Inilah Destinasi Wisata Terbaik dan Terpopuler di Sulawesi Barat yang Wajib Dikunjungi

Inilah Destinasi Wisata Terbaik dan Terpopuler di Sulawesi Barat yang Wajib Dikunjungi

Sulbar atau sulawesi barat merupakan sebuah provinsi di indonesia yang terletak di pulau sulawesi tepatnya di bagian barat pulau sulawesi. Provinsi ini memiliki luas wilayah daratan kurang lebih sekitar 16.787 km² dan jumlah penduduk mencapai angka 1,5 juta lebih jiwa (2019). Perlu sobat ketahui, Provinsi sulawesi barat ini pernah menjadi bagian dari provinsi sulawesi selatan sebelum terjadinya pemekaran. Ibukota sekaligus pusat pemerintahan dari provinsi sulawesi barat adalah kota mamuju, provinsi ini juga terbagi menjadi 6 kabupaten dengan mayoritas penduduknya beragama islam.

Provinsi Sulawesi barat juga terkenal sumber daya alamnya yang melimpah, terdapat 3 sektor utama yang menghasilkan hasil yang lumayan besar. Ketiga sektor yang berpengaruh besar tersebut diantaranya adalah sektor perikana, pertanian, dan kehutanan.

Pulau sulawesi merupakan tempat yang cocok untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga maupun sahabat. Pulau ini terkenal akan destinasi pariwisatanya yang cukup memukau, salah satunya di provinsi sulawesi barat. terdapat beberapa tempat yang cukup populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun asing. Bagi sobat yang sedang memilih tempat untuk berlibur, mungkin berkunjung ke provinsi sulbar merupakan solusi yang tepat. Sobat bisa memilih wisata yang sobat inginkan, mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata budaya, dan wisata kuliner, sobat bisa memilih langsung tipe wisata apa yang sobat inginkan.

Jika sobat sekarang sedang berada di sulawesi barat ataupun memiliki rencana berlibur ke provinsi sulbar, maka jangan sampai sobat melewatkan tempat-tempat wisata terbaik di provinsi sulbar. Di bawah ini merupakan beberapa tempat wisata terbaik sekaligus terpopuler di sulawesi barat yang wajib dikunjungi.

Inilah Destinasi Wisata Terbaik dan Terpopuler di Sulawesi Barat yang Wajib Dikunjungi


1. Buntu Liarra

Buntu Liarra terletak di Parondobulawan, Kecamatan Tanduk Kalua, Kabupaten Mamasa, menjadi salah satu destinasi terbaik di sulawesi barat. Bagi sobat yang mempunyai hobi mendaki mungkin sobat bisa mencoba tempat wisata yang satu ini karena tempat ini sering kali didatangi oleh para pendaki. Memang Untuk menikmati keindahan tempat yang satu ini memerlukan tenaga dan juga waktu, akan tetapi semua rasa lelah akan terbayarkan oleh panorama dan keindahan yang dihadirkan tempat ini. Beberapa momen yang bisa sobat lihat saat berada di atas ketinggian adalah momen lautan awan yang menjulang, matahari terbit, dan matahari terbenam.

2. Pantai Manakarra

Menikmati momen matahari terbenam dengan panorama alam yang indah merupakan sebuah momen langka yang tentunya diinginkan setiap orang, untuk menikmati momen tersebut biasanya orang berkunjung ke pantai. Salah satu pantai di sulawesi barat yang menghadirkan panorama alam yang indah adalah pantai manakarra. Pantai ini terletak di Jalan Yos Sudarso, Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju. Setiap hari pantai ini selalu memiliki banyak pengunjung, apalagi di hari libur yang tentunya sangat padat. Bukan hanya siang hari dan sore hari saja, pantai ini juga ramai di kunjungi pada malam hari. Sobat bisa menikmati pemandangan laut yang mempesona saat berada di tempat ini.

