7 Destinasi Wisata Populer di Sumatra barat

7 Destinasi Wisata Populer di Sumatra barat

Sumatra barat atau yang biasa di kenal dengan sebutan sumbar merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terletak di pulau sumatra. provinsi ini memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 42.013 km² dengan jumlah populasi penduduk menacapai 5,5 juta jiwa lebih sekitar 85% penduduk sumatra barat beragama islam, sedangkan 15% sisanya dari agama lainya. Suku Minangkabau merupakan suku yang mendominasi provinsi sumatra barat. Mereka berperan penting dalam pembentukan identitas dan membentuk ciri khasnya provinsi ini. Provinsi sumatra barat berbatasan langsung dengan empat provinsi yakni sumatra utara, jambi, bengkulu dan riau. Salah satu kota besar dari provinsi ini adalah padang, padang juga merupakan ibukota dari provinsi sumatra barat.

Padang terkenal akan makanannya yang enak-enak dan memiliki rasa yang sedikit kepedas-pedasan. Tak sedikit makanan padang bisa kita jumpai di setiap daerah, karena orang sumatra cenderung suka melakukan perantauan ke berbagai provinsi yang ada di indonesia sembari mendirikan usaha makananya. Jika sobat ingin mencicipi makanan khas padang maka sobat tinggal pergi ke rumah makan padang, karena di sanalah tempat berbagai macam jenis makanan padang berada. Sobat bisa menilai sendiri bagaimana rasa makanan khas padang.

Selain terkenal akan masakan padangnya yang enak-enak, sumatra barat juga terkenal akan wisata alamnya yang menyimpan berbagai keindahan. banyak sekali tempat wisata yang terkenal di provinsi ini, mulai dari pantai, lautan, pegunungan, air terjun, dan masih banyak lagi. Bahkan tak sedikit wisatawan asing yang mengunjungi provinsi ini. Nah jika sobat sedang mencari tempat-tempat wisata di sumatra barat, di bawah ini ada beberapa destinasi wisata populer di sumatra barat yang mungkin membuat sobat tertarik untuk mengunjunginya.

7 Destinasi Wisata Populer di Sumatra barat


1. Museum Adityawarman
7 Destinasi Wisata Populer di Sumatra barat

Museum adityawarman merupakan salah satu tempat yang wajib banget untuk sobat kunjungi. museum ini di bangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada 1977. museum adityawarman terletak di Jalan. Diponegoro No.10, Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Nama adityawarman sendiri merupakan nama besar sekaligus merupakan seorang raja malayapura pada abad ke 14, yang dimana abad tersebut masih sezaman dengan kerajaan majapahit. Museum adityawarman juga dikenal dengan istilah lainya yakni taman mini ala sumatra barat.

Museum adityawarman menyimpan berbagai macam kebudayaan khas minang, seperti pakaian adat, alat musik tradisional, dan senjata tradisional khas sumatra barat. Selain sebagai tempat penyimpanan, museum ini juga berfungsi sebagai tempat untuk melestarikan benda bersejarah seperti cagar budaya. Jadi selain berwisata, sobat juga bisa mempelajari sesuatu sekaligus menambah pengetahuan.

2. Miniatur Makkah

Di sumatra barat ada sebuah tempat wisata unik dan menarik yakni miniatur makkah, tentunya hal tersebut membuat banyak orang berdatangan karena penasaran. Pada awalnya tempat ini digunakan untuk manasik haji, akan tetapi masyarakat dan pemerintah sekitar menjadikan tempat ini sebagai wisata religi. Untuk memasuki kawasan wisata ini cukup murah, sobat hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 5.000 saja setiap orangnya, dengan begitu sobat sudah bisa memasuki dan menikmati kawasan wisata tersebut. Tempat ini berlokasi di kota padang, tepatnya di lubuk minturun.

3. Puncak Gagoan

Puncak gagoan merupakan tempat dan spot terbaik bagi sobat yang menyukai ketinggian. puncak gagoan merupakan sebuah tebing curam yang berlokasi di Paninggahan, Junjung Sirih, solok. Jalan untuk mengakses tempat ini juga cukup baik, sobat bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Tempat ini juga cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun orang sekitar. Tempat ini memiliki panorama alam yang indah. Dikarenakan puncak gagoan merupakan tebing yang curam, maka sobat harus ekstra hati-hati ketika berkunjung ke tempat ini.

