Inilah Tempat Wisata Terbaik di Kalimantan Selatan yang Patut Dicoba

Inilah Tempat Wisata Terbaik di Kalimantan Selatan yang Patut Dicoba

Kalsel atau kalimantan selatan merupakan sebuah provinsi di indonesia yang terletak di pulau kalimantan. Pada tahun 2022 ini ibukota kalimantan selatan mengalami perubahan, awalnya provinsi ini beribukota di Banjarmasin, akan tetapi saat ini ibukota dari kalimantan selatan adalah Banjarbaru. Luas ini yaitu sekitar 38.744 km² dengan angka populasi penduduk mencapai 4 juta lebih jiwa, memang jumlah penduduk di provinsi ini lumayan cukup banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk di provinsi lainnya yang ada di pulau kalimantan. Meskipun tidak seluas dengan provinsi kalimantan timur, kalimantan barat, dan kalimantan tengah, akan tetapi kalsel menyimpan berbagai daya tariknya tersendiri.

Kalimantan selatan juga terkenal akan sektor pariwisatanya yang cukup mempesona. Di provinsi ini sobat bisa menemukan berbagai macam wisata, seperti wisata alam, wisata buatan, wisata kuliner, wisata sejarah, dan wisata budaya. Tentunya dari sekian banyaknya tempat wisata di provinsi ini, hanya beberapa tempat saja yang bisa dikatakan terbaik menurut para wisatwan. Akan tetapi setiap orang tentunya memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai yang terbaik. Bagi sobat yang tentunya memiliki rencana berlibur ke kalimantan barat dan berniat mengunjungi beberapa tempat wisata di sana, maka di bawah ini merupakan tempat wisata terbaik di kalimantan selatan yang patut dicoba.

Inilah Tempat Wisata Terbaik di Kalimantan Selatan yang Patut Dicoba


1. Pantai Jodoh

Nama pantai yang satu ini memang cukup unik dan menarik sehingga banyak para wisatawan yang berdatangan ke tempat ini, pasalnya menurut cerita yang beredar pantai ini dipercaya dapat memberikan jodoh dan juga sebagai tempat tempat yang cocok bagi pasangan yang sudah menikah. Salah satu daya tarik wisata pantai adalah menikmati momen dimana matahari tenggelam.

Sobat bisa menikmati momen tersebut melalui jembatan panjang yang ada di pantai tersebut. Hembusan angin yang sejuk dan suara deraian ombak menjadikan wisatawan akan merasa nyaman saat berada di pantai ini. Pantai jodoh sendiri berlokasi di jalan jenderal sudirman, siring, antasan besar, kecamatan banjarmasin tengah, kota banjarmasin.

2. Teluk Tamiyang

Teluk tamiyang merupakan salah satu teluk terindah ddi pulau kalimantan dan memiliki panorama yang memanjakan mata. Teluk ini berlokasi di kecamatan pulau laut tanjung selayar, kabupaten kotabaru. Tempat ini cukup ramai dikunjungi karena memiliki pesonanya tersendiri seperti pantainya yang indah, bentangan pasir putih yang cukup panjang, dan beningnya air laut.

Bagi sobat pecinta alam, tempat ini wajib banget sobat kunjungi saat berada di pulau kalimantan. Fasilitas di tempat ini juga sudah memukau, jadi sobat tidak perlu khawatir lagi tentang fasilitas yang ada di tempat ini. Harga tiket masuk ke pantai ini cukup murah, sobat hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 10.000 saja setiap orangnya.

3. Menara Pandang

Tentunya wisata sobat tidak akan lengkap apabila sobat melupakan tempat yang satu ini. Menara pandang merupakan salah satu ikon penting dari kota banjarmasin. Menara ini memiliki ketinggian 21 meter. Menara ini terletak di jalan kapten piere tendean nomor 07, gadang, kecamatan banjarmasin tengah, kota banjarmasin. 

Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah sobat bisa melihat berbagai penjuru kota melalui menara ini, sobat bisa menikmati keindahan dan panorama kota banjarmasin melalui menara yang satu ini. Selain itu untuk memasuki tempat ini juga sobat tidak di punggut biaya, alias gratis. Maka dari itu tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang.