3. Pantai Gonda

Selain pantai manakarra, terdapat juga pantai indah dan menjadi destinasi wisata terfavorit di kalangan wisatawan, pantai tersebut adalah pantai gonda. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang terbilang baru, akan tetapi pemandangan laut dan panorama alam yang dihadirkan pantai ini dapat membuat pengunjung terpukau. 

Banyak aktifitas yang bisa sobat lakukan saat berada di pantai ini diantaranya yaitu Berenang, menyusuri hutan bakau, dan snorkeling. Saat melakukan snorkeling sobat akan melihat keindahan bawah laut pantai gonda yang ditumbuhi oleh berbagai jenis terumbu karang dengan berbagai macam jenis ikan yang tinggal di dalamnya. Jika sobat berminat berkunjung ke pantai ini sobat bisa langsung berkunjung ke Laliko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar.

4. Anjoro Pitu

Anjoro pitu merupakan sebuah area perbukitan yang terletak di Rimuku, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, selain itu anjoro pitu juga merupakan kawasan kelapa tujuh. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di sulawesi barat. Suasana yang dapat sobat rasakan di tempat ini adalah sejuk dan segar karena termasuk dataran tinggi selain itu sobat bisa melihat pemandangan yang indah saat berada di tempat ini. Sobat dapat melihat pemandangan kota dengan lautan yang luas di tempat ini. Pemandangan kota tersebut akan lebih indah dan menarik jika sobat melihatnya pada malam hari dikala lampu-lampu menyala dan bulan purnama.

5. Pulau Gusung Toraja

Pulau gusung toraja terletak di Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Pulau ini dikenal juga sebagai pulau pasir putih karena sebagian pasir di tempat ini memiliki warna putih. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan, sehingga sangat disayangkan apabila sobat melewatkan tempat yang satu ini saat berada di sulawesi barat. Pulau ini memang tidak berpenghuni, akan tetapi terdapat beberapa fasilitas yang bisa sobat gunakan dengan bijak. Karena di tempat ini tidak ada yang menjual makanan dan cemilan, maka sangat diwajibkan bagi sobat untuk membawa makanan dan cemilan saat berkunjung ke tempat ini.

6. Rawa Bangun

Tempat wisata yang satu ini memang terbilang masih asri karena dikelilingi oleh berbagai macam jenis pepohonan dan tanaman yang lumayan cukup lebat. Rawa bangun sendiri terletak di Batetangnga, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Di tempat ini juga sudah terdapat kolam renang yang bisa sobat gunakan ketika ingin berenang. Air kolam renang tersebut tentunya diisi dari sumber mata airnya langsung, sehingga apabila sobat berenang maka akan terasa segar dan dingin. Selain kolam renang, terdapat juga kolam ikan dengan berbagai jenis ikan didalamnya.

7. Air Terjun Tamasapi

Tempat wisata yang populer di sulawesi barat tidak hanya laut, pantai dan perbukitan saja. Terdapat pula air terjun yang biasa di datangi oleh para wisatawan. Salah satu air terjun yang menyimpan keindahan dan memiliki panorama alam luar biasa adalah air terjun tamasapi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dan terletak di Desa Mamunyu, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju. Tempat wisata yang satu ini masih terjaga keasrianya dan memiliki udara sejuk dingin yang tentunya menyelimuti tubuh. Sambil menikmati keindahan air terjun ini, sobat juga bisa mencicipi sebuah durian yang dijual oleh masyarakat setempat.

8. Mangrove Rewataa

Mangrove rewataa merupakan tempat wisata yang tergolong masih baru akan tetapi sudah mendapat perhatian lebih dari para wisatawan. Tempat ini terletak di jalan poros majene - mamuju, lalampanua, pamboang, kabupaten, majene. DI tempat ini terdapat sebuah jembatan sepanjang 152 meter yang cocok untuk aktifitas trekking. Sobat bisa melihat keindahan akan kawasan mangrove di tempat tersebut ketika berada di atas jembatan. jangan lupa juga untuk mengabadikan beberapa momen saat berada di tempat tersebut. DI tempat ini juga terdapat warung yang menjual makanan-makanan khas setempat, yang tentunya membuat pengunjung semakin betah.

Komentar