Saat sobat berhasil mencapai puncak gagoan, sobat akan diperlihatkan dengan pemandangan alam yang indah, disertai beberapa tempat lainya seperti danau singkarak dan hutan-hutan lebat yang masih terjaga keasrianya yang menghiasi daratan. Di atas puncak juga terdapat beberapa batu karang yang bisa sobat gunakan sebagai tempat duduk. Angin kencang serta udara sejuk yang menyejukan akan sobat rasakan ketika berada di atas puncak. Sobat juga harus hati-hati ketika berada di puncak karena tiupan angin yang begitu kencang.

4. Pantai Carolina
7 Destinasi Wisata Populer di Sumatra barat

Salah satu pantai terkenal dan banyak di kunjungi oleh orang-orang di sumatra barat adalah pantai carolina. Pantai ini terletak di daerah bungus, tepatnya 20 km dari kota padang. Pantai ini juga sering disebut sebagai pantai teluk bungus, karena letaknya yang berada di daerah bungus. Akses untuk mencapai pantai ini juga cukup mudah dan mendukung. Sobat bisa menaiki kendaraan umum maupun pribadi. Pada awalnya pantai ini jarang dikunjungi oleh orang-orang atau bahkan tidak memiliki pengunjung sama sekali karena merupakan pantai pribadi. Berbeda dengan saat ini, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Salah satu keunikan pantai carolina adalah memiliki garis pantai menyerupai huruf W atau berbentuk hati. Sobat bisa membuktikanya sendiri dengan cara melihatnya dari atas ketinggian melalui drone, ataupun nisa sobat telusuri langsung. Bagi sobat yang memiliki hobi berselancar, tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk melakukan aftifitas tersebut, hal tersebut dikarenakan pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sekaligus menantang. Di sekitar pantai ini juga dipenuhi oleh berbagai pepohonan yang bisa sobat gunakan untuk berteduh.

5. Pantai Nirwana

Pantai populer lainya di sumatra barat selain pantai carolina adalah pantai nirwana. pantai yang berlokasikan di Jalan. Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Padang Selatan, Kota Padang menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi oleh orang-orang. Keindahan pantai ini sudah tidak diragukan lagi. Air laut yang biru, pasir pantai yang putih, serta hijaunya pepohonan menciptakan sebuah panorama alam yang eksotis dan menakjubkan.

Di pantai ini sobat bisa melihat dan menyaksikan kapal-kapal yang berlabuh dan juga berlayar. Keindahan pulau nirwana akan semakin terasa jika dilihat pada pagi hari dan sore hari. Karen di dua waktu tersebutlah momen matahari muncul dan tenggelam akan terlihat indah jika disaksikan langsung di pantai ini.

6. Jam Gadang
7 Destinasi Wisata Populer di Sumatra barat

Jam gadang merupakan salah satu tempat yang paling mencolok di bukitinggi. Gadang sendiri merupakan sebutan bahasa minangkabau yang berarti besar, maka jam gadang memiliki arti jam besar. Monumen ini merupqakan hadiah sekaligus peningalan dari ratu belanda yang diarsiteki oleh orang minang. Monumen ini memiliki ketinggian 26 meter dan cukup diperhatikan oleh pemerintah bukitinggi sendiri dengan cara menambahkan kursi-kursi beton di sekitar monumen tersebut, dengan begitu banyak orang yang bersantai khususnya pejalan kaki, mereka bersantai sembari melihat monumen tersebut. Jadi sangat disayangkan jika sobat tidak berkunjung dan menikmati momen di monumen ini.

7. Danau Singkarak

Danau singkarak merupakan salah satu danau terbesar sekaligus populer di sumatra barat. Danau ini membentang di dua kabupaten yang berbeda yaitu kabupaten solok dan kabupaten tanah datar. Dengan luas 107,8 km² dan panjangnya 20 km menjadikan danau ini danau terluas kedua di pulau sumatra setelah danau toba. Air danau ini juga cukup jernih sehingga digunakan nelayan untuk mencari ikan dengan menggunakan sampan, maka jangan heran jika disekitar danau ini terdapat banyak sampan.

Danau ini memiliki pemandangan yang indah dan enak untuk dipandang dari udara apabila sobat menggunakan drone. Perpaduan antara pepohonan hijau di sekitar danau dan bukit-bukit kecil menambah pesona keindahan danau ini. Pemandangan dan pesona indah inilah yang dapat membuat sobat nyaman ketika berada di tempat ini.

Komentar