4. Waduk Riam Kanan

Waduk riam kanan juga merupakan salah satu tempat wisata yang tidak boleh terlewatkan oleh sobat. Pemandangan alam di sekitar waduk ini cukup memanjakan mata, selain itu udara sejuk dingin dan bersih tentunya menyelimuti sobat saat berada di tempat ini. Meskipun wisata ini termasuk dalam wisata buatan, akan tetapi panorama alam yang dihadirkan di tempat ini tidak akan membuat pengunjungnya kecewa.

Danau ini memiliki air yang berwarna hijau dan menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan. bagi sobat yang sedang mencari ketenangan, maka cobalah datang ke tempat ini. Sobat juga bisa mengelilingi danau ini dengan menggunakan kelotok dan pondok-pondok kayu. Jika sobat berminat untuk berkunjung ke tempat ini maka sobat bisa langsung datang ke tiwingan lama, kecamatan aranio, banjar.

5. Pulau Bakut

Pulau bakut merupakan pulau kecil yang menawarkan sejuta keindahan di dalamnya. Pulau ini memiliki luas sekitar 18 hektar. Pulau bakut dihuni oleh tumbuhan dan hewan yang mampu beradaptasi dengan pasang surutnya air. berbeda dengan pulau lainnya yang terletak di laut, pulau ini justru terletak di tengah aliran sungai barito. Pulau ini juga merupakan rumah bagi bekantan, satwa endemik di kalimantan. Di pulau ini juga terdapat sebuah menara pandang, menara tersebut selalu digunakan oleh orang-orang untuk melihat pemandangan sekitar pulau bakut. Pulau bakut berlokasi di marabahan baru, kecamatan anjir muara, kabupaten barito kuala.

6. Taman Labirin Pelaihari

Di tempat ini sobat bisa bermain labirin layaknya di sebuah game. Wisata yang satu ini cocok untuk dinikmati bersama keluarga, tentunya momen-momen kebersamaan ketika berada di tempat ini tidak akan terlupakan. Tempat ini mempunyai daya tariknya tersendiri dalam mengundang banyak wisatawan.

Taman ini merupakan taman alami dan bukan sintetis, suasana yang dihadirkan taman ini juga sangat asri sehingga membuat betah para wisatawan. Untuk menikmati taman ini sobat cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 2.000 saja setiap orangnya. Taman labirin pelaihari terletak di sungai jelai, kecamatan tambang ulang, kabupaten tanah laut.

7. Museum Wasaka

Tidak hanya wisata alam saja yang tersedia di provinsi kalimantan selatan, terdapat juga wisata edukasi salah satunya adalah museum wasaka. Museum ini terletak di Jalan Kampung Kenanga, Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Tempat ini menyimpan banyak benda-benda sejarah dan menjadi bukti perjuangan rakyat kalimantan selatan pada masa kependudukan belanda. Mulai dari senjata kuno hingga senjata modern berada di tempat ini, sobat juga bisa menemukan benda-benda kuno lainnya seperti kamera, perabot, mesin tik, dan masih banyak lagi benda-benda kuno lainnya yang bisa sobat temukan di tempat ini. Jika sobat tertarik akan tempat wisata yang satu ini cobalah berkunjung, karena dapat menambah pengetahuan.

8. Bukit Matang Kaladan

Bagi sobat yang menyukai wisata ketinggian dan suka melihat pemandangan dari atas ketinggian maka cobalah untuk datang ke bukit yang satu ini. Bukit Matang Kaladan merupakan bukit yang cukup populer di kalangan wisatawan. Bukit ini menghadirkan pemandangan alam yang cukup mempesona, menyajikan pemandangan perbukitan hijau yang mengelilingi danau.

Selain di manjakan oleh pemandangan-pemandangan tersebut, sobat juga akan disuguhkan dengan dingin dan sejuknya udara di area perbukitan. Selain itu sobat juga akan mendengar suara kicauan burung-burung yang ada di tempat ini, sobat juga bisa mendengarkan suara-suara alam lainnya ketika berada di tempat yang satu ini. Suana nyama dan tenag dari tempat ini dapat membuat wisatawan nyaman. Bukit Matang Kaladan berlokasi di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

Komentar