masih kalah dengan provinsi jawa barat, jumlah penduduk di provinsi ini mencapai 2 juta lebih jiwa. Provinsi kalimantan tengah terdiri dari 13 kabupaten dan 1 kota, satu-satunya kota di provinsi ini merupakan ibukota sekaligus pusat pemerintahan dari provinsi ini.

Seperti yang sobat ketahui bahwa pulau kalimantan merupakan pulau yang kaya akan hutan trofisnya juga memiliki banyak sungai di dalamnya, tak terkecuali dengan provinsi kalimantan tengah. Di provinsi ini juga terdapat hutan yang lumayan luas beserta dengan sungainya yang lumayan banyak. Selain itu perlu sobat ketahui kalteng juga memiliki salah satu kota terbesar di indonesia kota tersebut adalah kota palangkaraya. Luas kota palangkaraya sendiri yakni 2,6 juta kilometer persegi atau 267,8 hektare.

Di kalteng sendiri terdapat beragam etnis dan kebudayaan, akan tetapi dari banyaknya etnis yang ada di provinsi ini hanya 3 etnis utama yang ada di provinsi ini, tiga etnis tersebut yakni etnis dayak, etnis jawa, dan etnis banjar. 

Selain itu kalteng juga terkenal akan wisata alamnya yang indah dan cukup menarik perhatian para wisatawan. Banyak dermaga-dermaga dibangun di setiap sungai besar sebagai wisata alam maupun sebagai sarana tranfortasi. Wisata alam di kalteng sendiri cukup menarik dan sangat rekomendasi bagi sobat yang mempunyai jiwa petualang. Bagi sobat yang sedang kebingungan mencari tempat wisata alam di kalteng, maka dibawah ini merupakan rekomendasi tempat wisata alam di kalimantan tengah yang menarik dan wajib dikunjungi.

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Alam di Kalimantan Tengah yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi


1. Pantai Ujung Pandaran

Jika sobat sedang berada di kalimantan tengah maupun akan pergi ke provinsi tersebut maka tidak ada salahnya sobat untuk mampir ke tempat wisata yang satu ini. Pantai ujung pandaran merupakan pantai yang memiliki pesona alam yang luar biasa indah. Tempat ini sering kali menjadi sasaran para wisatawan lokal maupun asing untuk menghabiskan waktu liburanya. Bagi sobat yang tinggal di kota, berlibur ke pantai ini merupakan solusi yang baik.

Deburan ombak yang menguncang daratan disertai dengan hamparan pasir putihnya yang luas menambah akan pesona keindahan pantai yang satu ini. Sobat juga bisa menyaksikan langsung upacara adat yang biasa di gelar di pantai tersebut jika sobat datang di waktu yang tepat. Pantai ujung pandaran terletak di ujung pandaran, kecamatan teluk sampit, kabupaten kotawaringin timur.

2. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman nasional tanjung puting merupakan salah satu wisata taman terbaik di pulau kalimantan dan juga di indonesia. Di tempat ini sobat bisa menyaksikan secara langsung bagaimana orang utan hidup di alam bebas dan bagaimana cara mereka berkembang biak, sobat juga bisa memberikan pakan hewan-hewan tersebut karena pakanya sudah disediakan langsung oleh pihak taman nasional.

Seperti yang kita ketahui Orang utan sendiri merupakan salah satu hewan yang dilindungi karena terancam punah, maka dari itu hewan ini harus dijaga dan dilestarikan dengan baik agar tidak mengalami kepunahan. Lokasi taman nasional ini berada di teluk pulai, kecamatan kumai, kabupaten kotawaringin barat.

3. Sungai Sekomyer

Bagi sobat yang menyukai hobi menjelajah dan berpetualang mungkin tempat wisata ini harus sobat coba. Sungai sekomyer merupakan sungai yang terletak di desa sungai sekonyer, kecamatan kumai, kabupaten kotawaringin barat. Tempat wisata yang satu ini menghadirkan suasana liburan yang berbeda dengan yang lainnya, di tempat ini sobat akan menyusuri sungai yang satu ini dengan sebuah perahu besar selama beberapa hari. 

Sobat tidak perlu khawatir akan serangan binatang buas karena perahu dan awak kapalnya sudah dibekali dengan berbagai macsm perlengkapan dan juga pengetahuan. Sembari menyusuri sungai, sobat juga dapat menikmati keindahan alam sekitar sembari menyantap makanan yang lezat.

4. Danau Biru Tewang


Danau biru tewang merupakan salah satu danau terindah yang ada di kalimantan tengah. Rasanya seperti ada yang kurang jika sobat tidak berkunjung ke danau yang satu ini. Danau biru tewang terletak di desa tewang pajangan, kecamatan kurun, kabupaten gunung mas. Salah satu daya tarik danau ini adalah air yang berwarna biru layaknya seperti awan, air danau di danau ini juga tidak pernah mengalami perubahan. Danau ini juga dikelilingi oleh banyak pepohonan hijau, sehingga menambah pesona keindahan akan danau yang satu ini.

Banyak pengunjung ke tempat ini untuk menikmati keindahanya sembari mengabadikan momen dengan cara berfoto-foto, maysarakat setempat pun sering kali berdatangan ke tempat ini untuk berfoto-foto, akan tetapi beberapa warga menggunakan air danau ini untuk mandi. Birunya air danau yang satu ini dipengaruhi oleh banyaknya plankthon yang hidup di danau/perairan ini.

5. Bukit Raya

mengabadikan momen di atas ketinggian merupakan salah satu kegemaran yang suka dilakukan oleh para pendaki, karena untuk mencapai suatu puncak memerlukan tenaga dan tekad yang kuat. Salah satu dataran tinggi yang cukup terkenal di kalangan para pendaki kalimantan tengah adalah bukit raya atau biasa dikenal juga sebagai gunung bukit raya. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung tertinggi di indonesia. Gunung bukit raya terletak di desa rantau malam, kecamatan serawai, kabupaten sintang.

Bagi sobat yang menyukai pendakian mungkin sobat bisa mencoba mendaki gunung yang satu ini. Waktu yang diperlukan agar samapi di puncak gunung ini adalah lima hari perjalanan. Selama pendakian sobat bisa menikmati keindahan alam sekitar yang masih lestari, flora dan fauna yang ada di gunung ini juga masih terjaga dengan baik.

6. Gunung Usung Purukcahu

Selain gunung bukit raya, di kalimantan juga terdapat gunung yang mempunyai pesona yang tidak kalah menarik lainnya, gunung tersebut ialah gunung usung purukcahu. Selain memiliki pesona yang indah, gunung ini juga masih terjaga keasrianya sama halnya dengan gunung bukit raya. Bagi sobat yang masih awam dalam pendakian diharapkan bagi sobat untuk berpikir-pikir terlebih dahulu karena jalur untuk menuju puncak gunung ini cukup terjal dan memiliki medan yang berat.

7. Pantai Kubu

Salah satu pantai yang memiliki daya tarik dan ciri khasnya tersendiri yaitu pasir pantainya yang berwarna kecoklatan. Warna pasir pantai ini diakibatkan dari pengaruh hutan gambut yang berada tak jauh dari pantai. Pantai kubu sendiri berlokasi di kubu, kecamatan kumai, kabupaten kotawaringin barat. Karena letak pantai ini yang cukup ideal dan jauh dari kota, maka sobat bisa pergi ke pantai ini untuk mengasingkan diri dari keramaian kota.

Komentar