7 Destinasi Wisata Terbaru dan Paling Menarik di Provinsi Riau

7 Destinasi Wisata Terbaru dan paling Menarik di Provinsi Riau

Riau merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terletak di pulau sumatera tepatnya di bagian tengah pantai timur pulau sumatera. Provinsi ini memiliki luas sekitar 87.024 km² dan menjadikanya sebagai provinsi terbesar yang ada di pulau sumatera dan juga salah satu provinsi terbesar di indonesia. Provinsi riau juga terkenal akan beragam kultur budaya khas melayu yang sangat kuat. Banyak juga kota-kota besar di provinsi ini, salah satunya pekanbaru. Pekanbaru merupakan kota terbesar sekaligus ibukota dari provinsi riau.

Provinsi ini merupakan salah satu provinsi terkaya di indonesia, karena banyak sekali sumber daya alam yang ada di provinsi ini. beberapa sumber daya alam yang dihasilkanya diantaranya Gas alam, minyak bumi, karet, kelapa sawit, dan perkebunan serat. Akan tetapi di balik kekayaan itu tentunya ada beberapa hal yang harus disayangkan yaitu penebangan hutan yang merajalela yang tentunya dapat mengurangi luas hutan yang ada di provinsi riau. Alasan utama penebangan hutan adalah untuk memperluas perkebunan kelapa sawit dan juga produksi kertas. Hal tersebut juga mengakibatkan negara malaysia dan singapura terganggu karena asap yang dihasilkan dari kedua proses tersebut.

Selain terkenal akan beragam kultur budaya khas melayunya serta sumber daya alam yang dihasilkanya, riau juga terkenal akan aktivitas pariwisatanya. sangat banyak destinasi-destinasi wisata di riau yang cukup populer dan menarik banyak wisatawan luar pulau untuk datang ke provinsi ini, baik wisatawan lokal maupun mancanegara mungkin sobat salah satunya. Baik dalam kondisi biasa maupun liburan tempat-tempat wisata selalu ada yang mengunjunginya. 

Mungkin diantara sobat ada yang berkeinginan untuk berlibur dan menghabiskan waktu liburanya untuk menjelajahi provinsi riau sembari mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sana. Tentunya banyak sekali tempat wisata di provinsi ini dan tidak mungkin semuanya langsung di kunjungi di waktu yang bersamaan maupun berdekatan. baik tempat wisata baru maupun lama tentunya selalu memiliki keunikanya masing-masing. Bagi sobat yang kebingungan mencari tempat-tempat wisata terbaru di provinsi riau sobat tidak perlu khawatir, karena di bawah ini ada beberapa tempat wisata terbaru dan paling menarik di provinsi riau yang bisa sobat coba.

7 Destinasi Wisata Terbaru dan paling Menarik di Provinsi Riau


1. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Berjarak sekitar 23 Km dari pusat kota pekanbaru, Taman Hutan Raya Sultan Syarif kasim ini merupakan sebuah kawasan hutan konservasi yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga, sahabat, maupun orang spesial bagi kita. Banyak anak muda yang mengunjungi tempat yang satu ini. Di taman hutan ini sobat dapat menemukan berbagai macam flora maupun fauna, serta tempat ini juga dijadikan sebagai pusat pelatihan gajah.

2. Desa Okura

Salah satu tempat bersantai lainnya yang ada di provinsi riau adalah desa okura. Letak desa okura sendiri berada di antara dua kabupaten yakni kabupaten palalawan dan kabupaten siak tepatnya di jalan raya panjang okura, tebing tinggi okura, rumbai pesisir, kota pekanbaru. Mungkin sebagian sobat berpikir nama desa ini hampir sama dengan nama desa yang ada di jepang, akan tetapi jangan berharap lebih untuk bertemu orang jepang di desa ini. Hal yang paling mencolok dari tempat wisata ini adalah argowisatanya yang menghibur. Banyak sekali hal yang bisa sobat lakukan saat berada di tempat ini yang tentunya tak akan terlupakan, jika sobat penasaran maka sobat bisa langsung mengunjungi tempat yang satu ini.

3. Teluk Rhu Rupat

Teluk rhu rupat merupakan sebuah tempat dimana masyarakat desa rhu rupat tinggal. Tempat ini terletak di kecamatan rupat utara, kabupaten bengkalis. Di teluk ini sobat bisa mengetahui keseharian masyarakat di kabupaten bengkalis. Sobat juga berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar. Banyak hal yang bisa sobat lakukan di tempat ini diantaranya bermain air dan pasir serta melihat proses pembuatan ikan asin. Akses untuk memasuki tempat ini cukup mudah sehingga sobat tidak perlu khawatir lagi, untuk memasuki kawasan ini sobat juga tidak perlu mengeluarkan uang sepersenpun alias gratis.

4. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman rekreasi ini terletak di pekanbaru tepatnya di jalan Imam Munandar, taman alamm ayang No.depan, Tengkerang Tim., Kecamatan Tenayan Raya. Di tempat ini banyak sekali wahana air yang bisa sobat coba bersama keluarga maupun sahabat, seperti mengendarai bananboat, memancing, bermain bola raksasa, dan mengendarai sepeda air. Selain itu sobat juga bisa mencoba wahana lainnya seperti flaying fox. Harga untuk memasuki kawasan ini yakni sekitar Rp. 13.000 untuk anak-anak dan Rp 18.000 untuk dewasa.

5. Danau Koto Panjang

Danau koto panjang adalah salah satu danau eksotis di provinsi riau dan dibangun oleh 2 negara yang melakukan kerja sama yakni jepang dan indonesia. Danau koto panjang terletak di desa tanjung alai, Kecamatan XIII koto, kabupaten kampar. Ukuran dan luas danau koto tidak seluas danau-danau yang ada di indonesia, akan tetapi salah satu hal menarik dari danau ini adalah terdapatnya sebuah pulau di tengah danau. Sehingga ketika dilihat dari atas ketinggian maka pesona danau ini akan terlihat lebih indah. Banyak aktifitas yang bisa dilakukan di tempat ini diantaranya hunting foto, memancing, bermain air, dan mengelilingi danau dengan menggunakan kapal tradisional. Sobat juga bisa melakukan aktifitas seru lainnya seperti melakukan camping di sekitar danau.

6. Istana Siak

Bagi sobat yang memiliki keinginan untuk berkunjung ke luar negeri dan melihat istana-istana mewah sembari berfoto-foto, maka kali ini sobat tidak harus jauh-jauh ke luar negeri. Di indonesia juga terdapat istana yang tidak kalah keren jika dibandingkan dengan istna-istana di luar sana. Salah satunya adalah istana siak. Tempat ini dulunya merupakan pusat pemerintahan kesultanan siak yang didirikan pada tahun 1889. Tempat ini memiliki 2 lantai. Dimana di setiap lantainya terdapat berbagai macam koleksi seni bernilai tinggi peninggalan keluarga sultan. Jadi gimana ? masih mau keluar negeri.

7. Pantai Sepahat

Pantai sepahat terletak di kabupaten bengkalis, tepatnya di desa sepahat, bukit batu. Pantai ini masih belum banyak diketahui oleh orang-orang yang tentunya masih terjaga keasrianya dengan baik. Pantai ini memiliki garis pantai yang lebar serta luas membentang. Ketika mengalami musim surut, pantai ini mengalami pelebaran yang signifikan. Pantai sepahat merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di provinsi riau. Karena tempat ini masih belum memiliki pengunjung yang banyak tentunya suasana tidak akan seramai pantai terkenal lainnya sehingga cocok digunakan untuk mencari ketenangan sembari menghilangkan penat.

Komentar